PELUKIS: IDA BAGUS MADE POLENG

IDA BAGUS MADE POLENG
Guntur Tri Wibawa


http://www.we-painting.com/ida-bagus-made


Ida Bagus Made Poleng lahir di Banjar Tebesaya, Gianyar. Ida Bagus Made Poleng berpendapat lukisan adalah sebagian dari jiwanya. Baginya, seorang pelukis hidup di dunia fana juga dalam lukisannya. Oleh karenanya, sulit baginya untuk menjual karyanya.

Ayahnya, Ida Bagus kembeng (1897-1952), adalah seorang pelukis terkenal yang memenangkan penghargaan bergengsi Medali Perak pada tahun 1937 di International Colonial Art Pameran di Paris.

Selain belajar melukis dan mengukir dari ayahnya, Ida Bagus Made Poleng juga belajar melukis pada Rudolf Bonnet. Sehari-hari, Ida Bagus Made Poleng hanya melilitkan sarung di pinggang, tidak berbaju atau mengenakan alas kaki. Dengan pakaian ini, ia bisa keluyuran ke mana saja.

Meski tidak mengenyam pendidikan formal, dan hanya bisa menulis dalam aksara Bali, karyanya tersebar di berbagai negara. Misalnya, di PBB, New York Museum of Modern Art (MOMA), Royal Tropical Institute Museum (Amsterdam) dan Royal Museum Etnografi (Leiden).

Untuk dalam negeri, lukisannya dikoleksi Presiden Soekarno di masanya, Museum Puri Lukisan, Museum Neka, Agung Rai Museum of Art. Meski begitu Ida Bagus Made Poleng sering merasa berat saat lukisannya dibeli orang, maka dari itu beberapa lukisannya ia bungkus rapi dan ia simpan saja.

Pameran dalam negeri pernah diikutinya di Batavia, Bandung, Tegal, Medan, Palembang dan Surabaya.

Ida Bagus Made Poleng meninggal di 1999.




Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 4 April 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage