BDI DENPASAR: Pelatihan dan Uji Kompetensi Scriptwriting untuk Animasi di Creative Hub Bandung

BDI DENPASAR: Pelatihan dan Uji Kompetensi Scriptwriting untuk Animasi di Creative Hub Bandung



Kevin Putranto



Rabu, 27 Februari 2019, Uji Kompetensi (ujikom) untuk scriptwriting guna menghasilkan para desainer cerita (story designer) yang andal diselenggarakan oleh BDI Denpasar guna mengakhir pelatihan screenplay yang telah dijalankan beberapa hari sebelumnya.



Creative Hub Bandung menjadi saksi sejarah pelatihan dan ujikom sebagai scriptwriter untuk kategori animasi yang diselenggarakan pertama kali oleh BDI dalam sertifikasi profesi untuk pembuat cerita ini. Sertifikasi profesi sebagai screenplay artist atau scriptwriter atau screenwriter merupakan sasaran berikutnya di bidang animasi. Ragam profesi seperti animator, pembuat background, pembuat karakter, dan lainnya selain membuat cerita sudah banyak, demikian kata Fathurrochman sebagai salah satu asesor ujikom tersebut.


Kekurangan pembuat cerita atau story designer inilah yang menjadi target berikutnya dari BDI agar para story designer yang kompeten dari ujikom ini melengkapi kekurangan yang ada, yaitu cerita. Melalui hasil karya cerita yang unik, menarik, dan berbeda, diharapkan ke depannya, para story designer yang kompeten di ujikom tersebut akan mulai berkarya dan mampu mengharumkan  Indonesia ke depannya.  






Tiga asesor telah hadir untuk mendampingi para peserta ujikom scriptwriting ini, yaitu Michael Sega Gumelar yang lebih dikenal dengan nama M.S. Gumelar yang juga merupakan praktisi di bidang movie, spesial efek, animasi, novel, dan komik dengan ragam karyanya bertebaran dapat diakses di internet, khusus untuk membuat cerita dapat diakses di link berikut:


Asesor berikutnya adalah Fathurrochman yang juga praktisi dalam tulis menulis, serta berprofesi sebagai jurnalis di salah satu media online besar di Indonesia, Okezone. Asesor lainnya adalah Al Fitri Muhammad Zachky yang lebih dikenal dengan nama Alfi Zachkyelle dari Kampoong Monster, banyak karya hasil imajinasi yang dihasilkan oleh Alfi salah satunya Dua Warna, Warriq dan lainnya. 

“Malas,  instan, serakah,  dan dirinya adalah kebenaran begitulah kecenderungan sifat atau personality manusia, gunakan sifat-sifat manusia yang buruk tersebut untuk bekal membuat cerita yang baik,” saran Gumelar dalam akhir pelatihan dan saat memberikan inputan kepada para peserta ujikom scriptwriting di Creative Hub  Bandung tersebut.

Gumelar yang dikenal karena salah satu adaptasi novel dari cerita rakyat Roro Jonggrang namun dibuat versi fiksi ilmiah. Gumelar menambahkan bahwa untuk membuat cerita yang baik, buatlah cerita yang buruk dan perbaiki, jangan lupa ungkapkan semuanya dengan visual telling, di mana semua adegan divisualkan dalam cerita.

Jadi kalau suatu karakter dalam suatu cerita memiliki wajah buruk, penulis tidak perlu membuat deskripsi panjang lebar bahwa wajahnya karakter tersebut buruk kepada pembaca, tetapi visualkan dan interaksikan dengan karakter lainnya ujar pencetus story waveform model dalam membuat cerita ini.

Melalui cara tersebut akan mengungkapkan bahwa wajah karakter yang dimaksud tersebut buruk wajahnya karena karakter lainnya memvisualkan secara verbal dan nonverbal bahwa wajah karakter yang dimaksud memang buruk, tambah Gumelar. Apa yang dimaksud oleh Gumelar dapat lebih jelas bila membaca karya Roro Jonggrang Sci-fi.  

Akhir dari ujikom dilakukan foto bersama, dan harapannya bagi yang direkomendasikan kompeten dalam bidang membuat cerita, segera berkarya yang unik, menarik, dan menggugah minat untuk membacanya. Selamat buat semua para peserta ujikom scriptwriting, semoga sukses selalu ke depannya.
























inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung: https://chat.whatsapp.com/EHoKxhRUJftKRzkBoGbk7F 


An1magine versi online ini secara lengkap ada di An1magine emagazine volume 4 Nomor 4 April  2019  yang dapat diunduh gratis di Journal An1magePlay Store, dan Google Book









Mau menerbitkan karya digital untuk buku, komik, novel, buku teks atau buku ajar, 
riset atau penelitian jurnal untuk terindeks di Google Scholar dan berada di Play Store 
untuk pemasaran global? An1mage adalah jawabannya

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations


AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"