ALITA : Battle Angel


ALITA : Battle Angel
Wulan Ardhana

Directed by : Robert Rodriguez
Screenplay by: James Cameron and Laeta
Kalogridis and Robert Rodriguez
Produced by : James Cameron and Jon Landau
Cast : Rosa Salazar, Christoph Waltz, Jennifer Connelly, Mahershala Ali, Ed Skrein, Jackie Earle Haley, Keean Johnson


Movie berdasarkan seri komik “Gunnm" oleh Yukito Kishiro, dari visionary moviemakers James Cameron (AVATAR) dan Robert Rodriguez (SIN CITY), terkreasi karya ALITA: BATTLE ANGEL, petualangan epic dalam menggapai harapan.

Saat Alita (Rosa Salazar) terbangun tanpa  memori tentang siapa dirinya di masa depan yang tidak dikenalnya. Dia tinggal bersama Ido (Christoph Waltz), seorang dokter yang peduli pada cyborg rongsokan yang tinggal kepala dan area dada saja yang tersisa di suatu tempat pembuangan rongsokan.

Alita kemudian mengisi hidup barunya dengan belajar, dan bertahan hidup di kota yang kejam, Iron City. Ido selalu berusaha melindungi diri Alita dari masa lalunya, saat Alita akhirnya berteman dengan teman barunya bernama Hugo (Keean Johnson).

Hugo menawarkan jasa kepada Alita untuk membantu mengingat siapa dia di masa lalunya. Tetapi ternyata pengungkapan masa lalu ini membuat Alita dikejar-kejar oleh rezim pemerintahan kota.

Alita dianggap berbahaya oleh rezim pemerintah karena menguasai kemampuan beladiri dan tempur yang unik, hal ini yang menyebabkan rezim pemerintah akan melakukan tindakan apa pun untuk mengontrol kekuatan yang dimiliki Alita.

https://redcdn.net/pubphoto/10/14/61/7__content_10_700x934.jpg

Mampukah Alita bertahan, menyelamatkan teman-temannya, keluarganya, dan kota di mana dia tumbuh?

Movie ini unik karena menggabungkan animasi 3D dengan live action yang disengaja bukan merupakan bagian dari visual effects, tetapi Alita dibiarkan tetap terlihat animasi, dalam hal ini sebagai kode tampilan dan identitas bahwa Alita adalah android dan lainnya adalah droid (manusia).

Tampilan ini memberi “tamparan” yang mengena bagi yang suka melihat movie Toy Story, di mana seharusnya Andy pemilik boneka Woody adalah benar-benar manusia, bukannya sama-sama karakter animasi juga.

Dan yang terpenting lagi adalah, filosofi muncul di sana, di mana dalam trailer-nya (promo movie) terlihat Alita memberikan hatinya yang berupa kumpulan unit yang membuat degup jantung buatan baginya.

Filosofi tentang apakah robot, android memiliki jiwa? Di mana filosofi ini juga muncul dalam cerita MINDPORTER: Mindporting to Plante pada scene di mana Nio Ell berbincang dengan Galaxia, Smart Exo Liquid Armor.

Perbincangan filosofi ini dapat dilihat di:
https://www.an1mage.org/2017/10/mindporter-mindporting-to-plante-di.html

Penulis copy-kan beberapa dialog yang menarik untuk disimak mengenai filosofi apakah android dan atau Smart Exo liquid Armor memiliki jiwa?

"Baiklah Galaxia, tugasmu sebagai Exo Liquid Armor telah selesai," ucap Nio Ell.

Mendadak baju armor ala astronot Nio Ell melumer dan membentuk tubuh wanita cantik species Kronka dengan baju seksi super ketat berwarna silver.

"Teknologi Exo Liquid Armor Kronka memang mengagumkan, selain untuk perisai, sekaligus untuk senjata, dan juga teman berbincang yang andal," ucap Nio Ell.

"Sayangnya kalian sama seperti robot lainnya, walaupun dapat berubah bentuk sesuai keperluan," tambah Nio Ell.

"Aku tidak hanya robot metal seperti lainnya, aku robot cair dan aku punya memory, serta mampu memberi solusi pada permasalahan Kronka," Jawab Galaxia.

"Ya aku kesepian, dari seluruh awak pesawat Motharant ini hanya aku yang mahluk hidup sungguhan, sisanya robot metal dan satu robot cair yang mengaku memiliki jiwa!" teriak Nio Ell.

Apakah Alita memiliki jiwa? Mari dilihat bersama, Alita akan dijadwalkan tayang  sinema pada 21 Desember 2018, sepertinya Alita merupakan salah satu movie yang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga pemikiran filosofi yang mendalam tentang jiwa.

Konflik yang menarik bagi An1mareaders yang tidak percaya bahwa robot  atau android dapat memiliki jiwa bukan?


Preview movie ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 6 Juni 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage