UNIQUE CANGGU: Symphony In Diversity


UNIQUE CANGGU: Symphony In Diversity
I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan


Canggu adalah sewilayah desa di Bali yang merupakan salah satu destinasi andalan pariwisata. Desa Canggu memiliki hamparan pantai yang menjadi incaran para penggemar olahraga berselancar. Pantai di Canggu adalah salah satu spot atau sorga terbaik untuk para penggila olahraga berselancar. Selain pantai, dahulu Canggu juga memiliki kawasan asri pertanian dan menjanjikan ketenangan bagi wisatawan. Adanya peningkatan bidang pariwisata, tanpa disadari kawasan ini pun mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Persawahan mulai berubah dan seolah-olah menjadi pemukiman atau kawasan internasional karena banyak dihuni oleh wisatawan asing yang ingin menetap di Bali. Oleh sebab itu, banyak masyarakat lokal yang menyebut Canggu adalah kawasan kampung bule karena fenomena perubahan suasana desa tersebut.


Gambar 1: Bermain ombak di Canggu. Sumber: mavibalirentals.com

Berdasarkan posisi, Desa Canggu merupakan kawasan yang sangat strategis melihat kawasan tersebut berada pada jalur wisatawan beraktivitas. Posisinya yang tidak terlalu jauh dari Kuta dan Seminyak, membuat Canggu mengalami kemiripan suasana dengan daerah tersebut. Berdasarkan dampak yakni kemacetan dan perubahan kultur pada kawasan di Canggu, mengubah pula sudut pandang daerah setempat.

Namun demikian diakui bahwa Canggu masih tetap menjadi primadona dalam program pariwisata di Bali. Perkembangan terlihat pada banyak titik pada kawasan ini seperti halnya pertokoan, restoran, hotel berkelas, sarana hiburan dan banyak lagi media pendukung pariwisata lainnya. Tentu saja dengan adanya beragam media ini, sedikit tidaknya memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat setempat.

Namun pada September 2017 lalu terjadilah suatu kejadian bencana alam yang tidak terduga.
Kejadian tersebut yakni adanya peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Agung yang menyebabkan longsoran serta letusan pada kawahnya. Pemerintah daerah di Bali pun memberikan peringatan dengan adanya kejadian ini, daerah di Karangasem pun siaga dengan berbagai macam kemungkinan mengingat Gunung Agung berlokasi di Kabupaten Karangasem.

Walaupun jarak tempat kejadian letusan dan zona awas letusan sangatlah jauh dari Canggu, namun dampak berita meletusnya Gunung Agung berpengaruh sangat luas. Sektor paling keras merasakan dampak ini adalah sektor pariwisata di Bali. Penurunan dan kepulangan wisatawan sangat drastis pada masa itu. Sehingga kelesuan perekonomian pariwisata di Bali meluas lagi pada daerah-daerah destinasi wisata serta usaha-usaha yang bergelut pada bidang tersebut.

Gambar 2: Letusan Gunung Agung pada tahun 2017. Sumber: nytimes.com

Peningkatan aktivitas vulkanik diikuti dengan dampak pariwisata yang mengkhawatirkan memunculkan berbagai usaha positif pada masyarakat di Bali akan kejadian ini. Usaha tersebut dari kesigapan pemerintah dan masyarakat akan mitigasi bencana letusan Gunung Agung, juga usaha berbagai pihak untuk segera memulihkan pariwisata di Bali seperti sedia kala. Usaha-usaha ini tentu saja memerlukan kerja keras dan kerjasama dari berbagai pihak seperti halnya pengusaha, pemerintah dan masyarakat.

Semangat Unique Canggu
Pada situasi yang sulit muncul suatu usaha kreatif dari para pemuda di Canggu. Diawali dari semangat untuk membangun pariwisata desa di Canggu dengan membangun suatu ikon layaknya festival yang ada pada desa-desa wisata lainnya di Bali yang kemudian tanpa disadari ikut memberikan sumbangsih promo wisata pada masa bencana letusan Gunung Agung.

Satu tim yang mengatasnamakan Maha Art Organizer dari Canggu mengadakan suatu perhelatan pada 9 Desember 2017 lalu. Acara ini merupakan suatu semangat dari para pemuda di Canggu yang ingin merangkul para pengusaha yang mengembangkan usaha di Canggu untuk ikut terlibat membangun Desa Canggu. Namun usaha ini kurang mendapat respon dari para pengusaha, maka diambilah cara lain agar acara ini terlaksana. Pentolan dari Maha Art biasa dipanggil Acun yang merupakan pemuda Canggu kemudian mencari komunitas-komunitas yang eksis untuk ikut serta pada acara perdana ini.

Kerja keras membuahkan hasil, Maha Art mengumpulkan komunitas dari tato, bartender, fashion retail, musisi lokal, seniman, komunitas motor dan sponsor yang memiliki niat serta semangat yang sama. Acara Unique Canggu sendiri merupakan suatu festival lokal tahunan yang diadakan di Canggu Kabupaten Badung.


Gambar 3: Promo Unique Canggu 2017


Canggu Sebagai daerah pariwisata yang sangat maju, unique canggu memberikan strategi pemanggungan pengembangan pilar-pilar industri kreatif lokal yang berlokasi di sekitar daerah di Canggu dan bertujuan untuk memberi manfaat dan peluang yang lebih besar bagi masyarakat di Canggu khususnya. Tujuan lainnya ialah untuk memberikan wadah bagi generasi muda khususnya muda-mudi Desa Canggu untuk ikut berpartisipasi pada acara ini.

Sebagai wadah untuk menampilkan bakat dalam bidang seni, custom culture maupun industri kreatif lokal serta mempertemukan penggiat usaha kreatif lokal secara lebih luas yang selama ini kurang kurang memiliki pemahaman keberlangsungan hidup dan situasi di sekitar mereka. Secara umum, prestasi yang dihasilkan generasi muda dengan industri lokal mereka, akan memberikan dampak positif untuk kemajuan desa tanpa melupakan adat, tradisi, budaya yang adi luhung di Desa Canggu itu sendiri.

Acara ini diadakan pada salah satu sudut kawasan Canggu yang terkenal yakni di Jalan Batu Mejan yang merupakan kawasan ramai wisatawan. Acara Unique Canggu dengan dimeriahkan aksi tattoo on the spot, seniman mural yang menuangkan beragam ide pada media lukis tetunya memberikan nuasa seni yang mengasikkan.

Gambar 4: Para seniman menunjukkan bakat mereka

Selain suasana berkesenian, sajian makanan, diiringi pula dengan talenta dari musisi lokal yang melantunkan lagu lagu ciptaan mereka, dibarengi dengan suara custom bike dari komunitas motor menambah kemeriahan suasana yang ada.

Gambar 5: suasana kemeriahan Unique Canggu

Semangat kemeriahan dan suasana Unique Canggu diharapkan tidaklah sampai di sini saja.
Harapan besar pemuda desa di Canggu untuk memajukan desa mereka sepatutnya mendapatkan apresiasi yang lebih besar khususnya oleh para pengusaha di Desa Canggu serta badan atau instansi terkait. Besar harapan para pemuda untuk menjadikan Unique Canggu lahir menjadi lebih berkelas yakni Canggu Fest tahunan yang dapat merangkul dan mewadahi berbagai hal usaha kreatif dalam memajukan desa.

Tanpa disadari pula kegiatan ini berdampak positif pula memberikan solusi nyata dengan berbagai hal kejadian termasuk bencana alam yang sedang terjadi. Menumbuhkan kembali semangat pariwisata Bali khususnya gairah pariwisata di Desa Canggu.


Gambar 6: Mari bersulang dan bergebira penuh semangat


Liputan ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 3 Maret 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage