AUSTRALIAN TATTOO EXPO 2017

Seniman tato tertua membuat tato secara tradisional di Filipina. Sumber: http://philippinesreport.com/watch-oldest-hand-tap-tattoo-filipino-artist-work/


AUSTRALIAN TATTOO EXPO 2017: Ajang Tato Terbesar di Australia (Perth)
I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan


Sebercak Tinta Tato

Dunia tato dianggap memiliki dunianya sendiri. Hal ini disebahkan oleh berbagai hal negatif yang dikaitkan dengan tato. Kriminalitas, dunia hitam, urakan, bajingan dan banyak lagi opini yang mewarnai dunia tato.

Ini terjadi tidak hanya di Indonesia, namun di beberapa belahan dunia pun memiliki paradigma bahwa tato adalah hal yang tabu. Namun budaya tradisi berkata berbeda, dalam kenyataannya ada beberapa perkembangan budaya tradisional yang menyatakan tato adalah bagian dari kehidupan mereka.

Tato di Indonesia dalam kehidupan masyarakat tradisional seperti halnya Dayak dan Mentawai, atau belahan bumi lain seperti halnya Masyarakat Maori memaknai tato adalah budaya tradisi yang diwariskan.

Pada zaman serba cepat saat ini, teknologi memengaruhi kehidupan manusia. Tato pun mengalami transformasi di dalam dunianya. Motif bentuk, tujuan, makna dan hal terkait tato secara visual pun beragam.

Perkembangan teknologi juga yang memiliki peran evolusi perangkat tato yang sebelumnya tradisional melangkah menuju tato modern.

Berdasarkan perubahan dunia tato yang berkembang ini, pada akhirnya merambah pada suatu usaha yang mendatangkan keuntungan.

Selama ini, tato berada dalam ranah seni namun dikucilkan dalam urutan ekonomi kreatif (Terkait dengan opini tersebut akan di publikasikan pada kesempatan yang lain secara khusus).

Proses tato modern. Sumber: majestytattoobali.co.id

Bisnis tato mulai menjamur terutama pada daerah-daerah wisata. Berawal dari bisnis yang menjanjikan inilah mulai bermunculan peningkatan aktifitas dunia tato.

Majalah tato, kontes atau lomba tato, berbagai seminar tentang tato dan berbagai eksebisi bermuculan, tidak hanya di Indonesia tetapi di berbagai benua yang diadakan secara internasional.
Adanya berbagai event internasional, memberikan suatu perubahan sudut pandang yang mungkin saja saat ini mulai memudar oleh waktu.

Kontes tato internasional.Sumber: http://mediazink.com/athens-international-tattoo-convention/


Ajang Australian Tattoo Expo

Pada kesempatan ini penulis diundang dan berkesempatan hadir dalam salah satu ajang tato bergengsi di benua Australia yakni Australian Tattoo Expo (ATE) pada tanggal 15 sampai dengan 17 September 2017 lalu.

Berawal dari 2013 sampai dengan saat ini, Australian Tattoo Expo memiliki kurang lebih 57.000 pengunjung setiap tahunnya.

Setiap tahun Australian Tattoo Expo diadakan pada kota kota besar di Australia secara bergantian dan berkala dalam beberapa bulan selama 3 hari pada bulan yang dipilih. Kota pilihan tersebut seperti Sydney, Perth, Melbourne dan kota-kota besar di sekeliling Benua Australia.

Beberapa poster promo ATE. Sumber: www.tattooexpo.com.au

Ajang kreatifitas dan seni ini bertujuan untuk mempromosikan talenta-talenta seniman tato dari australia dan negara-negara lain di dunia. Menampilkan seniman-seniman tato berbakat, tren dan teknik tato yang berbeda menjadikan Australian Tattoo Expo sangat populer di kalangan seniman dan masyarakat Australia ataupun dunia yang menggemari tato.

Dapat dibayangkan semarak ajang ini dihadiri seniman berbakat dan ribuan pengunjung di satu tempat di bawah satu atap. Para penggemar dan kolektor tato tentu tidak akan melewatkan acara ini.

Suasana Expo. Sumber: www.eventfinda.com.au

Australian Tattoo Expo telah menampilkan lebih dari 750 Tattoo Artists di tiga negara bagian di Australia dan seluruh dunia di bawah satu atap.

Diakui secara internasional sebagai Acara Tattoo utama dan berkelas di Benua Australia, Australian Tattoo Expo didukung nama-nama besar dalam dunia tato yang membuat misi penerbangan panjang ke Australia serta  berpartisipasi dalam acara tersebut.

Australian Tattoo Expo, tidak hanya menampilkan lebih dari 300 seniman tato secara langsung di setiap negara bagian dan negara lainnya, dengan  prestasi tersendiri.

Australian Tattoo Expo memberikan atmosfer budaya dengan hiburan dan kompetisi sepanjang akhir pekan serta banyak penjual yang menjual beragam suvenir dan perlengkapan terbaik dari industri yang ditawarkan.

Selain daripada produk industri tato dan karya tato, banyak pula dijajakan desain original dalam bentuk poster langsung dari senimannya.

Produk retail dan desain yang ada.
Sumber: www.thecitizen.org.au


A.T.E. Perth

Pada September tanggal 15 sampai dengan tanggal 17, Perth menjadi kota pilihan Australian Tattoo Expo 2017.

Diadakan pada tempat yang sangat strategis di Perth City yakni hall Perth Convention Centre adalah tempat yang sangat representatif untuk mengadakan ajang ini.

Perth Convention Centre. Sumber: Dokumentasi pribadi

Pada kesempatan ini, terdapat lebih dari 250 seniman tato yang terlibat dan lebih dari 200 studio tato ikut serta dalam acara ini di antaranya dari Amerika, Eropa, Australia termasuk Indonesia.

Seniman tato Indonesia di antaranya berasal dari Jakarta, Surabaya dan seniman tato Bali yang paling mendominasi.

Sebanyak 23 seniman tato indonesia ini di antaranya dari studio Majesty Tattoo Bali, Balinesia, Kink Tattoo, Tattoo Familia, G’day Ink, Swordman, Luxury dan Bali Shadow.

Beberapa seniman tato Bali yang berpartisipasi Sumber: www.majestytattoobali.co.id

Ajang Australian Tattoo Expo 2017 ini, selain dari pada menampilkan seniman tattoo dari seluruh dunia, juga menyelenggarakan 16 kompetisi berbeda setiap harinya yang diikuti oleh setiap seniman tattoo yang terlibat dalam ATE.

Kategori kompetisi yang diadakan adalah best oriental, best polynesian, best dot & lines, best neo traditional, best lettering, best male/female collector, best sleeve, best collaboration tattoo, best multiday tattoo, tattoo of the day, tattoo of the show, small medium color, small medium black & grey, best potrait/realism dan best freehand.

Kompetisi dari setiap kategori disaring dari hasil karya terbaik dari seniman tato setiap harinya.
Hal yang patut dibanggakan, dalam kategori kompetisi bergengsi tersebut dimenangkan oleh 2 orang seniman dari Bali, Indonesia yakni Ukix Asmirantika dari studio tato Luxury Ink Bali dalam kategori tattoo of the day dan the best large black and grey.

Sedangkan Abenk Sila dari studio tato Bali Shadow Tattoo dalam kategori the best freehand tattoo. Hal ini tentu meningkatkan reputasi seniman tato Indonesia khususnya Bali dalam kancah tato skala internasional.

Sang juara dari Bali Abenk (kiri) dan Ukix (kanan)
Sumber: www.tattlas.com

Adanya kompetisi yang diadakan, Ukix dari Luxury Ink Bali masuk dalam putaran seniman tato dalam peringkat satu musim yang tertera dalam leaderbord yang sebelumnya belum pernah ada seniman tato dari Indonesia masuk dalam peringkat ini.

Tahun ini menandai dimulainya gaya baru kompetisi tato di pertunjukkan - Tattoo Series Awards.

Selain penghargaan individu per potongan tato, setiap karya seni tato yang dimasukkan dapat memenangkan poin bagi artis tersebut, yang skor kumulatifnya kemudian bisa memenangkan titel "Tattoo of the Show" atau suatu tempat pada podium untuk keseluruhan rangkaian dari 5 Tato Australia pada tahun 2017.

Salah satu Fuel girls beraksi di atas panggung. Sumber: www.tattooexpo.com.au

Satu pemenang medali emas akan menerima AU$10.000 dan kesepakatan dari sponsor. Akan sulit bagi artis internasional manapun untuk meraih posisi teratas.

Sebelum acara ini, tidak ada artis tato dari Bali atau Indonesia di antara artis papan atas dari event sebelumnya, namun Ukix mengukir hal tersebut.

Papan peringkat seniman tato berdasarkan tour tahunan ATE. Sumber: www.tattlas.com


Seni Pertunjukan di Atas Panggung A.T.E. Perth 2017

Selain menampilkan seniman tato berbakat dari seluruh dunia, panggung ATE juga menampilkan hiburan yang tidak kalah seru oleh seniman setempat di antaranya acara fuel girls yang menampilkan para wanita sexy yang berakrobat dan bermain api di atas panggung.

Kesemarakan acara didukung kembali dengan adanya penampilan Girls of Ink. Girls of Ink telah menjadi elemen penting dari Australian Tattoo Expo selama selama ini.

Namun, tim pertunjukan berpikir pada 2017 mengubahnya menjadi event nasional dengan penganugrahan gelar. Setiap negara bagian yang meraih Girls of Ink Winner, Runner Up dan Third Runners Up namun Winner diundang untuk datang ke final untuk memperebutkan gelar National Girls of Ink.

Para kontestan mengikuti Babak 1: Cosplay / Anime / Superhero, putaran 2: Bikini Comp dan putaran 3: Gaun Formal sebagai acara penobatan. Pemenang Girls of Ink akan membawa pulang $500 dan para runner up memenangkan hadiah uang tunai $ 250 per pertunjukan pada setiap negara bagian.

Pemenang tour dari Australian Tattoo Expo 2017, selain tambahan $500, dipromosikan sebagai model di Majalah Terfresi dengan kontrak senilai $950, paket hadiah sponsor utama dan diwawancarai oleh media publikasi.

Dukungan acara lain adalah pertunjukan dari The Australian Pin-up Pegeant. Acara ini menampilkan kontestan dengan pakaian vintage dan tradisional di atas panggung.

Girls of Ink berpose dalam cosplay superhero. Sumber: tattooexpo.com.au

Mereka adalah para kontestan mempertunjukkan skill mereka dan kebanyakan dari mereka adalah seniman dan model profesional yang telah diakui yang telah melakukan pertunjukan di berbagai negara bagian.

Sebagai akhir ulasan, rangkaian acara Australian Tattoo Expo pada tahun 2017 ini tour akan berakhir di kota Melbourne. Acara tersebut sekaligus sebagai tour akhir musim dari keseluruhan tour ATE pada tahun 2017. Ajang ini akan di mulai pada 1-3 desember di Melbourne dengan misi dan kemeriahan yang sama.

Para pemenang Australian Pin-up Pegeant 2017
Sumber: tattooexpo.com.au

Promo Autralian Tattoo Expo pada bulan Desember 2017.Sumber: tattooexpo.com.au


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 11 November 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage