ANANDA SUKARLAN: Kerjasama Para Desainer Kondang Rayakan Demokrasi di Indonesia

ANANDA SUKARLAN

Kerjasama  Para Desainer Kondang Rayakan Demokrasi di Indonesia



Untuk bersyukur atas keberhasilan demokrasi Indonesia dan mendoakan kemajuan dan kedamaian di tanah air 5 tahun ke depan, Ananda Sukarlan, Worldwide Graphic Designers (WGD).

Mengadakan acara syukuran berbentuk konser piano, pameran poster dan buka puasa dengan tema "Dirgahayu Demokrasi Indonesia". Di Raffles Hotel pada tanggal 29 Mei lalu."Rapsodia no. 15 khusus saya persembahkan bagi para pianis yang hanya berfungsi tangan kirinya." Ujar Ananda. 

Pada saat konser, Rapsodia Nusantara No. 15 yang berdasarkan lagu-lagu daerah lampung tersebut dimainkan hanya dengan tangan kirinya. Namun, suara yang dihasilkan sama seperti dibawakan dengan dua tangan. Selain itu, Ananda memainkan Variations on "Ibu Pertiwi" setelah sebelumnya ia meminta para penonton untuk mendengarkannya sambil mengenang 500-an jiwa yang telah gugur dalam mengawal proses pemilu. "Mereka adalah pahlawan", ujar Ananda singkat.

Sedangkan WGD mengadakan pameran poster hasil kolaborasi dari 22 negara luar negeri dan 22 desainer dari Indonesia yang berisi ucapan selamat atas puncak pesta demokrasi Indonesia. Para desainer ini mewakili suara dunia sehingga presiden yang baru terpilih dapat terus mempertahankan semangat demokrasi dan juga perdamaian dunia dari kepemimpinan mereka yang akan datang.

Worldwide Graphic Designers (WGD) adalah sekelompok desainer grafis terkemuka internasional yang memiliki proyek-proyek desain poster dengan konten sosial. "WGD dan saya mulai 'berkenalan' karena beberapa bulan yang lalu seorang artis desainer, Julie Putra, membuat poster yang terinspirasi dari karya saya Rapsodia Nusantara yang kemudian dipamerkan di pameran WGD di Seoul, Korea. Julie yang kemudian …”

“... memperkenalkan saya dengan Irwan Harnoko, founder WGD dan beberapa karya mereka ternyata sangat menginspirasi saya juga. Jadi saling menginspirasi nih ceritanya, jadinya kolaborasinya lanjut bahkan membesar deh", lanjut Ananda. 

Para desainer dari 22 negara yang karyanya ditampilkan adalah:
Yee Weng Chiang – Malaysia, Peng Jun – China, Arafat Al-Naim - United Arab Emirates, Muhammad Saleem – Pakistan, Klaus Pitter – Austria, Yusuf Kes – Turkey, Gyula Molnar – Hungary, Francesco Mazzenga – Italy, Byoung Il Sun -  South Korea, Renato Tagli – Switzerland, Hoda Yazdani – Australia, Christopher Scott – Ecuador, Keith Kitz – USA, Kirill Sukhanov – Russia, Dawid Czajkowski – Poland, Bob Van Dijk – Netherland, Luis Yanez – Mexico, Yas Alhatab – Iraq, Anasthasia Kulazhenko – Lithuania, Elham Khobadandeh – Iran, Aggeliki Athanasiadi – Cyprus, Maria Papaefstathiou - Greece.

Sedangkan para desainer yang berkontribusi dari dalam negeri adalah: Gusse, Edo, Hendra Bhakti, James Darmawan, Zein Alitamara, Rina K Maudhy, Rujiyanto, Hari Prast, Leonardo Widya, Wahyudi Pratama, Julie Putra, Eston KM, Surya Mentari, V Michel Sutedja, Elwin Mok, Aditya, Hady Soenarjo, Ronald Gunawan, Sutopo Singgih, Untung Saryanto, Budi Sriherlambang, Rio Waas, Irwan Harnoko (Founder WGD).

Link youtube:
https://youtu.be/Y_mHmAe335g



Artikel ini ada di An1magine cyber magazine An1magine Volume 4 Nomor 6 Juni 2019

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.




Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya: PIC 087888666679

self publishing
Ingin menerbitkan buku sendiri (self publishing) dengan keuntungan penjualan langsung ke rekeningmu? https://www.an1mage.org/2018/03/0000menerbitkanbuku-di-an1mage.html

agen iklan
Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50%, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"