PENEMU: JOHANNES GENSFLEISCH ZUR LADEN ZUM GUTENBERG


JOHANNES GENSFLEISCH ZUR LADEN ZUM GUTENBERG: 
Mesin Cetak
Kevin Putranto


Tahun 1400-an, dunia percetakan mengalami kemajuan karena inovasi yang dilakukan Gutenberg.

Dilahirkan sekitar tahun 1398 di kota Mainz, Jerman, Gutenberg merupakan putra bungsu dari Friele Gensfleisch zur Laden, dari istri keduanya Else Wyrich.

Sebelum zaman mesin cetak, kepengarangan tidak berarti karena sering terjadi salinan tidak identik dengan tulisan asli. Kadang nama pengarang perlahan menghilang.

Waktu itu, buku-buku dan surat ditulis dengan tangan dan terjadi banyak kesalahan ketika penyalinan. Penyalinan di masa itu juga lambat.

Meski begitu, Gutenberg bukanlah penemu mesin cetak karena sebelum dia, Bangsa Cina juga Korea sudah mengenal mesin cetak sederhana.

Yang membedakan karya Gutenberg adalah mesin cetaknya bergerak sehingga mampu mencetak buku dalam jumlah yang lebih banyak.

Mulanya, ia ingin mencetak surat pengampunan dalam jumlah banyak.

Gutenberg membuat sekitar 300 bentuk huruf tulisan tangan tegak bersambung. Selain cetakan huruf, dia juga mengurus tinta.

Salah satu tugas yang didapatkannya adalah menyiapkan Ensiklopedia Catholicon of Johannes de Janua, dengan tebal 748 halaman. Tiap satu halaman memiliki dua kolom dan tiap kolom terdiri atas 66 baris.

Penyempurnaan Guttenberg tidak sekadar penemuan alat, melainkan suatu gebrakan di bidang produksi secara efektif dan efisien. Mesinnya mampu memproduksi buku secara massal dengan biaya yang relatif terjangkau.

Penemunya berhubungan erat dengan penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan.

Guttenberg meninggal tahun 1468 di kota kelahirannya.



Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 10 Oktober 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage