TERMINAL 3 ULTIMATE: Modern & Efek Rumah Kaca


Pernah naik pesawat dari dan atau menuju Jakarta, an1mareaders?

Bandara Internasional Soekarno Hatta merupakan salah satu pintu masuk ke Indonesia. Bandara ini merupakan bandara utama Jakarta yang ini mulai beroperasi pada tahun 1985.

Namanya diambil dari tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang sekaligus merupakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama.

Terminal 3 Soekarno-Hatta mulai beroperasi pada Selasa 9 Agustus 2016. Untuk berangkat penerbangan di terminal berkonsep modern ini, kalian akan melewati fly over karena di lantai bawah merupakan akses untuk kedatangan.

Terminal 3 Ultimate memiliki banyak gerai-gerai yang menjual makan, pakaian juga beberapa pernak-pernik.

Ada juga eskalator horizontal yang akan membawa penumpang pesawat ke gate di mana pesawat yang akan mereka tumpangi berada.

Tambahan infomasi, ada sekitar 17 gate di terminal ini, jadi lumayan capek kalau an1mareaders jalan dari ujung ke ujung, itung-itung olahraga hehehe....

Di ruang tunggu terdapat kursi-kursi nyaman yang menghadap ke area lepas landas juga pendaratan (runway), termasuk taxi way.

Di bandara ini banyak televisi juga area charging untuk gadget, jadi an1mareaders gak bakal bosen buat nunggu boarding.

Hanya saja karena gedung ini kebanyakan dari kaca sehingga memberi efek rumah kaca, sebab Indonesia  bukan negara dingin oleh karena itu rumah kaca (green house) yang di daerah dingin digunakan untuk menghangatkan tanaman yang hanya hidup di musim panas menjadi dapat bertahan di  musim salju.

Apakah hal ini sudah diperhitungkan oleh arsiteknya? Bagaimana dengan pemborosan energi listrik? AC tidak terlalu terasa ketika siang hari dan matahari bersinar terik menjadi bertambah dengan efek rumah kaca.









Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 3 Maret 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage