TALKSHOW: Bersama Mas Be di RUS (Raden Umar Said) Animation Kudus




TALKSHOW:  Bersama Mas Be di RUS (Raden Umar Said) Animation Kudus




Di poster tertera acara pk 10.00-13.00, namun karena hari Jumat ada Jumatan (sembahyang bagi umat Muslim) maka acara dimajukan mulai jam 09.00 dan berakhir pk 11.30. Dengan peserta dari kelas 10 dan 12, kelas 11 sedang prakerin (praktek kerja industri/magang) nyaris 80 siswa yang hadir. 


Acara Talkshow dimulai dengan penjelasan mengenai Intellectual Property (IP), apa dan bagaimana dengan contoh IP “Mas Be” yang tahun lalu masuk 50 besar karya IP terpilih dari katapel.id yang diselenggarakan oleh Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif RI) mulai dari ide awal hingga menjadi IP, lalu proses memperoleh HKI di-link http://www.dgip.go.id/formulir-hki nantinya berlaku sepanjang hidup pencipta dan 70 tahun setelah penciptanya meninggal.

Berikutnya bedah buku “Nganimasi Indonesia” mengenai 56 IP animasi karya anak negeri, data studio animasi di Indonesia, daftar sekolah animasi (SMK dan Universitas) dan RUS animation Kudus muncul sebanyak 3 kali di dalam buku.
IP Pasoa & Sang Pemberani, film karya RUS animation Kudus. RUS animation studio Kudus; salah satu studio 3D animasi di Indonesia. SMK RUS Kudus, satu dari daftar 135 SMK yang mengajarkan animasi di Indonesia.

Setelah itu acara kemudian menayangkan beberapa trailer animasi karya anak negeri, di antaranya: Battle of Surabaya (MSV picture - Amikom Yogyakarta), Si Juki (Falcon Pictures), Plentis Kentus (Visual Expert Animation), Soul of Pandeka (Marawa Studio), Grey & Jingga (Kratoon), The Escape (Enspire-Andre Surya), Darmuji 86 (Allie studio Malang),Tendangan Halilintar (MPIC/MD animation), dan Acil Bakar 2 Tahun Baru 2019 (Dalangpelo).

Giliran presentasi bagian akhir, kesempatan berkarir di Studio SHOH Entertainment (disingkat SSE), dijelaskan siapa CEO dari SSE Bapak SeungHyun Oh (disingkat SHOH) yang sudah berpengalaman animasi tingkat dunia selama 27 tahun, termasuk menjadi Supervising Director film seri 2D “Avatar The Last Air Bender” Nickelodeon Amerika.
Penjelasan tentang 11 bidang yang ada di SSE melingkupi Praproduksi, Produksi, dan Pascaproduksi film animasi baik 2D maupun 3D, bidang-bidang tersebut yaitu:

Concept Design Artist
Storyboard Artist
2D animator
3D animator
3D modeler
3D rigger
3D layout
Editor
VFX/Visual Effects
Light, render, compose
Technical Script Artist

SSE membuka kesempatan bagi siapa saja yang berminat gabung dengan cara kirim email ke recruitment@studioshoh.com dengan mencantumkan CV dan portfolio (boleh link Youtube) beserta bidang apa yang diminati. Nantinya pihak SSE akan membalas dengan memberikan soal yang harus dikerjakan dan kemudian dikirim balik dalam jangka waktu yang sudah dipersyaratkan. Kalau diterima akan ada panggilan untuk wawancara dan, siap kerja deh sebagai animator profesional!

Yang menarik banyak pertanyaan dari peserta talkshow yang tidak biasa, dan bagi 7 orang penanya yang beruntung mendapatkan oleh-oleh berupa SSE totebag, buku Nganimasi Indonesia, dan buku “7 Steps Korean Chibi-Unyu” karya Mas Bambi. Beberapa pertanyaan sebetulnya bisa dijawab sendiri oleh si penanya, tapi kurang pede alias percaya diri, sehingga Mas Bambi hanya menambahkan beberapa poin.

Pertanyaan tentang ide cerita yang bagus dan gak boring; jawaban dari Mas Bambi bahwa sebaiknya penulis itu “jujur” dan mengangkat permasalahan dari kejadian di sekitar kita.
Juga pertanyaan apakah lulusan SMK bisa langsung bekerja di industri? Ternyata di Malaysia persyaratan bekerja harus sudah lulus S1. Masukkan dari Pak Sigit pengajar SMK RUS; bahwa di India utk mengatasi persyaratan pekerja lulusan S1, dibuat 1 tahun extensions dari siswa lulusan SMK sehingga siswa sudah layak sebagai pekerja hanya dengan nambah 1 tahun belajar (tidak perlu kuliah 3-5 tahun lagi).

Acara 2,5 jam yang padat ini; dihadiri pemirsa yang membludak sehingga sebagian dari 80 siswa duduk lesehan di lantai, termasuk 3 mahasiswa dari UNISNU Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara. Hasil talkshow bersama Mas Bambi minimal memberikan sedikit gambaran tentang industri kreatif khususnya animasi, tentang IP atau Intellectual Property, tentang perkembangan animasi di Indonesia, dan tentang kesempatan berkarir sebagai animator profesional di SSE Studio SHOH Entertainment.

Untuk kontak dengan mas Bambi, bisa cek di: 
YouTube: Bambang Gunawan Santoso
IG @bambigunawan
FB group:
ANIMART
Nganimasi Bersama Mas Be
Karakter Unyu Nganimasi
FB page: MAS Be

Salam Nganimasi Indonesia.
best regards;

BAMBI (Drs. Bambang Gunawan Santoso,M.Sn)
si.bambi@gmail.com
mobile phone & whats-app:
+62 877 1727 8556
Line: sibambi
IG @bambigunawan
Youtube: Bambang Gunawan Santoso
MAS BE Production
Sky View Apartment lt.3 no:26
Jl. Lengkong Gudang Timur (Belakang POLSEK Serpong), BSD, Serpong, Tangerang 15321 Indonesia

Artikel lengkapnya ada di An1magine Digital Magazine







Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667


agen iklan
Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini



Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"