TULAMBEN: Bebas Sampah Plastik


TULAMBEN: 
Bebas Sampah Plastik
https://www.facebook.com/widayanti.arioka 
Ni Wayan Widayanti Arioka


Satu hari, satu pulau, serentak bersihkan pesisir pantai pulau Bali.

19 Februari 2017 menjadi tanggal pelaksanaan kegiatan Bali’s Biggest Beach Clean Up. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari.

Menyatakan diri sebagai kegiatan pembersihan pantai terbesar di Bali, kegiatan ini membuktikan diri dengan melibatkan seluruh masyarakat untuk datang ke pantai terdekat dan membersihkan sampah. Tercatat lebih dari 65 pantai yang hari itu dibersihkan.

Di antaranya adalah pantai-pantai di Desa Tulamben, Karangasem. Pembersihan dilakukan di sepanjang garis pantai di Tulamben mulai dari sungai sebelah Barat situs selam Liberty Shipwreck hingga pantai Seraya di sebelah Timur Tulamben.

Kegiatan ini dikoordinatori oleh Kepala Desa dan Kepala Dusun Tulamben. Berbagai pihak dilibatkan, antara lain masyarakat di Tulamben, kelompok porter (buruh angkut), kelompok ibu-ibu massage (penyedia jasa pijat), kelompok nelayan, Operator Selam, NGO, pengusaha penginapan dan restoran sekitar.


Selain membersihkan pesisir pantai, masyarakat juga membersihkan area parkir pengunjung pantai lokasi selam Liberty. Para penyelam lokal yang tergabung dalam Organisasi Pemandu Selam Tulamben, bersama dengan Coral Reef Alliance dan komunitas Trash Hero Indonesia atau eco warrior juga melakukan pembersihan di bawah laut. Lokasi penyelaman Coral Garden dan Kuanji menjadi lokasi pembersihan.

Kegiatan pembersihan pantai di Tulamben ini menghasilkan sekitar 1,4 ton sampah anorganik, yang sebagian besar merupakan sampah plastik. Sampah ini kemudian diangkut oleh pengelola TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) Desa Tulamben dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Karangasem untuk dibawa ke TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Karangasem.

“Kegiatan pembersihan pantai di Tulamben tidak hanya dilakukan hari ini saja”, ungkap Nyoman Suastika, Kepala Dusun Tulamben.

Menurut dia, kegiatan pembersihan pantai dan area sekitarnya merupakan program rutin masyarakat di Tulamben. Masyarakat sendiri menganggap kegiatan yang diberi judul Bali’s Biggest Beach Clean Up ini merupakan kegiatan kerja bakti yang biasa mereka lakukan setiap bulannya.

Kebersihan pantai sangatlah penting untuk dijaga mengingat pantai merupakan tempat rekreasi favorit masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Bali. Termasuk pantai dan pemandangan bawah laut di Tulamben yang merupakan daya tarik wisata dari desa yang terletak di Timur area Bali ini.



Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 3 Maret 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free