Peningkatan Produktivitas Tanah Gambut yang Disawahkan oleh Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S.


Peningkatan Produktivitas 

Tanah Gambut yang Disawahkan 

Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S.
Editor: R. Masri Sareb Putra
ISBN: 978-602-6510-82-2
Penerbit: An1mage Jakarta

dapatkan di Play Store atau Google Book


Seorang akademisi, bukanlah seorang yang berada di menara gading yang sibuk-sendiri dengan keilmuannya. Akan tetapi, akademisi sejati akan menyumbangkan keahlian/ keterampilannya kepada masyarakat, nusa dan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Tridarma Perguruan Tinggi.

Terkait keahlian/ keterampilan Penulis pada disiplin keilmuan Tanah Gambut, adalah menjadi kewajiban sebagai akademisi memberikan sumbangsih yang nyata kepada masyarakat luas. Publikasi hasil penelitian yang dilakukan Penulis ini, diharapkan memberi gambaran mengenai keadaan tanah gambut pada umumnya. Lalu pada tataran praktis, siapa saja dapat melakukan PeningkatanProduktivitas Tanah Gambut yang Disawahkan sebagaimana judul buku ini.

Seperti diketahui, di Negeri kita, saat ini pemanfaatan tanah gambut untuk usaha pertanian semakin intensif, baik untuk perkebunan maupun untuk pertanian tanaman pangan. Kesulitan dalam pengembangan lahan gambut terutama dihadapkan pada dua alternatif pilihan yang keduanya mempunyai kendala yang sangat berbeda, yaitu pertanian lahan kering dan lahan basah. 

Pada prinsipnya, secara agronomis pemanfaatan gambut untuk pertanian lahan kering tidak terlalu bermasalah dibandingkan dengan pengembangan lahan gambut untuk budidaya tanaman padi sawah (lahan basah). Apabila tanah gambut dimanfaatkan untuk pertanian lahan kering, yaitu dengan cara menurunkan permukaan air melalui pembuatan drainase, maka terjadi perubahan kondisi dari anaerob menjadi aerob. Pada kondisi aerob, proses dekomposisi bahan organik berlangsung dengan cepat sehingga tanah gambut akan mengalami penurunan permukaan (subsidence) dengan cepat; dengan demikian menyebabkan endapan gambut akan cepat habis.

Memang, harus diakui, terdapat jargon-jargon ilmiah serta istilah yang tidak mungkin untuk dihindari. Bagi akademisi, hal itu biasa. Namun, bagi awam, perlahan-lahan saja memahaminya. Yang penting, Pembaca menemukan inspirasi dan tercelik setelah membaca pustaka ini. Inilah sebenarnya intisari setiap publikasi, tidak harus dibaca setiap kata, akan tetapi yang terpenting bagaimana pustaka itu “digunakan”.

Buku ini dapat terbit berkat dorongan kolega di Universitas Palangka Raya. Terima kasih kepada Rektor UPR, Dr. Elia Embang, Dr. Suriansyah Murhaini, S.H., M.H. yang memberi  akses ke Penerbit, anak dan istri tercinta; serta para mahasiswa yang senantiasa memacu Penulis untuk terus-menerus belajar dan belajar lagi. Terima kasih kepada sidang Pembaca yang menggunakan buku ini.

Kiranya Sang Mahamengetahui merestui dan mengabulkan setiap niat baik kita semua, sekecil apa pun dan dalam bentuk apa pun, di dalam upaya pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan.

Peningkatan Produktivitas Tanah Gambut yang Disawahkan oleh Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S. Editor: R. Masri Sareb Putra  ISBN: 978-602-6510-82-2 Penerbit: An1mage Jakarta dapatkan di Play Store atau Google Book




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di bawah untuk mengunduhnya.




Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya: PIC 087888666679



Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"