THEODORE ROOSEVELT: Teddy Bear Si Thrust Buster


THEODORE ROOSEVELT: Teddy Bear Si Thrust Buster
Assyfa Zahra Putri


Tahu Roosevelt, an1mareaders? Yup! Beliau adalah Presiden Amerika yang ke-26, yang menjabat selama dua periode yakni 1901-1909.


Sebelumnya Roosevelt menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat di bawah Presiden William McKinley. Ketika William McKinley dibunuh, Roosevelt menggantikannya sebagai presiden. Saat itu usianya 42 dan merupakan presiden termuda.

Sepak terjang Roosevelt sebelum menjadi presiden cukup panjang. Beliau pernah menjadi anggota parlemen negara bagian New York, anggota Jawatan Kepegawaian Pemerintah Amerika Serikat, Ketua Dewan Polisi New York, Letnan Kolonel dalam perang Spanyol-Amerika, Gubernur New York, dan Wakil Presiden Amerika.

Lahir di New York City, di Gramercy, Manhattan, 27 Oktober 1858, Roosevelt adalah penerima Nobel Perdamaian di tahun 1906.

Dimulai tahun 1881, Roosevelt menjadi Majelis Negara New York dari Partai Republik. Kemudian tahun 1889 bertugas di US Civil Service Commission. 1895, Roosevelt bergabung dengan Komisaris Polisi New York. Beliau juga pernah ikut bertempur dalam perang Spanyol-Amerika.

https://goo.gl/QWE5AD

1898, Roosevelt terpilih sebagai Gubernur New York. Kemudian maju sebagai calon wakil presiden dari Partai Republik pada tahun 1900.

Roosevelt dikenal sebagai "Trust Buster" yang berperan menegakkan undang-undang Antitrust yakni hukum/undang-undang persaingan, merupakan peraturan melawan kebiasaan dagang yang merendahkan persaingan atau dianggap tidak adil.

Dikenal juga dengan Kartel yakni kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi (monopoli). Hal ini juga bertujuan agar perusahaan-perusahaan besar tidak mempermainkan politik.

Ketika perang Rusia-Jepang terjadi pada 1904-1905, Roosevelt menjadi mediator perdamaian antara kedua negara.

Pertemuan di Portsmouth, New Hampshire memunculkan kesepakatan untuk mengakhiri konflik dengan membagi pulau Sakhalin. Bagian utara untuk Rusia dan bagian selatan untuk Jepang. Atas usaha mediasi ini, Roosevelt meraih nobel perdamaian.

Setelah masa kepresidenannya berakhir, Roosevelt pergi ke Afrika dan banyak menulis buku dan artikel tentang alam. Konservasi memang telah lama menjadi perhatiannya. Saat masih menjabat,
Beliau menarik 235 juta hektar hutan publik dari penjualan untuk dijadikan sebagai hutan nasional. Roosevelt juga menjadikan 800.000 hektar lahan di Arizona sebagai Monumen Nasional Grand Canyon demi melindunginya dari para pengembang.

UU Antiquities tahun 1906 yang ditandatangani Roosevelt, diberlakukan untuk melindungi artefak dan pusaka penduduk asli Amerika, juga untuk melestarikan bangunan bersejarah.

Theodore Roosevelt dikenal juga dengan nama T.R. juga Teddy dimana boneka beruang Teddy diambil dari namanya. Roosevelt menutup usia di Oyster Bay, New York, 6 Januari 1919 pada umur 60 tahun.


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 9 September 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage