TUGU RAFFLES: Kebun Raya Bogor


TUGU RAFFLES:
Kebun Raya Bogor
Archana Universa


Selain dipenuhi dengan tanaman-tanaman menarik, Kebun Raya Bogor juga memiliki beberapa bangunan yang terdapat di dalamnya.

Tugu Raffles dapat ditemukan tidak jauh dari pintu masuk utama. Dengan bentuk mirip gazebo, bangunan bernuansa putih ini dihiasi ukiran klasik eropa.

Thomas Stamford Raffles dikenal sebagai salah seorang inisiator yang berdirinya Kebun Raya Bogor, dibantu rekannya Prof. Dr. C. G. C. Reindwart.

Area di sekitar tugu ini dikelilingi oleh pepohonan rindang. Juga terdapat bangku-bangku untuk pengunjuung.
Sir Thomas Stamford Bingley Raffles lahir di Jamaica pada 6 Juli 1781. Ia berkewarganegaraan Inggris (United Kingdom).


Di Indonesia ia dikenal sebagai Gubernur pada masa Hindia Belanda. Selain di negara kita, Raffles juga dikenal sebagai pendiri kota dan negara Singapura, juga pernah dikirim ke area Penang, Malaysia.

Menjadi Jenderal Gubernur di Jawa pada tahun 1811-1816, Raffles menunjukan ketertarikannya pada budaya dan sastra Jawa.

Ia menulis History of Java di London pada tahun 1817 dalam dua jilid, juga  History of the East Indian Archipelago di Eidenburg pada tahun 1820 dan yang dibagi dalam tiga jilid.

Raffles juga aktif mendukung Bataviaach Genootschap, sebuah perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

Tahun 1814, ketika meneliti dokumen-dokumen sejarah Melayu Raffles menemukan hal yang berhubungan mengenai penemuan purbakala di sekitar Magelang, Jawa Tengah.

Ia memerintahkan area lokasi yang berupa bukit dibersihkan dan menemukan Candi Borobudur. Raffles juga membicakan keberadaan Candi Penataran yang berlokasi di sebelah Utara Blitar (Jawa Timur).

Candi ini ditemukan pada 1815 bersama seorang naturalis dan ahli kedokteran berkebangsaan Amerika, Thomas Walker Horsfield.

Raffles meninggal sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-45, pada 5 Juli 1826, karena apoplexy atau stroke. Namanya digunakan sebagai nama salah satu dari bunga nasional Indonesia, Rafflesia Arnoldi.


Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 2 Nomor 1 Januari 2017
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa



Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free