KETIPUNG BALI: 


Ketemu Timpal dan Nimbrung


M.S. Gumelar



Event ini dimaksudkan untuk sharing dan berbagi pengalaman dan harapan bagi para artis komik yang berada di sekitaran Denpasar, Bali yang diadakan pada Rabu, 28 Agustus 2019 mulai pukul empat sore sampai puas berbincang.





Event dibuka oleh sang moderator, Bli Ray yang andal dalam mengolah kata, menyusunnya demikian apik sehingga mampu membuat iniasiasi pemikiran dalam diskusi yang ditujukan kepada Beluluk dan Gennetik yang sudah banyak makan garam dan asam dalam dunia perkomikan, serta seni pada umumnya.Sharing seputaran bagaimana mendapatkan rasanya menjadi seorang artis komik di masa kini dan tantangannya.

Gennetik menjelaskan dalam versinya, menjadi seorang artis komik harus siap dengan tantangan berat, sebab masa kini komik tidak lagi berupa cetak kertas, tapi juga sudah merambah media lain, seperti digital, dan bahkan media lain, seperti patung, tembok, dan media tradisional lainnya bila memungkinkan.


Gennetik bahkan membawa salah satu karya komiknya yang tertuang di area luar patung atau kulit luar patung plastik untuk display pakaian sebagai contohnya. Sedangkan Beluluk sangat menikmati media digital untuk karya komiknya, beredar di Instagram dan media sosial digital lainnya sesuai keperluan.


 Bli  Ray (tengah) Beluluk (kanan)




 Gennetik membawa karya komiknya berupa display mannequin







Untuk masalah ekonomi, Gennetik mengatakan, bahwa saat ini dunia komik mulai menunjukkan aktivitas yang baik dalam ragam media, terbukti ada banyak ragam media, terutama media digital yang mulai mengakomodasi karya artis komik. Tetapi sayangnya, secara ekonomi, untuk dapat hidup murni di dunia perkomikan saat ini, belum menjanjikan terlalu banyak.

Beluluk menambahkan bahwa dengan karyanya masuk di salah satu media sosial yang ada, memberi potensi adanya endorse atau mendapatkan barang atau alat yang senilai dengan uang tertentu, bahkan kalau sedang beruntung, endorse-nya dapat berupa iklan yang berpotensi mendapatkan uang.

Tantangan di dunia komik itu bagaimana agar seorang artis komik mampu untuk bersaing di antara artis komik lainnya, karena persaingan demikian ketat. Gennetik menjelaskan dalam versinya bahwa menjadi seorang artis komik harus tahan banting, pantang menyerah, jatuh bangkit lagi, dan lagi. Satu-satunya kekalahan adalah tidak mampu bangkit lagi.

Beluluk menambahkan bahwa seorang artis komik tidak dapat instan langsung terkenal dan sukses, banyak berkarya, meluangkan waktu dan tenaga, dan tidak berpikir uang terlebih dulu, serba gratis di awal, terutama untuk para pemula.Setelah berkarya sekian lama, maka cepat atau lebih banyak lambatnya, karyanya akan dilihat dan dibaca banyak orang, menjadi fans, hal ini biasanya memerlukan waktu sekitar tiga sampai bahkan dua puluh tahun lebih.


Salah satu contohnya adalah pengarang novel atau novelis JK. Rowling yang karyanya baru booming setelah 25 tahun berkarya tanpa henti. Contoh lainnya di dunia komik adalah Stan Lee. Stan Lee bahkan baru menikmati benar kesuksesannya setelah 40 tahun lebih berjuang, sebab di awal-awal membuat komik saat itu, komik di masa tahun 40-50an masih aktif masa peperangan dunia kedua.

Setelah pembacanya mulai dewasa di masa kini, maka Stan Lee mendapatkan banyak kesuksesan dari masa sulit panjang yang telah dilaluinya, para pembaca komiknya sudah mengenal benar karya-karyanya sehingga banyak yang melihat movie-nya dan meraup banyak keuntungan, movie yang berdasarkan cerita dari komik-komik buatannya.

Untuk menjadi artis komik yang andal, tentu saja ketegaran mental, mental superbaja yang sangat kuat. Banyak artis komik pemula yang runtuh karena maunya serba instan, padahal semuanya memerlukan proses dan perjalanan panjang melintasi ruang dan waktu berkarya yang tanpa henti.

Di sisi lainnya adalah berkarya dengan karya yang unik, karakter yang unik, dan cerita yang unik. Beluluk mencontohkan karakternya yang berbeda, warna pink, di mana beluluk, mengambil ide dari makanan kolang kaling ada yang berwarna putih, ada juga yang merah, akhirnya dipilihlah gabungan kedua warna tersebut.












Sedangkan Gennetik memiliki karakter superhero wanita bernama Desty Woman yang memiliki kekuatan kuno, yaitu Leak Bali. Selain karya berupa tampilan karakter yang unik, tentu saja cerita juga harus keren dengan konflik yang OK. Konflik biasanya dimulai dari diri sendiri, kemudian konflik dengan orang lain, konflik dengan suatu komunitas atau masyarakat bahkan dengan masyarakat dunia, konflik dengan alam atau lingkungan, konflik dengan tuhan, konflik dengan ruang dan waktu.

Dengan adanya konflik, cerita menjadi lebih menarik, hindarkan membuat cerita yang di dalamnya tanpa konflik karena cenderung tidak menarik. Konflik secara lengkap dibahas di An1magine Volume 3 Nomor  Juni 2018 yang dapat diakses dan unduh secara gratis di https://journals.an1mage.net/index.php/An1magine/issue/archive atau langsung click di link berikut.


Bagaimana cara menerbitkan karya dewasa ini? Bli Ray sebagai moderator menginisiasi diskusi selanjutnya.Banyak ragam media sosial, tetapi yang mendukung karya di masa depan adalah publikasi yang memiliki ISSN kalau berupa media majalah. ISSN singkatan dari International Standard Serial Number yang diterbitkan dan berpusat di Perancis.

An1magine merupakan salah satu majalah ber-ISSN yang dapat dijadikan wadah untuk publikasi gratis bagi artis komik muda berkarya, buktikan bahwa karyanya memiliki keunikan dari sisi cerita dan keunikan gambarnya.

Kemudian di sana akan terbangun fans yang akan membeli buku komik versi print atau digitalnya di masa depan, pasar dari para fans tidak secara instan terbangun, diperlukan kecanduan karya terlebih dahulu, di mana hal ini memerlukan kualitas karya, kontinuitas berkarya, publikasi sebagai sarana promosi, seiring ruang dan waktu yang relatif lama.Tidak semua artis komik tahan terhadap hal ini.

Di sisi lainnya, penerbit di masa kini memilih-milih karya untuk diterbitkan, karena potensi tidak lakunya sangat kuat, An1magine adalah salah satu wadah untuk membuktikan bahwa karyamu layak untuk diterbitkan tanpa memilih gaya gambar, gaya cerita, dan boleh karya idealis. 

Juga bila berupa buku komik digital, pastikan bukunya memiliki ISBN. ISBN adalah Internasional Standard Book Number, di mana banyak penulis dunia karyanya telah memiliki ISBN yang sangat berguna bagi pengarang agar karyanya terdaftar bersama pengarang dunia lainnya, ISBN diterbitkan dan berpusat di London, Inggris.

Publikasi dapat secara self pubslishing atau melalui penerbit. An1mage yang memiliki web di www.an1mage.org siap memublikasikan karya para artis komik untuk mendapatkan ISBN, dengan royalti sampai 50% net, serta hak cipta karya tetap pada pembuat karya. Karya beredar sejangkauan jari di Play Store, Google Book, bahkan di Amazon bila karyanya dalam bahasa Inggris. An1mage dapat dikontak melalui email: an1mage@an1mage.org 


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.





Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667


agen iklan
Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini


Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

PAMERAN KOMIK SUPERHERO & SILAT INDONESIA PLUS KE 2 - 23 JUNI 2019