SALVADOR DALI: Surealisme


Pernah dengar lukisan berjudul “The Persistence Memory”, an1mareaders?

Yup! Penciptanya adalah seseorang yang nyentrik karena kumisnya yang unik, Salvador Felip Jacint Dalí Domènech atau lebih dikenal dengan nama Salvador Dali.

Pelukis yang bertalenta dan memiliki imjanasi besar ini berasal dari Spanyol. Lahir pada 11 Mei 1904, Dali  dikenal lewat karya-karyanya yang surealis.

Aliran surealisme memiliki keunikan yang membedakan dengan aliran lukisan lain, karena mengutamakan misteri dan keanehan suasana. Dali mengakui bahwa dia mencintai melakukan hal yang tidak biasa dilakukan orang kebanyakan.

Dali sudah menggelar pameran solo pertama pada usia 1925, yakni pada saat berusia 21 tahun.

Dia masuk sekolah menggambar di Colegio de Hermanos Maristas dan Instituto di Figueres, Spanyol tahun 1916. Enam tahun berikutnya, Dalí masuk Academia de San Fernando di Madrid, Spanyol.

Dali sempat membuat insiden, menyatakan para penguji tidak cukup berkualifikasi untuk menilai karyanya sehingga dikeluarkan dari sekolah.


The Persistence Memory, yang diselesaikannya pada 1931 memiliki judul asli  "La persistencia de la memoria" dengan ukuran 9,5 kali 13 inch (24,1 x 33cm). Selain itu karya lukisannya yang lain berjudul Honey is Sweeter than Blood (1927).

Dali juha melukis dengan tema sejarah, seperti lukisan  “The Discovery of America
by Christopher Columbus” yang dipamerkan di Museum Dali di St.Petersburg, Florida.

Selain melukis, Dali juga menekuni dunia sastra. Ia menerbitkan novel “Hidden Faces” pada tahun 1944. Juga menulis autobiografinya yang berjudul “The Secret Life of Salvador Dali”.

Un Chien Andalou (An Dog Andalusia) dan L'Age d'or (The Golden Age) merupakan contoh film yang dia garap.

Tahun 1980 Dali divonis menderita gangguan motorik yang menyebabkan dia tidak lagi dapat memegang kuas dan pensiun dari dunia melukis.

23 Januari 1989, diusia 84 tahun sang pelukis besar surealis meninggal akibat gagal jantung.


Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 6 Agustus 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage