NGANIMASI INDONESIA: Indonesia Animation Industry Data



Buku ke 5 kaya Mas Be “NGANIMASI INDONESIA; Indonesia Animation Industry Data” tampil bilingual yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), setebal 334 halaman yang berisi tentang: 56 IP (Intellectual Property) animasi dan 15 short movie karya terbaik putra bangsa Indonesia; disertai dengan data 49 studio animasi.

Yang tidak kalah penting adalah data tentang pendidikan dasar animasi; menampilkan 135 SMK – Sekolah Menengah Kejuruan yang mengajarkan animasi, 44 Universitas dan Sekolah Tinggi, dan 22 komunitas & lembaga pelatihan animasi.

Dilengkapi 7 event tahunan animasi seperti Hellofest, Popcon Asia, BIAF – Baros International Animation Festival, dan sejenisnya dan AINAKI – Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia. Buku Nganimasi Indonesia (NI) diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo, Jakarta, Indonesia pada April 2018.

Mas Be dengan kostumnya yang khas

Ke 4 buku lainnya adalah “Nganimasi Bersama Mas Be” Elexmedia Komputindo, Jakarta 2013, “Karakter UNYU Nganimasi” Binus Media & Publisher, Jakarta 2014, “7 Steps Korean Chibi – Unyu” HMT comic book, Manila-Jakarta 2015, “Jakarta Coloring Book” Penerbit Haru, Jakarta 2016.

Visi buku Nganimasi Indonesia (NI) adalah
agar animasi karya bangsa Indonesia dikenal di negara-negara Asia Tenggara dan dunia. Kenyataannya bahwa IP karakter animasi yang mendunia; harus dikenal dan disukai di negara sendiri dulu dan baru kemudian diekspor ke negara lain.

Misi buku NI berisi dengan gudang data mengenai industri animasi; meliputi IP animasi, pendidikan, studio animasi, acara tahunan dan asosiasi animasi di Indonesia; diharapkan industri kreatif khususnya industri animasi Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri; dan kemudian mampu mengekspor desain karakter dan animasi karya khas Nusantara yang dapat diterima di kancah internasional.

Kritisi tentang IP animasi sejauh ini; adalah bahwa data IP animasi karya putra-putri bangsa Indonesia yang penulis dapatkan; sebanyak 64% berupa karakter manusia dan hanya 36% saja yang berupa hewan dan benda-benda rekaan.

Artinya animator dan desainer karakter di Indonesia masih jengah untuk berinovasi menciptakan karakter yang sangat tidak lazim, pemirsa akan sangat berharap bahwa karakter yang berbentuk manusia - kelakuan dan tingkah-lakunya harus seperti manusia pada umumnya - contohnya Si Juki yang sekarang sedang nge-top.

Sedangkan karakter yang bukan manusia; akan lebih banyak celah dalam berkarya, namun harus didukung riset dan survei yang panjang dan memadai. Contohnya karakter animasi SpongeBob yang mempunyai bentuk, kelakuan serta dunianya sendiri.

Indonesia mempunyai 34 provinsi; bila masing-masing provinsi memiliki setidaknya 3 karakter IP animasi, diharapkan Indonesia akan memiliki lebih dari 100-an karakter. Kenyataannya karakter IP yang mewakili daerah di Indonesia masih sangat langka, bahkan belum ada.

Artinya hal ini membuka kesempatan yang sangat luas untuk menghadirkan karakter IP animasi yang sangat meng-Indonesia. Karenanya buku NI menghadirkan sejumlah karya IP animasi yang hadir memperkaya khasanah industri animasi di negeri ini; semoga bisa menjadi referensi sekaligus refleksi sejauh mana putra-putri bangsa berkarya.

Rencana kelanjutan buku NI akan muncul versi e-book enam bulan ke depan, tentu saja dengan e-book harga buku akan lebih terjangkau. Kemudian sedang didiskusikan untuk kemungkinan muncul website atau application NI; yang datanya bisa update berkala agar pemirsa selalu mendapatkan informasi terbaru dalam industri animasi.

Semoga akan ada buku NI edisi berikutnya, mungkin berkala setiap dua sampai tiga tahun; sehingga data industri animasi tidak berhenti hanya sampai buku NI ini rilis.

Bagi rekan-rekan semua yang mengetahui data-data seputar industri animasi; mohon agar bisa mengirimkan email ke si.bambi@gmail.com misalnya mengetahui informasi bahwa di daerah rekan-rekan terdapat SMK, Sekolah – Universitas yang mengajarkan animasi atau studio animasi maupun komunitas animasi.

Terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah sukarela membantu memberikan data-datanya untuk buku NI; dengan catatan bahwa copyright atau HAKI setiap IP animasi adalah milik masing-masing kreatornya.

Salam Nganimasi!

* Buku ini juga berisi bonus “flip book” di ujung kanan-kiri bawah buku NI di mana ada 12 animasi masing-masing dengan sebanyak 30 frames.





Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 4 April 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free