ALFI ZACHKYELLE: Kampoong Monster

https://kampoongmonsterstudio.weebly.com/about.html



ALFI ZACHKYELLE: 

Kampoong Monster


Kampoong Monster, suatu laboratorium kreatif guna mencipta serta mengelola objek kekayaan intelektual berupa karakter disain dan konsep cerita kedalam konten kreatif seperti film TV/movie, animasi, komik, toys, game & cosplay.



Alfi Zachkyelle sebagai penggagas Kampoong Monster memfokuskan pada  tema utama yaitu konten, kontennya adalah ragam cerita atau genre fantasy, mythology, aksi petualangan super hero, fiksi sains, mecha, misteri, horror dan extraterrestrialGagasan visualnya merekonstruksi kembali mitologi nusantara dan dunia ke dalam bahasa visual yang lebih sederhana, membumi dan dikemas secara kekinian melalui pendekatan sains fiksi.

Beberapa konten telah dipublikasikan oleh media massa dan elektronik berupa serial program TV animasi, serial komik, web series dan web komik. Sebelum bernama Kampoong Monster, dinamakan Alfi Zachkyelle and Friends Pictures (AZNF Pictures) yang kemudian di tutup di pertengahan 2012.

Pada tahun 2009, AZNF Pictures memproduksi animasi seri TV di Trans7 yang diadaptasi dari komik terbitan Koloni, M&C!Gramedia yang berjudul "Vienetta ft The Stupid Aliens" karya Alfi Zachkyelle dan juga berbagai animasi lainnya hingga awal tahun 2012.

Kemudian dari afiliasi tersebut, Kampoong Monster mendirikan perusahaan bernama PT Pawitra Media Nuswantara di Bandung. Di penghujung tahun 2015, Alfi Zachkyelle selaku founder kampoong Monster mengundurkan diri dari kerjasama dengan Patopo Studio (yang kini menjadi Pawitra Studio).

Alfi membawa Kampoong Monster menjadi IP Butik Kembali dengan berkantor di kawasan Cibubur dan membangun Perusahaan baru dengan nama PT. Nusantara Creative Media Cinemotion bersama dengan dua orang dari industri Film Indonesia. Pada 2016 , PT. NCMC menghentikan kegiatannya dikarenakan kedua rekan Alfi tidak aktif lagi. Kemudian Alfi mengkonsep kembali Kampoong Monster menjadi Community Studio dan IP Butik.



Alfi Zachkyelle http://www.salihara.org/programs/visual-arts/artists/alfi-zachkyelle


Saat ini ada beberapa komunitas di 3 daerah seperti Ternate, Palembang dan Solo berafiliasi. Awal November 2018  Kampoong Monster berpusat di Yogyakarta sebagai office dan management workshop yang kemudian dikelola oleh Aswin Ilyas dari Kamons Ternate & Rika Mardjaja membantu untuk Production Support.
Kampoong Monster kemudian mendirikan Anima Militia Program atau Kampoong Monster School, pusat pelatihan singkat untuk siswa SMK yang ingin mendalami penciptaan konten kreatif yang disatukan dalam program prakerin.

Pusat pelatihannya di Kamons Solo yang dikelola oleh Alfan Setyawan S.sn,M.Sn, targetnya adalah siswa siswa di daerah. Tujuan program ini adalah membangun kekuatan local genius di seluruh pelosok Indonesia khususnya wilayah wilayah Indonesia Timur. "Animasi untuk semua".



https://www.youtube.com/watch?v=HQZBuYBTjzM



VISI
Menjadi butik pengelola Intellectual Property pertama di Indonesia yang mengintegrasikan antara teknologi dengan konten berbasis kearifan lokal.

MISI
Mentransmisikan konten kreatif yang mengandung unsur lokal sekaligus merancang pengembangan bisnisnya.
Mengemas dan mendokumentasikan ulang nilai-nilai kearifan lokal yang sudah mulai hilang kedalam media yang mudah diterima oleh masyarakat saat ini, seperti movie, animasi, komik, game & cosplay. Membawa nilai-nilai kearifan lokal ke ranah global agar bersifat universal.

Alfi Zachkyelle yang ernama asli Al Fitri Muhammad Zachky, pernah mengenyam pendidikan formal di Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta selama lima tahun. Meski tidak menyelesaikannya, ia kini dikenal sebagai komikus yang produktif.

Sedikitnya 33 judul komik karyanya telah diterbitkan dalam bentuk buku atau dipublikasikan di berbagai media, seperti di Fikro Magz, Sektekomik, Buletin Koin, Tabloid Agenda, Planet Pop Magz, Indie Blue For Adult, Tabloid Komika, Mythosickomik, M&C Gramedia, dan sebagainya. Sejak 1996 sampai 2009, ia juga sempat bekerja sebagai desainer komunikasi visual dan konsultan di Help ev, sebuah perusahaan dari Jerman dan Bank Indonesia.

Referensi:
[1] http://www.salihara.org/programs/visualarts/ar tists/alfi-zachkyelle

[2] https://kampoongmonsterstudio.weebly.com/


Artikel ini ada di An1magine cyber magazine An1magine Volume 4 Nomor 6 Juni 2019

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.




Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 087888666679

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya: PIC 087888666679

self publishing
Ingin menerbitkan buku sendiri (self publishing) dengan keuntungan penjualan langsung ke rekeningmu? https://www.an1mage.org/2018/03/0000menerbitkanbuku-di-an1mage.html

agen iklan
Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50%, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"