ANIMPIADE 2019: Laporan Pandangan di Yogyakarta


ANIMPIADE 2019: Laporan Pandangan di Yogyakarta


Tanggal 11 sampai dengan 13 Oktober 2019 dilaksanakan acara bertajuk “ANIMPIADE 2019” di JEC (Jogja Expo Center) lantai 2 adalah Festival animasi Indonesia yang menampilkan:

1. Talkshow
2. Masterclass
3. Screening film pendek animasi
4. Pameran
5. Lomba Speed Modeling
6. Job Fair
7. Klinik animasi

Perhelatan ke 3 ini diselenggarakan oleh The Joedo Center, Yayasan Caraka Nararya Indonesia dan disupport oleh Kementerian Perindustrian RI, BEKRAF, dan AINAKI dengan segala kekurangan, kurang publikasi dan system administrasi dan kelebihannya berhasil menghadirkan 30 animator handal Indonesia untuk berbagi pengalaman. Penulis mendapat tugas untuk 2 acara sekaligus; yakni Masterclass dan Job Fair atau bursa kerja khusus mencari animator untuk kebutuhan industri animasi Indonesia, mewakili  Studio Shoh Entertainment (SSE).

Sebelum acara Masterclass Jumat 11 Oktober 2019 pk 13.00-15.00, pada pagi harinya penulis menyempatkan diri berkunjung ke MSV Studio di Gedung Universitas AMIKON Yogyakarta; yang bertepatan dengan acara Dies Natalis kampusnya; studio yang memproduksi film animasi layar lebar “Battle of Surabaya” rilis tahun 2015 dan lanjut film animasi layar lebar yang ke 2 rencana rilis tahun 2020 berjudul “Ajisaka” sub judulnya penulis lupa, maaf ya …!

Melihat kesibukan studio baik 2D maupun 3D animasi, kebetulan MSV studio sedang menerima 2 cewek magang dari Seoul Institute of Art, Korea dan penulis menyempatkan diri belanja di @apakabarmusastore dengan berbagai merchandise terbaik untuk desain dan kualitasnya. Acara Masterclass dengan saya sebagai narasumber 2D animator, dihadiri sekitar 90 peserta membahas tentang Intellectual Property (IP) animasi dengan karakter IP.

Mas Be sebagai contoh kasus termasuk urusan HKI hak kekayaan intelektual; bedah buku Nganimasi Indonesia dengan memutar beberapa trailer animasi pendek seperti Soul of Pandeka, Plentis Kentus, Grey & Jingga, Si Juki, The Escape, Darmuji 86, Battle of Surabaya, Tendangan Halilintar, Acil tahun baru, dan Nussa.
Kemudian diakhiri dengan penjelasan tentang SSE – Studio Shoh Entertainment yang memiliki sebanyak 11 bagian dari praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi, dan lowongan kerja yang tersedia di SSE. Juga tentang SSE Institute Animation/Webtoon yang menyediakan training untuk recruitment berlokasi di Plaza 89 lantai 12M, Kuningan, Jakarta yang akan siap awal tahun 2020 nanti.
 
Hari Sabtu 12 Oktober 2019 pk 10.00-12.30 (jadwalnya sampai jam 12.00) Job Fair atau bursa kerja dihadiri 15 kandidat animator yang minat bergabung dengan SSE. Sedianya ada 3 meja tapi hanya dari SSE yang ada petugas yaitu saya; ke 2 meja lainnya yaitu Temotion & Kampoong Monster berbarengan dengan jadwal talkshow sehingga tidak ada yang hadir menjaga.

Sementara 1 meja lainnya adalah Klinik animasi untuk konsultasi seputar animasi dengan Mas Amin dari studio Manimonki. Saya menjelaskan lowongan yang tersedia saat ini di SSE:
- Project Manager
- Producer
- Assistant Producer
- Technical Artist
- 3D Animator

Pelamar dengan ketentuan minimal pengalaman 2 tahun di bidangnya; kecuali 3D animator - khusus untuk Maya dengan pengalaman minimal 1 tahun. Yang berminat silahkan kirim email ke recruitment@studioshoh.com dengan menyebutkan minatnya di bidang apa, disertai link portfolio hasil yang pernah dikerjakan sesuai bidang yang diinginkan.

Pada hari Minggu 13 Oktober 2019 diadakan Speed modeling kontes; masing-masing peserta diminta membuat modeling 3D kereta kencana sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan; dengan para juri Mas Roy & Mas Agam dari RUS animation Kudus dan Mas Rommy dari  International Design School (IDS), Jakarta. Sementara rekan-rekan animator lain yang sudah selesai bertugas; diajak Mas Aryanto sutradara Battle of Surabaya jalan-jalan ke Gamplong studio alam Sleman, diperlukan waktu 1 jam perjalanan dari Jogja, kuliner Gudeg, dan ke Iconic Yogya - restoran yang juga Toys Gallery dengan diorama ribuan koleksi figurin superhero yang merupakan “surga” bagi umumnya animator.

Salam Nganimasi!

YouTube: Bambang Gunawan Santoso
IG @bambigunawan
FB group:
ANIMART
Nganimasi Bersama Mas Be


Liputan artikel secara lengkap di An1magine teen cyber magazine



Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.


Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini

Komentar

Postingan Populer