Tol Bali Mandara



Jalan tol ternyata gak cuman ada di Jawa aja lho An1mareaders! Bali juga punya, namanya Tol Bali Mandara. Yang artinya Bali yang agung, aman, tenteram, dan sejahtera.  

Tol Bali Mandara merupakan tol di atas laut pertama yang ada di Indonesia. Tol sepanjang 12,7 km ini diresmikan Presiden SBY di tahun 2013.

Rute Bali Mandara yang pembangunannya memakan waktu 14 bulan dan dana sebesar 2,4 triliun ini menghubungkan Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa dan Nusa Dua.

Dalam pembuatannya, sekitar 14.000 tiang pancang dengan dibenamkan. Adapun kedalaman laut bervariasi antara 5-30 meter sehingga beberapa tiang harus disambung.

Dan karena air laut mampu menyebabkan korosi, sambungan tiang pancang dilapisi dengan bahan anti karat seperti Petro Paste, Petro Tape dan HDPE (High Density Polyethylene).

Ssst! Gak cuman buat mobil, pengendara motor juga bisa melewati Tol Bali Mandara lho An1mareaders!
Karena pembangunannya di atas laut yang berarti anginnya lumayan kenceng, di tiap gerbang tol dipasang alat pengukur kecepatan angin. Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara. (ARC)



Liputan ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 4 Juni 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa























Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage