JAN MINTARAGA: Kapten Halilintar, Kelelawar Bersayap Tunggal


https://mmc.tirto.id/image/2018/07/31/jan-mintaraga--bumilangitcom.jpg



Aswin Chandra untuk An1magine Volume 3 Nomor 12 Desember 2018




Tahu superhero asal Indonesia ‘Kapten Halilintar’, an1mareaders? Penciptanya adalah Jan Mintaraga, komikus yang lahir di Yogyakarta, 8 November 1942.


Selain dikenal sebagai kartunis, Jan juga dikenal sebagai illustrator dengan gaya gambar Amerika. Karyanya identik dengan panel-panel sistem block hitam pekat. Beberapa judul karyanya antara lain Sebuah Noda Hitam, Tunggu Aku di Pintu Eden, Teror Macan Putih, Indra Bayu, Imperium Majapahit, Api di Rimba Mentaok, dan masih banyak lagi.

Kapten Halilintar yang bernama asli Reggy, terobsesi dengan ekperimen petir hingga melupakan ulang tahun pacarnya. Reggy yang sedih kemudian terseret angin puting beliung kemudian tersambar petir. Musuh Kapten Halilintar adalah Baron.

Komik ciptaan Jan Mintaraga yang mengangkat kisah roman banyak memuat adegan percintaan hingga terkena razia. Jan kecewa pada penguasa Orde Baru yang menyensor komik secara ketat karena komik dianggap sampai yang merusak moral masyarakat.


https://planetsuperhero.files.wordpress.com/2015/02/kapten-halilintar-1-jan-mintaraga1.jpg


http://2.bp.blogspot.com/-JBUgT9stszA/UaBSUKkdweI/AAAAAAAAMPg/n1HrD7oiCJI/s1600/Jan+-+Tanduk+Menjangan+Merah.jpg


Menurut Jan tidak semua buku harus memiliki unsur pendidikan. Seperti Shakespeare dengan Romeo dan Julietnya yang dinilai Jan tidak mengandurng unsur pendidikan dalam kisah tersebut. Meski kecewa dengan perlakuan pemerintah, Jan tetap produktif membuat komik, mulai dari komik roman, sejarah, legenda, sila, hingga komik fantasi. Untuk illustrasi, Jan membuatnya berdasar cerita pendek dan cerita bersambung di beberapa majalah.

Jan Mintaraga juga membuat storyboard untuk movie, melukis dengan cat minyak. Beliau tutup usia pada 14 Desember 1999 di Pamulang, Banten.


An1magine versi online ini juga ada di versi emagazine An1magine volume 3 Nomor 12 Desember 2018  yang dapat diunduh gratis di Play StoreGoogle Book, dan di An1mage Journal







“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau buku ajar, riset atau penelitian jurnal
untuk terindeks di Google Scholar dan berada di Play Store untuk pemasaran global? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 

www.an1mage.org


Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"