FORWARD: Motivasi dan Aksi untuk Generasi Muda Ekonomi Indonesia

Gary Vaynerchuk memberikan motivasi tentang promosi menggunakan sosial media

FORWARD: Motivasi dan Aksi untuk 

Generasi Muda Ekonomi Indonesia

Kevin Putranto




Indonesia memiliki jumlah penduduk urutan keempat setelah Amerika Serikat yang menduduki posisi ketiga, posisi kedua oleh India, dan posisi pertama oleh China menurut www.geoba.se.


Sabtu, 9 Maret 2019, Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan 2014. Lutfi membuka pikiran tiga ribuan peserta yang hadir melalui proyeksi paparannya 'Indonesia Future Outlook'  sampai tahun  2045 di masa depan. Data-data valid, analisis, dan proyeksi yang dilakukannya, pemimpin muda yang diakui berpengaruh di The World Economic Forum’s Young Global Leaders tersebut menjelaskan ada potensi besar Indonesia dari berbagai bidang yang dapat dilaukan di masa depan, dari pariwisata, industri kreatif, permesinan, sampai otomotif.

Di sisi lainnya dengan adanya jumlah penduduk yang besar tentu memiliki potensi ekonomi yang kuat. Potensi tentu saja ada, tetapi kembali kepada kemampuan kreatifitas dan bisnis penduduknya, bila penduduknya tidak mampu tentu saja potensi itu akan lewat begitu saja.

Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan 2014. Lutfi membuka pikiran tiga ribuan peserta yang hadir


Terlebih lagi di Indonesia jumlah pengusaha dan investornya masih relatif sangat sedikit. Investor yang sesungguhnya berani menanggung rugi bila bisnis yang diberi modal investasi gagal dan berani mendapatkan keuntungan optimal bila bisnis yang diberi modal investasinya berhasil. 

Berbeda dengan kreditor yang berhasil atau tidak, kreditor tetap wajib menerima setoran. Di Indonesia lebih banyak kreditor daripada investor. Di sinilah event Forward ini diadakan. Menurut Aakar Abyasa Fidzuno yang memulai pemaparannya dengan iniasi cuplikan video tentang krisis moneter global di tahun 1998. 


Aakar Abyasa Fidzuno semangat dalam menjelaskan saat wawancara



“Di mana menjadi tanggung jawab kita bersama agar ekonomi di Indonesia ke depannya menjadi lebih baik, agar tidak terjadi lagi krisis moneter pada tahun 1998 yang kini menjadi beban ekonomi Indonesia secara bersama, dengan beraksi nyata dalam memajukan ekonomi di segala bidang yang kita mampu ke depannya,” Aakara dengan semangat mengajak generasi muda yang hadir dalam event tersebut untuk tergerak dan maju dalam berkarya nyata.

Di sesi berikutnya Gary Vaynerchuk memberikan motivasi tentang promosi menggunakan sosial media untuk merek produk apa pun yang dimiliki oleh peserta atau yang baru tertarik memulai promosi merek (brand) yang mereka miliki.
Menggunakan media sosial memang memiliki tantangan tersendiri, Gary menyarankan minimal posting sebanyak tiga kali dalam sehari di media sosial apa pun yang digunakan. Saat ini yang sedang booming memang instagram, tetapi Gary menyarankan untuk segera memanfaatkan linkedin yang berpotensi akan menjadi tren ke depannya.


“Sangat penting membuat akun di media sosial yang baru walaupun media sosial tersebut belum dikenal, buat saja terlebih dulu, nanti saat mulai dikenal, segera perbanyak posting di sana, atau berani memulai posting di media baru tersebut sebagai perintis juga tidak masalah, karena ada potensi paling banyak posting-nya dan karena banyak posting akan mudah dikenal di media baru tersebut” saran Gary.


“Kesabaran dalam menyebarkan informasi melalui ragam media sosial yang ada sangat penting, jangan berharap merek atau seseorang akan dikenal hanya dalam waktu instan, perlu waktu bertahun-tahun dalam melakukannya secara terus menerus, biasanya sekitar 4 tahun ke atas akan mulai terlihat hasilnya,” Gary menekankan hal ini. Sesi ditutup dengan tanya jawab.


An1mareaders
Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA Group:


An1magine versi online ini secara lengkap ada di An1magine emagazine volume 4 Nomor 3 Maret  2019  yang dapat diunduh gratis di Journal An1magePlay Store, dan Google Book








Mau menerbitkan karya digital untuk buku, komik, novel, buku teks atau buku ajar, 
riset atau penelitian jurnal untuk terindeks di Google Scholar dan berada di Play Store 
untuk pemasaran global? An1mage adalah jawabannya

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations


AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

PAMERAN KOMIK SUPERHERO & SILAT INDONESIA PLUS KE 2 - 23 JUNI 2019