ISSN & ISBN: International Standard of Serial Number dan International Standard Book Number



https://en.wikipedia.org/wiki/International_Standard_Book_Number


ISSN & ISBN: International Standard of Serial Number dan International Standard Book Number



Kevin Putranto






Apasih International Standard of Serial Number (ISSN) dan  International Standard Book Number (ISBN) itu? Apa keuntungannya menggunakan publikasi yang memiliki hal tersebut?




ISSN
Tidak banyak yang tahu apa ISSN dan ISBN itu An1mareaders, padahal info tentang hal ini bertebaran di internet dan tinggal diketikkan di laptop, desktop, smartphone, dan gadget lainnya yang dapat mengakses internet melalui browser atau dengan perintah suara (voice command).

International Standard of Serial Number (ISSN) yang merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global. Terbitan berkala tersebut seperti majalah, jurnal, tabloid, dan terbitan berkala lainnya dengan tujuan berita yang disampaikannya dijamin melalui proses cek ricek, editing bahasa dan editing isi artikel yang akan dipublikasikan, di mana dengan menggunakan sistem tersebut, dipastikan meminimalkan adanya berita hoax.




Publikasi An1mage yang memiliki ISSN dan ISBN serta beredar mendunia melalui
Play Store, Google Book, dan atau Amazon bila karyanya dalam bahasa Inggris.



Terlebih lagi, karya yang masuk di media massa yang memiliki ISSN dipastikan lebih berbobot nilainya, karena media yang memiliki ISSN pasti media massa dengan banyak link resmi yang memublikasikan medianya secara nasional dan atau internasional, dan bukan media sembarangan di mana tidak memiliki ISSN.





ISSN diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 oleh Subkomite no. 9 dari Komite Teknik no. 46 dari ISO (TC 46/SC 9). ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand. PDII LIPI merupakan satu-satunya ISSN National Centre untuk Indonesia.



ISBN
International Standard Book Number (ISBN) adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit.

Setiap nomor memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan buku dari setiap penerbit, sehingga keunikan tersebut memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas maupun distributor yang diedarkan secara nasional dan atau ionternasional.


ISBN salah satu terbitan komik dari penerbit An1mage. Sumber:  https://play.google.com/store/books/details/Satrio_Bimantoro_The_Judgment?id=MusoDwAAQBAJ


ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di London. Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia dan KDT (Katalog dalam Terbitan).

ISBN berguna sekali bagi karya-karya tulis buku, karena secara otomatis nama pengarang buku (author) baik karya komik, novel, buku dongeng/cergam, tutorial, buku ajar, dan buku teks akan setara atau sejajar dengan para pengarang terkenal maupun tidak terkenal di level dunia, level internasional. Jadi jangan sampai karya buku berupa komik, tutorial, buku teks, novel, dan buku-buku lainnya diterbitkan tanpa ISBN. 


Friendster di masa kejayaannya. Sumber: 
https://www.cbsnews.com/pictures/then-and-now-a-history-of-social-networking-sites/4/


Webcomic yang sekarang menjadi tren memiliki celah tidak ada ISBN-nya, bila suatu saat webcomic tersebut tutup, maka nama artis dan karyanya ikut menghilang, di mana hal ini pernah terjadi sebelumnya di masa lalu pada situs Zuma webcomic buatan Marvel Comics dan juga satu situs yang bernama Friendster media sosial ala Facebook. 

Uniknya di salah satu situs webcomic yang menjadi tren di Indonesia, karya asing dari artis Korea Selatan dibuat webcomicnya setelah memiliki ISBN diurus oleh penerbitnya, sedangkan karya lokal artis Indonesia yang ada di sana, namanya tidak tercatat di London sebagai pusat ISBN dunia.

ISSN dan ISBN merupakan salah satu bukti terbitan yang dapat mendukung publikasi, karena terindeks secara internasional, serta sebagai salah satu bukti pendukung untuk authorship (hak cipta), hak penggandaan (copyrights) bagi pengarang dan penerbit, karena terindeks juga di google scholar yang berguna bagi para kademis .


Referensi:
[1]  http://issn.lipi.go.id/
[2] https://isbn.perpusnas.go.id/



An1magine versi online ini secara lengkap ada di An1magine emagazine volume 4 Nomor 4 April  2019  yang dapat diunduh gratis di Journal An1magePlay Store, dan Google Book












Mau menerbitkan karya digital untuk buku, komik, novel, buku teks atau buku ajar, 
riset atau penelitian jurnal untuk terindeks di Google Scholar dan berada di Play Store 
untuk pemasaran global? An1mage adalah jawabannya

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations


AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"