REMBRANDT: The Night Watch


Jika an1mareaders pergi ke Belanda, maka jangan lupa untuk mampir ke Jodenbreestraat. Di area tersebut terdapat Museum het Rembrandthuis, alias Rembrandt House Museum. Di sana turis dapat bertamu ke rumah Rembrant.


Mayoritass perabotan di museum ini berumur sekitar 600 tahun lho! Udah lama banget kan?

Di halaman rumahnya, Rembrandt melukis karyanya yang paling terkenal yang berjudul 'The Night Watch'.
Rembrandt Harmenszoon van Rijn merupakan salah satu pelukis besar asal Belanda. Lahir 15 Juli 1606, sejak tahun 1631 Rembrant sudah banyak melukis potret tokoh-tokoh di Amsterdam.

Selama hidupnya, Rembrandt membuat  sekitar  600 lukisan, 300 sketsa, dan 2000 gambar yang kebanyakan merupakan self portrait dirinya sendiri.

Lukisan Rembrandt kebanyakan menggunakan teknik chiaroscuro, yakni teknik melukis di mana kontras yang cukup jelas antara bayangan dan pantulan cahaya dengan gradasi yang halus.

Rembrandt. Sumber: https://i.ytimg.com/vi/7WxXj4uvNNM/maxresdefault.jpg

 Uniknya, dalam menghasillkan lukisan, Rembrant menggunakan bahan-bahan alami yang dicampur dengan minyak hingga menciptakan tingkat kekentalan tertentu.

Di tahun 1630-am Rembrandt banyak melukis alam selain lukisan potret seperti pohon yang tersambar petir atau langit biru ditutupi awan kelam. Ia juga melukis dengan tema biblical and mitologis.

Meski hidup mewah, kebiasaan hidup Rembrandt yang boros membuatnya bangkut. Rembrandt memang dikenal gemar membeli banyak cetakan untuk lukisannya juga mengoleksi barang-barang antik seperti mengumpulkan hewan yang diawetkan.

Mungkin kalian binggung, mengapa Rembrandt membeli cetakan? Karena selain menjadi pelukis, Rembrandt juga seorang etcher yakni teknik melukis di plakat (etching) yang menjadi awal dari teknik cetak.

Sumber: http://www.drodd.com/images13/rembrandt-paintings12.jpg

Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 10 Desember 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage