MOVIE: SEARCHING


SEARCHING
Guntur Tri Wibawa


Genre : 2018, Drama, Thriller
Tagline : No one is lost without a trace
Stars : John Cho, Debra Messing, Joseph Lee
Music : Torin Borrowdale
Director : Aneesh Chaganty
Writers : Aneesh Chaganty, Sev Ohanian
Cinematography : Juan Sebastian Baron
Production company: Bazelevs Company, Screen Gems, Stage 6 Films
Distributed by : Sony Pictures Releasing
Running time : 102 minutes

Apakah kamu sungguh mengenal keluargamu, an1mareaders?
Pertanyaan pasti akan terlintas di pikiran setelah menonton film Searching.

Dimulai dengan adegan-adegan yang memperlihatkan aktivitas dan perayaan-perayaan penting keluarga David. Seunit komputer dengan tiga user yakni David, istrinya Pamela, juga putri mereka Margot. Mulai dari hari pertama Margot masuk taman kanak-kanak, latihan piano Margot bersama ibunya, juga talent show. Jika awalnya file berupa gambar, seiring berjalannya waktu, mereka juga menyimpan file video.

Tidak hanya itu, mereka juga melakukan chatting, videocall, hingga Margot membuat akun Facebook. Keluarga ini nampaknya melek digital karena juga berkomunikasi menggunakan imessage, facetime.

Sayang, Pamela sakit, kemudian meninggal.

Margot kini ada di sekolah tingkat atas. Misteri muncul ketika suatu malam Margot meninggalkan tiga panggilan tak terjawab. David mencoba menghubungi putrinya ketika pagi, namun tidak ada jawaban.

Karenanya, David menghubungi guru piano tempat Margot selama ini les piano. Namun ternyata Margot sudah lama tidak les piano. Padahal David selalu memberikan uang les dan saat chat Margot berkata masih les piano.

David mencoba menghubungi teman-teman Margot, namun tidak memiliki satu pun kontaknya. Ia mencari social media anaknya, mulai dari instagram, twitter, dan facebook namun seluruhnya di privat.

Karena tidak kunjung berhasil mengontak putrinya, David melaporkan hilangnya Margot ke polisi. Ia kemudian dibantu detektif Rosemary Vick.

Menyadari laptop Margot tidak dibawa entah ke mana putrinya pergi, David mulai membuka laptop anaknya dan mendapati pesan yang dikirimkannya baru masuk. Mencoba masuk ke social media anaknya. Karena dia tidak tahu password-nya, ia menghubungkannya ke email. Ia juga tidak tahu password email Margot, jadi ia masuk ke ke email Pamela yang dijadikan email recovery.

Begitu bisa masuk ke social media anaknya, David mulai mendata satu per satu teman anaknya di social media juga mengontaknya. Hingga David menyadari bahwa sesungguhnya Margot tidak memiliki teman.

Atas saran adiknya, David juga mengecek file offline Margot dan mendapati anaknya dalam grup biologi. Sayang anggota grup biologi yang dikontak terlihat tidak peduli dengan hilangnya Margot, bahkan mengatakan bahwa mereka sebenarnya tidak terlalu dekat.

Atas saran anggota grup biologi, David mengecek tumblr milik Margot. Layaknya orang tua yang tidak terlalu memahami banyak social media, David mengetiknya dengan “tumbler”. Melalui social media tersebut, David melihat tempat-tempat yang pernah dikunjungi putrinya. Salah satunya Barbosa Lake.

Rosemary Vick memberikan rekaman mobil Margot yang didapat dari traffic camera pada malam Margot menghilang. David mengecek akun bank anaknya. Ternyata selama ini Margot menabung uang les pianonya. Namun Margot ternyata telah menarik 2500 dollar dan memberikannya ke akun yang sudah ditutup.

Rosemary Vick memberitahu David, Margot telah memalsukan SIM dan menyatakan kemungkinan sebenarnya putrinya pergi atas kemauannya sendiri. Namun David bersikeras Margot tidak kabur.

Ketika masuk ke youcast, David mengetahui bahwa selama ini anaknya sering melakukan siaran. Di situ terdapat beberapa cast yang tersimpan. Bahwa Margot berinteraksi dengan orang-orang yang tidak dikenalnya di dunia nyata.

Setelah menyaksikan postingan-postingan anaknya membuat David yang semula mengira dirinya mengenal putrinya, ternyata sebenarnya tidak mengenal anaknya sama sekali. Bahwa Margot banyak mencurahkan pikirannya di sosial media, juga mencari dukungan dari orang-orang yang tidak dikenalnya. Bahwa Margot masih sangat terluka karena kehilangan ibunya, sementara ayahnya sudah tidak membicarakan Pamela lagi.

Salah satu temannya di youcast adalah fish n chips yang mengaku bernama hannah. fish n chips mengatakan butuh uang untuk biaya rumah sakit ibunya yang terkena kanker. David kemudian meneruskan info fish n chips kepada detektif, namun Vick berkata sudah mengeceknya.

Hilangnya Margot masuk ke berita. Dari investigasi, ditemukan mobilnya di dalam danau dengan 2500 dollar masih ada di sana. Hashtag find margot menjadi trending. Beberapa menyalahkan David sebagai orang tua. Bahkan anak-anak yang tidak dekat dengan Margot, termasuk anggota grup biologi mendadak mengupload video sambil menangis, mengatakan dia merindukan Margot.

Lalu sebenarnya apa yang terjadi pada Margot? Apakah David dapat menemukan putrinya kembali dalam keadaan selamat? Tonton ya an1mareaders, dijamin gak nyesel karena movie ini sungguh unik.
Hampir sepanjang film, penonton disuguhkan interaksi antar aktornya melalui berbagai media sosial populer. Pesannya mengenai hubungan anak dan orangtua di era digital ini layak banget ditonton.


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 9 September 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage