FILMMAKERS: Master Class

FILMMAKERS: Master Class

Mas Be


Sabtu, 5 Oktober 2019 di Binus University kampus Anggrek, Jakarta kedatangan 2 tamu istimewa dari Walt Disney Animation Studio, Amrik dalam acara “FILMMAKERS MASTER CLASS” bersama pasutri – pasangan suami istri Griselda Sastrawinata yang ahli bidang Visual Development Artist dan Normand Lemay, sangat andal sebagai Head of Story yang ke-duanya mengerjakan film layar lebar Disney “FROZEN II” yang akan tayang bulan November yang akan datang.


Auditorium lantai 4 kampus Anggrek, Binus University penuh sesak dihadiri lebih dari 600 mahasiswa dan dosen dari Jakarta dan sekitarnya; sejak pukul 9.30 sementara acara baru dimulai pada 11.20 dan berakhir pada 13.30. Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Danendro dekan School of Design Binus University, dan langsung ke inti acara presentasi dari Mbak Griselda, satu-satunya orang Indonesia yang bergabung di Disney di bagian Visual Development Artist.

Griselda menjelaskan tentang lebih dari 2,5 tahun mengerjakan desain costume untuk 2 pemeran utama Anna dan Elsa.Dimulai dari riset dan survei pakaian dari Norwegia yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, termasuk pemilihan warna dan pattern.

Khusus pattern ini diciptakan semacam icon berciri khas kerajaan Arendelle dengan bentuk ‘gandum’ yang muncul sebagai motif ragam hias di semua pakaian yang dikenakan Anna, dari pakaian tidur, sehari-hari, pesta, berburu, dan lainnya, semua dibuat dengan sangat detail dan dengan sekian kali perubahan-perubahan dan revisi.

Sedangkan pakaian Elsa yang dalam film sebelumnya yang lebih anggun dengan dress atau gaun panjang, dalam film Frozen 2 ini berubah menjadi celana panjang dengan sepatu boots karena ceritanya lebih ke petualangan seru Elsa mulai dari pegunungan hingga harus melewati lautan. Juga ditunjukkan ‘behind the scene’ khusus adegan Elsa berkali-kali berusaha membelah lautan, menerjangnya dibantu kekuatan sihir yang dimilikinya.

Mulai dari Storyboard animatic, modeling character, rigging, hingga animasi gerakan karakter Elsa yang masih mentah, karakter Elsa yang sudah diberikan texture, lighting, dan special effects dari air laut dan effect butiran es yang muncul dari telapak kaki Elsa yang berbentuk snowflake hingga membelah laut dengan bongkahan es yang segera hancur dilawan ombak yang dahsyat.

Keseluruhan presentasi kali ini semuanya tidak untuk dipublikasikan, sehingga peserta bisa menonton tetapi sama sekali tidak boleh memfoto atau mengambil gambar, hanya tertutup bagi para peserta master class saja. Untuk Normand Lemay yang juga Head of Story di Disney membutuhkan 9x perubahan draft cerita dari ide awal hingga siap untuk produksi; dijelaskan dengan gambar-gambar sketsa yang biasa digunakan untuk Storyboard thumbnail sehingga kita sebagai peserta menikmati seperti sedang didongengi kisah dibalik pembuatan film Frozen 2.

Pada draft cerita awal, ada sekelompok orang dari Disney yang pergi ke Black Sand Beach, Iceland - lokasi sesungguhnya yang menjadi dasar cerita, sehingga begitu mereka kembali ke studio; sebagian besar cerita harus dirombak menyesuaikan lokasinya.Bagi semua penanya atau peserta yang memberikan pertanyaan mendapatkan goodie bag dari Disney Indonesia, sehingga sesi Q&A menjadi semakin seru dengan banyaknya pemirsa yang ingin bertanya.

Kedua pembicara menjawab dengan singkat, padat, dan lengkap. Seolah sudah full persiapan untuk setiap pertanyaan yang akan diajukan. Akhirnya hasil dari acara sekitar 2 jam ini; peserta mendapatkan banyak sekali masukkan yang sangat penting bahwa tidak ada yang instant dalam suatu produksi animasi layar lebar Disney “Frozen 2”, semuanya diperlukan kerjasama yang intents antardivisi, kekompakan, tujuan yang jelas,  seperti deadline untuk tayang film, menjadi pemicunya, serta siap untuk revisi berulang kali di setiap lini produksi.

Salam Nganimasi!

YouTube: Bambang Gunawan Santoso
IG @bambigunawan
FB group:
ANIMART
Nganimasi Bersama Mas Be
Karakter Unyu Nganimasi
FB page: MAS Be




Liputan artikel secara lengkap di An1magine teen cyber magazine



Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.


Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter



icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini


Komentar

Postingan Populer