PENEMU: WILHELM CONRAD RONTGEN


http://www.sunsetradiology.net/uploads/1/0/5/8/10588004/7000712_orig.jpg?278

WILHELM CONRAD RONTGEN: 
Penemu Sinar-X 
Kevin Putranto


Wilhelm Conrad Röntgen lahir di Lennep, Jerman, 27 Maret 1845 adalah fisikawan Jerman penerima Penghargaan Nobel dalam Fisika pertama tahun 1901, atas penemuan sinar-X. Gelar doctor didapatkannya tahun 1869 dari Universitas Zurich.

X-ray ditemukan ketika Rontgen tengah melakukan percobaan dengan aliran arus listrik dan tabung sinar katode pada 8 November 1895.

Sinar katode yang memiliki pancaran elektron adalah arus elektron yang diamati di dalam tabung vakum, yaitu tabung kaca hampa udara yang dilengkapi oleh paling sedikit dua elektrode logam yang diberi tegangan listrik, katode atau elektrode negatif dan anode atau elektrode positif.

Pada percobaan tersebut, Röntgen sudah sepenuhnya menutup tabung sinar katode dengan kertas hitam tebal sehingga meskipun sinar listrik dinyalakan, tidak ada cahaya yang bisa terlihat dari tabung. Namun, ketika ia menyalakan arus listrik di dalam tabung katode, ia melihat cahaya mulai memijar pada layar yang terletak dekat bangku seperti didorong oleh sinar lampu. la kemudian memadamkan arus listrik pada tabung dan cahaya pada layar pun berhenti memijar.

Karena tabung sinar katode tertutup sepenuhnya, Röntgen menyadari bahwa telah terbentuk suatu radiasi yang tak terlihat. la menamai sinar misterius yang tak terlihat itu sebagai sinar-X. "X" merupakan lambang matematik untuk sesuatu yang belum diketahui. Sinar-X dapat menerobos melalui berbagai benda yang tak tembus cahaya biasa. Röntgen menemukan bahwa sinar-X dapat menembus langsung daging, tetapi berhenti pada tulangnya.

Fotografi sinar-X pertama adalah foto dari objek logam dan tulang tangan istrinya. Saat itu penemuan Rontgen belum diketahui dapat merusak sel yang hidup di dalam tubuh manusia.  Kini rontgen atau sinar-X lazim digunakan untuk mengetahui bagian dalam tubuh manusia  Tidak hanya sinar-X, Rontgen juga meneliti elastisitas, gerak pipa rambut pada fluida, panas gas tertentu, konduksi panas pada kristal, penyerapan panas oleh gas, dan piezoelektrisitas. Röntgen meninggal dunia pada 10 Februari 1923 di Munich, Jerman karena penyakit karsinoma usus.

Wilhelm Röntgen's laboratory  at the University of Würzburg, di mana dia menemukan penemuan X-rays. https://www.nobelprize.org/nobel_prizes/physics/laureates/1901/rontgen_x-ray_room.jpg

Tangan dengan cincin: cetakan foto pertama sinar-X dari  Wilhelm Röntgen's. Menunjukkan tangan kiri istrinya  Anna Bertha Ludwig,dan foto ini ditunjukkan ke Professor Ludwig Zehnder of the Physik Institut, University of Freiburg, pada 1 January 1896.
https://www.nobelprize.org/nobel_prizes/physics/laureates/1901/rontgen_x-ray_photo.jpg


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 3 Maret 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free