FRIEDRICH ENGELS: Kesadaran Palsu alias False Consciousness

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/21/Friedrich_Engels_portrait_%28cropped%29.jpg


FRIEDRICH ENGELS: 

Kesadaran Palsu alias False Consciousness


Kevin Putranto


Kesadaran palsu atau false consciousness adalah ketidakmampuan  seseorang untuk memersepsikan keadaan sosial atau situasi ekonomi negaranya sendiri dari serangan negara lainnya secara ekonomi atau budaya dari negara lain, dan merasa hal tersebut sudah sewajarnya demikian.

Jadi kesadaran palsu bukan berarti orang tersebut tidak sadar atau pingsan, justru karena tidak mampu melihat bahwa negaranya telah dijajah secara ekonomi dan budaya oleh negara lainnya, malah mereka menjadi pengikut budaya dari negara lain dan merasa sudah sewajarnya ekonominya terjajah secara demikian oleh negara lainnya tersebut, sehingga masyarakatnya melupakan budaya negaranya sendiri dan membiarkan ekonominya dijajah oleh negara lainnya.

Yang ngetren beberapa tahun sebelumnya adalah fenomena wibu atau weaboo di mana seseorang kadang merasa dirinya kecewa tidak lahir di Jepang, tetapi akhirnya mencari jalan lain yaitu dengan mengutamakan semua hal yang berasal dari Jepang adalah hal yang terbaik.

Seorang wibu pasti marah bila ada yang mengkritisi apa pun yang berasal dari negara Jepang, Jepang tiada cela, bahkan merasa lebih Jepang dari orang Jepang itu sendiri begitu istilah ekstremnya, walaupun tidak lahir dan dibesarkan di Jepang, istilah lucunya serba jejepangan. Tetapi kini pun mulai muncul fenomena ke korea-koreaan walaupun wabah wibu yang ada belum juga mereda.

Istilah kesadaran palsu oleh Friedrich Engels ada dalam surat balasannya ke Marx. Letters: Marx-Engels Correspondence 1893. Kesadaran palsu atau false consciousness ditujukan kepada sekelompok orang dalam suatu area atau di suatu negara yang dengan sukarela atau secara volunter memperjuangkan budaya dan penjajahan ekonomi yang berasal dari negara lainnya.

Sepertinya generasi muda di Indonesia banyak yang mengalami kesadaran palsu dan sulit untuk disadarkan, tentu saja hal ini sangat memprihatinkan dari segi budaya dan ekonomi untuk Indonesia sendiri. Satu-satunya cara melawan adalah dengan menyebar banyak informasi tentang berbahayanya kesadaran palsu ini, sebab menurut M.S. Gumelar, penyebaran kesadaran palsu ini melalui informasi, untuk menghegemoni dan kemudian menjadikannya penerima informasi sebagai  budak bagi pemberi informasi tersebut, istilah kerennya disingkat menjadi hegeformaslave.




Friedrich Engels https://pixels.com/featured/1-friedrich-engels-german-school.html?product=art-print


Friedrich Engels adalah seorang Jerman yang lahir 28 November 1820, dan meninggal pada 5 August 1895,  Friedrich Engels adalah seorang filsuf dari Jerman, ilmuwan bidang sosial,  jurnalis, dan seorang wirausahawan. Ayahnya adalah pemilik pabrik  tekstil di Salford, England, Barmen, dan Prussia, kini menjadi Wuppertal di Jerman.


Referensi:
[1]        Marx and Engels: Correspondence. “Engels to Franz Mehring”.
  


Artikel ini ada di An1magine cyber magazine An1magine Volume 4 Nomor 6 Juni 2019

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.


Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya: PIC 087888666679

self publishing
Ingin menerbitkan buku sendiri (self publishing) dengan keuntungan penjualan langsung ke rekeningmu? https://www.an1mage.org/2018/03/0000menerbitkanbuku-di-an1mage.html

agen iklan
Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50%, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"