AGNIESZKA ZIEMISZEWSKA


AGNIESZKA ZIEMISZEWSKA:
Poster Exhibition Kolaborasi bersama mahasiswa Pradita Institute dihadiri oleh Duta Besar Polandia, H.E. Madame Beata Stoczyńska


Serpong, Tangerang – Pada Senin (22/10), Agnieszka Ziemiszewska Poster Exhibition yang diadakan dalam bentuk workshop TypoExpo oleh mahasiswa-mahasiswi semester 1 dari Pradita Institute program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Interior (DI) telah resmi dibuka. Pameran akan berlangsung dari tanggal 22 Oktober – 30 November 2018.

Hasil kerjasama dan kolaborasi dengan Worldwide Graphic Designers (WGD) yang melibatkan secara khusus Agnieszka Ziemiszewska, seorang desain grafis andal asal Polandia.

Event ini selain memamerkan karya seni Agnieszka Ziemiszewska, juga hasil karya dari desainer dari seluruh dunia yang bertema Lombok Palu Care sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap korban bencana alam di Lombok dan Palu, dan karya seni dari para mahasiswa Pradita Institute (program studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior) di mana karya poster yang ditampilkan mengandung unsur angka 11, mengusung tema ulang tahun Summarecon Mall Serpong yang ke-11. Pameran ini didukung sepenuhnya oleh Summarecon Mall Serpong.

Selain dihadiri oleh tamu istimewa H.E. Madame Beata Stoczyńska, Duta Besar Polandia, dan Paula Sęk yang bertanggung jawab atas urusan budaya di kedutaan Polandia di Indonesia yang ikut meresmikan pameran ini.

Sejumlah tamu terhormat juga menghadiri acara ini, antara lain: Pak Soegianto Nagaria selaku Direktur Summarecon Agung, Pak Irwan Harnoko selaku pendiri Worldwide Graphic Designers, Pak Sudino Lim selaku Ketua Yayasan Inti Prima Bangsa, Pak Bima Himawan selaku Sekretaris Yayasan, Prof. Ricardus Eko Indrajit selaku Rektor Pradita Institute, Professor Harianto Hardjasaputra selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Bapak James Darmawan selaku Kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual, Bapak Oktavianus Nangoy selaku Sekretaris Program Studi Desain Interior, Bapak Willy Effendy dan Bapak Surya Mentari selaku perwakilan dari Summarecon Mal Serpong.
WGD yang memiliki link dengan desainer di seluruh dunia melalui berbagai aktivitas seperti pameran di mancanegara, adalah Irwan Harnoko, selaku pendiri WGD mengungkapkan "Pameran ini seperti memberi setetes air bagi para desainer grafis yang kehausan di Indonesia khususnya di daerah Jakarta dan Tangerang akan pameran poster yang berkualitas.

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini untuk mahasiswa Pradita dengan waktu tempuh belajar di semester awal (baru 3 bulan), sudah sangat cukup menggembirakan dengan hasil karya yang digelar pada pameran poster yang disajikan dengan dukungan penuh dari Summarecon Mall Serpong. Tentu saja ini berkat bimbingan para dosen Pradita dan brief yang luar biasa dari Agnieszka Ziemiszewska"


Latar belakang

Institut Sains dan Teknologi Pradita atau Pradita Institute merupakan lembaga pendidikan yang diprakarsai oleh PT Summarecon Agung, Tbk dan mitranya. Diresmikan pada bulan Agustus lalu, Pradita Institute siap melahirkan lulusan yang kaya akan pengalaman dan ilmu. Salah satu visi dari Pradita Institute adalah memberikan wawasan global yang industrial dalam kegiatan belajar dan mengajar kepada peserta didiknya.

Pradita Institute memiliki visi untuk memberikan wawasan global yang industrial dalam kegiatan belajar dan mengajar kepada peserta didiknya, Pradita Institute berkomitmen untuk mewujudkan hal ini dapat terjadi dengan baik.

Guna melahirkan lulusan yang tidak hanya fresh graduate, tapi juga experienced graduate, pergelaran Agnieszka Ziemiszewska Poster Exhibition menjadi salah satu kesempatan program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Interior (DI) Pradita Institute untuk mengadakan kerjasama bertaraf internasional yang bersifat knowledge sharing.

Prodi DKV dan DI Pradita Institute juga bekerjasama dengan Summarecon Mal Serpong, dalam mata kuliah enterprise, satu mata kuliah yang mengajarkan tentang pengalaman komunikasi dan marketing dalam dunia industri yang nyata.

Pameran juga memperkenalkan mahasiswa kepada mekanisme bekerja dan berpikir seorang desainer profesional. Melalui pameran ini, diharapkan mahasiswa mampu menanamkan semangat dan kepercayaan diri mereka dalam bidang desain grafis.

James Darmawan selaku kaprodi mengungkapkan “Dengan adanya pameran ini diharapkan masyarakat awam pada umumnya dan mahasiswa sebagai calon desainer pada khususnya akan memiliki wawasan dan pengalaman global dapat tersampaikan. Dan semoga ke depan Pradita Institute kembali mendapat dukungan untuk bisa membuat pameran seperti ini. tentunya dengan tema berbeda, minimal setahun sekali”.


