BAKTERI PEMAKAN LISTRIK: Makan dan Poop berupa Listrik

https://images.newscientist.com/wp-content/uploads/2014/07/dn25894-2_800.jpg



oleh Kevin Putranto untuk An1magine volume 4 Nomor 2 Februari 2019



Setelah kagum dengan bahasan mahluk yang menghasilkan listrik di An1magine edisi sebelumnya. Kini an1mareaders akan terpesona dengan bakteri yang makan dan buang kotoran berupa energi listrik.

   
Agen perubahan An1magine edisi ini juga berbeda seperti sebelumnya-sebelumnya, kali ini bakteri. Mahluk yang bernama bakteri ini mengagumkan, ada yang dapat hidup tanpa oksigen, hidup di magma yang panas, hidup tanpa terkena sinar matahari sama sekali di palung dalam dasar laut, bahkan mengerikan ada yang hidup di dalam paru-paru seperti TBC dan sebagainya.

Semua mahluk hidup secara tidak langsung dapat hidup karena mendapatkan energi dari elektron. Elektron ini didapat kebanyakan dari makanan dan minuman. Ada satu pengecualian, ada sejenis bakteri yang mendapatkan makanan langsung dengan memakan elektron, elektron murni dari listrik.

Yang lebih mencengangkan lagi, jenis bakteri pemakan listrik ini ternyata ada banyak, jadi bukan sesuatu yang langka. “Tancapkan elektroda di tanah, beri energi elektron, maka bakteri tersebut akan berdatangan.”

Untuk sementara ini ada dua tipe bakteri pemakan listrik yaitu Shewanella dan Geobacter. Pada saat para ilmuwan menancapkan elektroda di lumpur area laut dan sumur dekat pertambangan emas, elektroda tersebut diibaratkan mirip kail ikan dengan umpannya yang mengundang ikan, para bakteri tertarik untuk mendatangi tancapan elektroda tersebut, bakteri pemakan listrik.

Yang unik juga, memakan energi elektron langsung berupa energi murni di alam bebas sangat berbahaya. Ibarat manusia, para bakteri pemakan listrik tersebut seperti mendapatkan energi dengan cara memasukkan jari tangannya ke colokan listrik secara langsung.

Bakteri-bakteri ini makan langsung dari energi murni dalam bentuk elektron langsung. Kebanyakan mahluk hidup memang makan dari reaksi elektron secara tidak langsung dari makanan dan minuman, yang melibatkan molekul yang bernama ATP.

Kalau An1mareaders mempelajari biologi sebelumnya sedikit banyak tahu ATP, di mana proses konversi dari elektron ke makanan melalui proses yang kompleks. Bagaimana bakteri-bakteri pemakan listrik tadi dapat melakukannya tanpa terluka? Masih menjadi misteri.

Di alam liar, bakteri pemakan listrik makan elektron dari bebatuan dan pasir. Di dalam lab Kenneth Nealson dari University of Southern California berusaha mengembangbiakkan bakteri tersebut langsung dari elektroda-elektroda yang ditancapkannya.

Pengembangbiakkan bakteri listrik meningkatkan kemungkinan untuk pendayagunaannya. Para peneliti melihat potensi bahwa sekumpulan bakteri listrik yang saling menyatu dapat menciptakan listrik yang hidup.

Mau diskusi masalah evolusi, mahluk cerdas dari planet lain? kirim  pesan gabung di WA
 +6287888666679 dan kami akan menambahkanmu di UFOIC Group, makasih


Referensi
http://www.bbc.com/earth/story/20160613-there-are-microbes-that-eat-and-poo-nothing-but-electricity

https://gizmodo.com/electricity-eating-bacteria-are-real-and-more-common-th-1606910533

https://www.newscientist.com/article/dn25894-meet-the-electric-life-forms-that-live-on-pure-energy/



An1magine versi online ini secara lengkap ada di An1magine emagazine volume 4 Nomor 2 Februari  2019  yang dapat diunduh gratis di Play StoreGoogle Book, dan di An1mage Journal








“Menerbitkan karya digital untuk buku, komik, novel, buku teks atau buku ajar, riset atau penelitian jurnal
untuk terindeks di Google Scholar dan berada di Play Store untuk pemasaran global? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations


AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

"Pameran Citra Perempuan dalam Konteks Kenusantaraan"