SEMINAR NASIONAL: Penanganan Hoax dan Upaya Penyediaan Informasi Berkualitas


SEMINAR NASIONAL: 
Penanganan Hoax dan Upaya Penyediaan Informasi Berkualitas
Archana Universa


Kamis, 13 Juli 2017, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional: Penanganan Hoax dan Upaya Penyediaan Informasi Berkualitas, di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Ada empat pembicara yang mengisi yakni Ketua Lembaga Kajian Hukum Teknologi Fakultas Hukum UI Edmon Makarim, Pakar Semantik Web dan Natural Language Processing (NLP) Ismail Fahmi, Dr. Iqrak Sulhin S.Sos., M.Si dan Dr. Achjar Yusuf Lubis, S.S., M.Hum. Keempat pembicara dimoderatori oleh Devi Rahmawati.

Seminar nasional ini membahas fenomena informasi "hoax" yang belakangan marak beredar dan menimbulkan keresahan publik karena informasi yang tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Hoax merupakan manipulasi berita yang sengaja dilakukan dan bertujuan untuk memberikan pengakuan atau pemahaman yang salah. Hoax atau berita bohong dengan berlandaskan berita aslinya, informasi yang dipelintir sehingga jauh dari maksud aslinya.

Hoax kini menjadi persoalan serius yang memicu gesekan antar kalangan masyarakat.
Hoax di konstruksi secara sadar. Berita merupakan informasi yang melalui pengolahan dan bersifat subjektif. Maka dari itu realitas sudah terdistorsi.

Untuk memerangi hoax diperlukan jurnalis yang berintegritas juga akademisi.






Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 8 Agustus 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage