Terjebak Pengulangan Waktu: EDGE OF TOMORROW


Genre     : Sci-Fi
Sutradara : Doug Liman
Pemain     : Tom Cruise, Emily Blunt,  
                    Brendan Gleeson
Release   : 6 June 2014


Bagaimana jika an1mareaders terbangun dan kembali ke hari kemarin? Begitu terus sampai misi kalian tercapai?

Edge of Tomorrow merupakan movie sci-fi yang diadaptasi dari novel Jepang berjudul All You Need is Kill. Penulisnya adalah Hiroshi Sakurazaka.

Ceritanya mengenai saat bumi diserang oleh ras alien bernama Mimic.  Untuk menghentikan invasi, seluruh negara di  Bumi bersatu dengan membentuk United Defense Forces (UDF).

Tokoh utama dalam movie ini adalah Cage yang diperankan Tom Cruise. Ketika bertemu Jenderal Brigham, Cage diberikan tugas maju ke medan perang sebagai seorang prajurit padahal selama ini ia bertugas sebagai humas.

Jendral Brigham menganggap Cage berbahaya karena dapat menggiring opini publik bahwa kekalahan perang melawan Alien terjadi karena kesalahan atasannya.

Karena Cage tidak memiliki pengalaman dan kemampuan berperang, ia berusaha menolak. Namun Cage kemudan dibuat pingsan dan bangun di Pangkalan Udara Heathrow, Inggris dalam keadaan di borgol. Ia juga melihat iklan pahlawan seorang wanita.


Ketika sadar, Cage bertemu dengan Sersan Farell. Cage mencoba menjelaskan kalau dirinya adalah humas, tapi menurut data yang ada di Sersan Farell Cage merupakan perwira gadungan dan prajurit yang melarikan diri karena tidak mau ikut perang.

Cage kemudian bergabung dengan pasukan  J dengan menggunakan pakaian robot yang dilengkapi dengan berbagai senjata yang ia tidak tahu cara menggunakannya.

Mendadak pesawat yang ditumpanginya ditembak musuh. Peperangan terjadi. Banyak teman-temannya yang tewas dalam pertempuran melawan alien.

Mimic digambarkan sebagai alien dengan banyak tentakel, bahkan dapat muncul dari dalam tanah.

Cage kesulitan untuk melawan karena ia bahkan tidak mengerti cara menggunakan senjata. Kemudian ia melempar bom ke arah salah satu Mimic. Berhasil, bom meledak membunuh Mimic tersebut dan darahnya mengenai wajah Cage.

Mendadak Cage terbangun di halaman markas militer lagi.  Ia mengulang hal-hal yang sama. Melihat iklan pahlawan wanita, bertemu Sersan Farell, bergabung dengan pasukan J, dan kembali berperang.

Ketika Cage tewas dalam peperangan, pengulangan kembali terjadi. Ia kembali di halaman markas militer hingga ia bertemu dengan Rita Vrataski yang diperankan Emily Blunt. Sebelumnya Cage sudah melihat wanita itu dari iklan pahlawan yang dilihatnya.


Cage menceritakan kan tentang pengulangan yang dialaminya dan ingin tahu apa yang sebenarnya ia alami. Vrataski  kemudian berpesan agar Cage mencarinya ketika terbangun lagi.

Ketika Cage kembali terbangun di halaman markas militer, ia berusaha mencari Vrataski . Ia harus berusaha berulang kali hingga akhirnya menemukan Vrataski  di area latihan. Cage mengatakan bertemu dengan Vrataski  dalam peperangan dan wanita itu meminta Cage menemuinya.

Vrataski mengaku pernah mengalami kejadian serupa sehingga ia menang dan menjadi ikon perang.

Vrataski  menjelaskan pengulangan terjadi karena Cage telah membunuh Alfa. Alfa merupakan mimic yang langka dan merupakan tangan kanan Omega.

Karena Alfa terbunuh, Omega menghidupkannya kembali dengan mereset waktu. Berhubung Cage telah membunuh Alfa dan terkena darahnya, maka Cage ikut hidup kembali ketika Omega mereset waktu.

Omega mereset waktu kembali ke 24 jam sebelum kematian Alfa. Kemudian menggunakan waktu tersebut untuk mempelajari taktik manusia.

Vrataski  juga pernah mengalaminya, membunuh Alfa dan mengalami pengulangan. Pengulangan tersebut dapat berakhir ketika darah Alfa yang masuk ke tubuh Cage habis karena mengalami luka atau jika Cage mendapat transfusi darah.

Vrataski  melatih Cage supaya dapat mengalahkan Alien. Cage harus berkali-kali terbunuh supaya dapat mengulang waktu hingga Cage sempat merasa putus asa.

Kemudian Vrataski  mengenalkan Cage pada Dr. Carter yang menyelidiki soal alien juga bagaimana cara mengalahkan mereka. Menurut Dr. Carter, supaya dapat memenangkan peperangan mereka harus dapat membunuh Omega karena Omega adalah otak dari semua Mimic yang ada.

Oleh karenanya Dr. Carter membuat alat yang dapat mengetahui keberadaan Omega namun alat itu disita oleh Jenderal Brigham yang tidak mempercayai pemikiran Dr. Carter.

Uniknya Cage mendapat penglihatan keberadaan Omega di area DAM di Jerman. Setelah melalui banyak tantangan dan halangan, Cage salah.

Itu adalah suatu jebakan karena tidak ada Omega di sana, yang ada hanyalah Alfa dan Mimic lainnya.

Para Alien tidak membunuh Cage, mereka hanya ingin melukainya hingga darah Alfa yang ada di tubuh Cage habis, sehingga Cage tidak akan ikut ter-reset ketika Alfa terbunuh. Maka dari itu Cage membunuh dirinya dan berhasil mengulang waktu kembali.

Cage dan Vrataski  akhirnya memutuskan untuk menceritakan rahasia mereka kepada Jenderal Brigham untuk mendapatkan kembali alat milik Dr. Carter.

Alat Dr. Carter menunjukkan lokasi Omega berada di Museum Louvre, Perancis. Sayang mereka berdua mengalami kecelakaan.


Saat Cage sadar, dia berada di rumah sakit dan mendapat transfusi darah. Ia mengetahui tidak lagi memiliki kemampuan mengulang waktu.

Jika ia mati maka ia akan benar-benar mati, tidak akan mengulang hari yang sama saat dipaksa menjadi prajurit. Ia tinggal memiliki satu kesempatan untuk membunuh Omega.

Oleh karenanya Cage mengajak teman-teman Pasukan J untuk berperang di Museum Louvre. Satu per satu Pasukan J gugur hingga tersisa Cage bersama Vrataski.

Vrataski  memutuskan untuk menjadi pengalih perhatian Mimic sementara Cage harus membunuh Omega dan membunuhnya.

Ketika Vrataski  gugur, Mimic memburu Cage. Dalam pertempuran ini Cage berhasil membunuh Omega dan para Mimic dengan cara meledakannya, ia juga tewas.

Darah Omega berhamburan dan mengenai tubuh Cage.

Cage kembali terbangun, namun kali ini berada di Helikopter, mengalami pengulangan yang berbeda. Saat kembali ke pangkalan Heathrow Cage bertemu Vrataski dan tersenyum.

Apakah mungkin hidup ini berulang dan di-reset saat kita tidak berhasil dalam tujuan kita?

Apakah dejavu adalah salah satu tandanya? Menurut an1mareaders gimana?


Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 6 Agustus 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage