PELUKIS INDONESIA: SUDARSO - Dari Pengantar Susu dan Telur Jadi Seniman


SUDARSO: Dari Pengantar Susu dan Telur Jadi Seniman
Guntur Tri Wibawa


Sudarso lahir di Pancasan, Purwokerto, Jawa Tengah, 26 Juni 1914 merupakan pelukis di Indonesia yang pernah bekerja sebagai pengantar susu dan telur.

Kecintaannya pada seni rupa sudah ada sejak anak-anak dengan menggambar meniru bentuk tokoh-tokoh wayang kulit. Pendidikannya tamat Sekolah Dasar Arjoena School di Ajibarang, Jawa Tengah, tahun 1931. Namun mampu menjadi pengajar di STSRI ASRI (Sekolah Tinggi Seni Rupa/Akademi Seni Rupa Indonesia) selama 1951-1966 sebagai dosen yang berasal dari kelompok seniman.

Salah satu pelanggan Sudarso adalah Affandi, ia suka melihat Affandi melukis. Affandi kemudian memberikan sisa cat yang sudah mengeras ke Sudarso. Sudarso melukis menggunakan cat tersebut dan hasilnya membuat Affandi senang hingga mengajak Sudarso bergabung dalam Kelompok Lima Bandung yang berdiri tahun 1935. Selain belajar melukis dari Affandi, Sudarso juga belajar dari Barli.

Dari situ Sudarso mulai mengenal para pelukis lainnya. Pernah juga diundang ke Istana Merdeka untuk mengobrol dengan Bung Karno.

Sudarso sempat menjadi pemain ketoprak, sampai di tahun 1943 juga mengurus seni rupa POETERA (Pusat Tenaga Rakyat) pimpinan empat serangkai Soekarno, Hatta, Ki Hajar Dewantoro dan KH. Mas Mansjur.

Pameran tunggalnya yang pertama tahun 1960 di Kedutaan Argentina di Jakarta, lalu pada tahun 1969, pameran digelar di Balai Budaya.

Karya-karya Sudarso yang bergaya realis dengan perwarnaan yang remang dan muram, banyak mengenai wanita desa dengan kebaya yang sederhana, polos dan wajar. Sebagian besar berpose sedang duduk dengan gambar pemandangan alam sebagai latar.

Beberapa judul karyanya adalah 'Gajah Uwong', 'Wanita', 'Ibu dan Anak', dan 'Dik Kedah'.
Pelukis Sudarso wafat pada tanggal 20 Juni 2006 di Purwakarta, Jawa Barat, dimakamkan di Yogyakarta.






Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 3 Nomor 2 Februari 2018 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free