MOVIE: TRANSCENDENCE - Transfer Memori ke Teknologi Digital


TRANSCENDENCE:
Transfer Memori ke Teknologi Digital
M.S. Gumelar


Produser           : Andrew Kosove, Broderick Johnson, David Valdes, Kate Cohen, Annie Marter, Marisa Polvino
Sutradara                 : Wally Pfister
Penulis Naskah : Jack Paglen
Aktor dan Aktris : Johnny Depp, Paul Bettany, Rebecca Hall, Kate Mara, Cillian Murphy, Morgan Freeman, Clifton Collins Jr., Josh Stewart, Cole Hauser, Cory Hardrict


Dr. Will Caster (Johnny Depp) adalah seorang ilmuwan genius. Dengan bantuan sang istri, Evelyn (Rebecca Hall), Will telah mengembangkan suatu program Artificial Intelligence (A.I.)

A.I. ini tidak hanya memiliki berbagai pengetahuan, tapi juga mempunyai kesadaran layaknya manusia.
Bahkan kecerdasan ini dinilai akan dapat melampaui kecerdasan manusia karena berasal dari kecerdasan kolektif. Pengembangan ini mendapat tentangan dari para ekstremis yang mengatas namakan diri mereka sebagai Revolutionary Independence From Technology (R.I.F.T.)

Will ditembak saat memberikan presentasi mengenai kecerdasan buatan yang akan mengubah dunia dan akan mempercepat proses kemajuan teknologi.

Peluru yang mengenai tubuhnya tidak membunuhnya, tapi peluru sudah dilapisi dengan polonium. Dr. Will Caster hanya punya waktu 1 bulan untuk hidup. Evelyn dengan bantuan sahabatnya Max (Paul Bettany) berusaha meng-upload kesadaran Will kedalam computer.

Evelyn menghubungkan otak suaminya ke komputer, mentransfer pengetahuan, bahasa, serta suaranya dan di kombinasikan dengan kecerdasan buatan yang telah dikembangkannya. Evelyn berharap, meski suaminya mati, kesadaran dan pikiran sebagai memori data milik Will akan tetap hidup.

Will akhirnya mati, namun usaha istrinya berhasil. Meski Evelyn bahagia karena merasa suaminya kembali, Max justru yakin bahwa sosok itu bukan Will dan akan membahayakan umat manusia. Max meminta men-shutdown system yang ada, namun Evelyn tidak mau.

Kemudian Will meminta agar kesadarannya dihubungkan ke internet dan pasar saham sehingga dapat mengeksplorasi berbagai hal di seluruh dunia. Evelyn kemudian pergi ke tempat terpencil dan membangun super komputer di sana juga ribuan sistem panel surya dengan dana yang Will dapat dari pasar saham.


Kota berteknologi tinggi itu bernama Brightwood. Dua tahun berikutnya, A.I. Will terus berkembang hingga dapat mengatasi berbagai penyakit menggunakan nano teknologi. Melalui teknologinya, Will menjanjikan terhentinya polusi, penyakit, bahkan kematian.

Agen FBI Donald Buchanan (Cillian Murphy) bersama ilmuwan pemerintah Joseph Tagger (Morgan Freeman) berupaya menghentikan Will. R.I.F.T. juga mengembangkan virus komputer yang dapat menghapus Will meski implikasinya teknologi berbasis komputer dapat hancur.

Sementara itu, super komputer Will membentuk tubuh Will yang identik dengan Will sebelum mati.Penyerangan R.I.F.T. membuat Evelyn terluka, ia bahkan diancam Bree (Kate Mara), pimpinan R.I.F.T untuk mengunggah virus atau Max akan tewas.

Menurut Evelyn, tidak ada orang yang sepantasnya mati karena kesalahannya juga kesalahan Will. Will memilih menyelamatkan orang yang dicintainya dari pada menyelamatkan peradaban teknologi. Will menyatakan ia selama ini berusaha menyelamatkan planet seperti yang diinginkan istrinya.

Setelah Will dan Evelyn mati, teknologi global hancur. Pesan yang disampaikan adalah tidak semua manusia siap dengan perubahan yang lebih baik, ada beberapa manusia yang takut dengan perubahan dan menggunakan nama tuhan sebagai alat untuk menghancurkan perubahan tersebut.

Perubahan yang sebenarnya membebaskan, tetapi sayangnya evolusi manusia “merasa” sempurna baru sebatas tubuh, belum pada evolusi pikiran dalam kebijaksanaan.


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 4 April 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free