Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot


https://www.youtube.com/watch?v=P6hJ2iM7jbY






GUNDALA: Negeri Ini Butuh Patriot







Director: Joko Anwar
Screenwriter: Joko Anwar
Cinematography: Ical Tanjung
Original title: Gundala
Year: 2019
Country: Indonesia Indonesia
Cast: Abimana Aryasatya,  Tara Basro,  Bront Palarae,  Ario Bayu
Producer: Screenplay Films / Legacy Pictures / Bumilangit Studios
Genre: Fantasy. Action | Superheroes. Supernatural




          Sancaka adalah insinyur perlistrikan yang tersambar petir misterius saat dia bekerja di tempatnya, tragedi ini memberinya kekuatan untuk membela kemanusiaan.



          Preview ini tidak mengulas apa yang telah diulas dibeberapa media lainnya. Tetapi mengulas secara teori apa yang akan terjadi di movie Gundala karya Joko Anwar tersebut. Sancaka diperankan oleh beberapa aktor, dari Sancaka saat kecil diperankan Muzakki Ramdhan sampai yang sudah dewasa, Sancaka versi dewasa diperankan oleh Abimana Aryasatya, sekaligus sebagai atau Gundala.

          Sancaka terlihat mengenakan seragam seperti orang yang bekerja di bagian perlistrikan atau seperti pakaian seorang petugas keamanan, dan terkena sambaran petir misterius, entah akan sesuai dengan versi komiknya yang cenderung menggabungkan  genre mistik ataukah memilih versi mendapatkan kekuatan ala mutant atau metahuman karena mutasi pada tubuhnya, mana yang akan terjadi, atau gabungan keduanya.

          Di sisi lainnya Sancaka memiliki masa lalu yang sedih, terlihat dari beberapa cuplikan  teasernya, demikian juga rival mainnya yaitu si Pengkor yang terlihat berjalan pincang sejak kecil. Filosofi yang disuguhkan Joko Anwar sepertinya menyiratkan bahwa dua orang dengan kehidupan yang sama-sama menyedihkan di masa lalunya, saat dewasa satunya memilih untuk membela kemanusiaan dan satunya memilih untuk menghancurkannya. Simbol hujan dalam posternya menyiratkan kesedihan ini.

          Tetapi faktor keberuntungankah sehingga Sancaka mendapatkan kekuatan super. Sedangkan Pengkor memiliki kekuatan apa? Dalam versi komiknya adalah kegeniusannya, sehingga mampu membuat Gundala palsu. Namun pilihan Pengkor tetap menghancurkan kemanusiaan karena masa lalu yang buruk.


          Kostum Gundala mengalami perubahan drastis, tidak biru  dan merah, yang terkadang digambarkan  hitam dan merah, versi movie kali ini kostumnya berwarna merah dominan, warna metal, coklat, dan hitam. Kacamata seperti pebalap motor digunakan untuk menahan debu saat berlari kencang, dan terlihat kacamatanya ada yang retak di area tertentu, seperti terkena kerikil atau lainnya. Versi ini lebih logis dibandingkan versi liontin mistis ala komik yang memunculkan baju dan membuat Sancaka menjelma menjadi Gundala, liontin dari Kerajaan Petir. 

          Seiring dengan tren para superhero dari luar negeri yang tidak lagi menggunakan celana dalam di luar, Gundala pun mengikuti tren ini, sehingga sesuai dengan perkembangan logis kostum-kostum superhero movie keluaran generasi baru. Juga sentuhan baju zirah seperti para samurai Jepang di area pundak dan lengan yang berfungsi sebagai pelindung.

          Teaser yang ada tidak memperlihatkan musuh utama lain selain Pengkor, sepertinya ceritanya akan berlatar belakang kesedihan yang sangat kuat sehingga memunculkan slogan “negeri ini butuh patriot” dan juga kesedihan yang sangat kuat membuat Pengkor menjadi musuh utama Gundala. 

          Di sisi lainnya, mengapa menggunakan nama Patriot sebagai slogan, Patriot merupakan seri komik kumpulan para superhero  lainnya seperti Godam, Maza, Aquanus, dan karakter lainnya. 


          Apakah ada potensi beberapa karakter lainnya akan bermunculan di movie lanjutan Gundala ke depannya, seperti Godam, hal ini tersirat ada anak yang bernama Awang, apakah Awang ini yang akan menjadi Godam di kemudian hari?



Ulasan ini ada di An1magine cyber magazine An1magine Volume 4 Nomor 6 Juni 2019

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.




Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya: PIC 087888666679

self publishing
Ingin menerbitkan buku sendiri (self publishing) dengan keuntungan penjualan langsung ke rekeningmu? https://www.an1mage.org/2018/03/0000menerbitkanbuku-di-an1mage.html

agen iklan
Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50%, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"