Tujuan Event

Event pameran poster kolaborasi dengan Agnieszka Ziemiszewska sebagai bukti komitmen untuk memberikan real experience kepada para mahasiswa prodi DKV dan DI Pradita dalam bentuk pengajaran bertaraf internasional, dalam: memperkenalkan para mahasiswa prodi DKV dan DI Pradita Institute kepada mekanisme berpikir dan bekerja seorang profesional desainer dan menanamkan semangat dan kepercayaan diri para mahasiswa prodi DKV dan DI Pradita Institute.


Metode Event

Agnieszka Ziemiszewska merupakan desainer grafis, profesor, sekaligus kurator asal Polandia. Tidak hanya menyelenggarakan berbagai acara dan pameran, eksibisi poster karya seniman keturunan Jepang-Polandia ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada para mahasiswa jurusan DKV dan DI Pradita Institute dalam bentuk pengajaran internasional.

Proses panjang telah dilakukan WGD hingga di event pameran ini. Proses awal diawali dengan dimulai WGD memperkenalkan Agnieszka Ziemiszewska, lalu Prodi DKV dan DI Pradita Institute mengadakan kuliah typografi internasional online yang diajarkan oleh Agnieszka dengan workshop typografi sebagai bagian dari aktifitas perkuliahan, dengan mengusung tema ulang tahun ke-11 Summercon Mal Serpong.

Hasil dari proses workshop typografi tersebut menghasilkan 22 poster dari prodi DKV dan 6 karya instalasi dari prodi DI. Semua hasil workshop dipamerkan bersama dengan 40 karya Agnieszka di Summercon Mal Serpong.


Keindahan Estetik Kolaborasi Pradita Institute dan Agnieszka Ziemiszewska

Dikenal sebagai pusat perbelanjaan yang selalu sukses dalam menyelenggarakan acara, SMS menjadi salah satu lifestyle center dengan jumlah pengunjung yang cukup tinggi setiap harinya. Melihat hal ini, SMS menjadi pilihan lokasi yang tepat bagi Pradita Institute untuk bekerjasama dengan desain grafis asal Polandia, Agnieszka Ziemiszewska dalam menggelar pameran poster.

Pergelaran ini menjadi kesempatan bagi para pengunjung setia SMS untuk mengeksplorasi keindahan tipografi, warna, bentuk dan estetika tanpa batas dari hasil karya seni asli Agnieszka Ziemiszewska. Tidak hanya 40 poster karya Agnieszka Ziemiszewska, pameran ini juga mempertunjukkan 22 poster dan 6 karya instalasi hasil workshop TYPOEXPO oleh mahasiswa jurusan DKV dan DI Pradita Institute yang mengusung tema ulang tahun ke-11 Summarecon Mal Serpong, poster LOMBOKPALUCARE oleh anggota WGD serta dosen DKV dan DI Pradita Institute.

Pameran ini juga dilengkapi dengan perkenalan dengan Agnieszka Ziemiszewska, yang merupakan desainer grafis Internasional dan profesor asal Polandia oleh WGD dan kuliah Typography internasional online yang diajarkan oleh Agnieszka Ziemiszewska. Melalui pameran ini, para pengunjung setia SMS berkesempatan untuk melihat berbagai hasil karya seni dari sudut pandang lain.

Pergelaran eksibisi poster karya Agnieszka Ziemiszewska ini juga turut menjadi rangkaian kemeriahan event Marve11ous: Eleven Escape Experience. SMS menggelar event ini untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-11.

Event berlangsung sejak September hingga  Desember 2018 mendatang dengan beragam rangkaian acara dan program yang disusun untuk memberikan semarak di pergantian tahun SMS, mulai dari ‘Serpong Green Warrior Run’ (SGWR) 2018 yang dibuka pada September lalu, program belanja khusus pengunjung setia SMS dengan hadiah utama trip ke 11 negara destinasti wisata favorit, Jazzphoria with Hiroaki Kato hingga sederatan artis tanah air dalam Eleven Days Of Happiness sebagai penutupnya di Desember mendatang.


Sekilas Summarecon Mal Serpong

Seiring dengan pertumbuhan kota di wilayah Serpong, Tangerang, yang sangat cepat, pada tanggal 28 Juni 2007, Summarecon menghadirkan Summarecon Mal Serpong (SMS), sebuah pusat belanja yang menjadi lifestyle center. SMS kini telah dikembangkan dalam dua tahap, sehingga memiliki total luas 110.000 m2.

Durasi kurun waktu 10 tahun ke depan akan dikembangkan dalam tiga tahap, dengan luas mencapai hingga 200.000 m2. SMS dengan konsep mal keluarga, terdiri dari 3 lantai yang menampilkan konsep fashion, food & entertainment terpadu. Selain itu, SMS memiliki konsep unik  “The Downtown Walk”, yang telah menjadi trend bagi komunitas shopper dari Serpong dan bahkan Jakarta. SMS tahap dua juga telah melakukan opening pada tanggal 27 Oktober 2011.


Penulis

Oleh : Leonardo Widya, S.Sn, M.Ds
Email : Leonardo.adi@lecturer.umn.ac.id
Kontak : 0818-863-430
Penulis saat ini aktif sebagai:

  • Dosen Homebase, Prodi DKV - Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong.
  • Dosen Prodi DKV - Universitas Pelita Harapan, Karawaci.
  • Guru Seni di UPH-College, Karawaci.

Disadur dari :
Press Release yang dikeluarkan PR Department Summarecon Serpong dan PT Summarecon Agung Tbk












Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 10 Oktober 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage