NH. DINI: Namaku Hiroko, Hati yang Damai

https://www.youtube.com/watch?v=6bCBO4vb9kg


NH. DINI: Namaku Hiroko, Hati yang Damai
Aswin Chandra


Namaku Hiroko, Hati yang Damai, Pada sebuah Kapal juga La Barka, pernah dengan judul-judul tersebut an1mareaders?

Yup! Pengarangnya adalah Nh. Dini. Pemilik nama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin, lahir tanggal 29 Februari 1936 di Semarang, Jawa Tengah.

Sebenarnya Nh. Dini bukan sekadar novelis yang ceritanya banyak berlatar negara-negara luar Indonesia lho an1mareaders! Beliau juga menulis cerita pendek, drama, juga puisi.

Saat kecil, Nh. Dini bercita-cita menjadi masinis. Ia menyadari bakat menulisnya saat gurunya mengatakan tulisannya yang terbaik di antara tulisan teman-temannya

Keseriusannya dalam dunia mengarang cerita  tampak sejak bangku sekolah. Memilih jurusan sastra saat di SMA, Nh. Dini bergabung menjadi redaksi di majalah remaja Gelora Muda.  Membentuk kelompok sandiwara di sekolah yakni Pura Bhakti juga kelompok sandiwara radio, Kuncup Berseri di Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang.

Selain pernah bekerja sebagai penyiar RRI Semarang, Nh. Dini juga pernah menjadi pramugari di Garuda Indonesia Airways (GIA). Tahun 1960 Nh. Dini menikah dengan Yves Coffin, diplomat Perancis. Bersama suaminya, Nh. Dini sempat tinggal di Jepang, Kamboja, juga menetap di Perancis. Tahun 1980, Nh. Dini pulang ke tanah air setelah bercerai dengan suaminya.

Beliau menganggap adegan dewasa yang muncul dalam karyanya sebagai hal yang wajar. Karya tulisnya juga sering mengungkapkan perjalanan hidupnya.

Buku Pada Sebuah Kapal memerlukan proses selama hampir sepuluh tahun padahal jadi diketik dalam sebulan. Meski berpuluh-puluh tahun berkarya, Nh. Dini mengakui menjadi penulis tidak mudah.

Tapi jangan menyerah An1mareaders, momen tiap orang berbeda, ada juga novelis yang namanya dikenal dengan cepat, ada juga yang lambat, kuncinya adalah terus berkarya, banyak berpromosi, banyak membuat network, dan konsisten, maka nama seorang novelis suatu saat akan dicatat sejarah, apalagi novelnya memiliki internationsal standard book number (ISBN).

Di mana bila sejilid buku An1mareaders sudah terbit dengan ber-ISBN, maka nama An1mareaders sebagai novelis sudah dicatat bersama penulis-penulis kaliber dunia lainnya, tinggal namanya dikenal, dan mudah-mudahan kesuksesan dari segi ekonomi pun menyusul. 

Berikut beberapa judul karya Nh. Dini

Cerpen : Penungguan (1955), Kelahiran (1956), Pagi Hudjan (1957), Persinggahan (1957), Pengenalan (1959), Sebuah Teluk (1959), dan Hati yang Damai (1960).

Puisi : Bagi Seorang yang Menerima ( 1954); (2) Penggalan (1954); (3) Kematian (1958)

Novel: Hati yang Damai (1961), Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975), Sebuah Lorong di Kotaku (1976), Namaku Hiroko (1977).





Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 8 Agustus 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free