R. Masri Sareb Putra: Dayak - Penulis Andal


R. Masri Sareb Putra dilahirkan di Jangkang, Kab. Sanggau, Kalimantan Barat di sebidang desa perbatasan dengan Sarawak, Malaysia. Usai menyelesaikan pendidikan menengah atas di Sekadau, ia menuntut ilmu ke Malang.

Masri mendalami ilmu filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana. Ia melanjutkan studi S-2 Jurusan Media Studies pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pelita Harapan.

Selain novelnya Flamboyan Kembali Berbunga (Nusa Indah, 1987) dan sejumlah cerpen dan puisi, pria yang gemar membaca dan bibliofili ini juga mendukung Sastra Indonesia.

Mengedit dan membantu penerbitan sejumlah Novel Indonesia monumental, seperti karya Titis Basino, Dari Lembah ke Coolibah dan turut membidani lahirnya Buku Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia.

Oleh kritikus sastra, Korrie Layun Rampan, Masri dicatat sebagai salah satu Pendukung Sastra Indonesia dalam Leksikon Susastra Indonesia (2000: 390). Sudah aktif menulis sejak 1984, karya tulisnya dipublikasikan di berbagai media, baik nasional maupun internasional sebanyak 4.012 artikel.

Ia baru menulis dan menerbitkan 70 buku. Bukunya Dayak Djongkang pada 2010 terpilih sebagai salah satu pemenang pada program Insentif Buku Ajar Perguruan Tinggi.

Insentif bergengsi yang diselenggarakan DP-2M Dikti, Depdikbud. Pada 2014, Masri (bersama M.S. Gumelar) menulis dan menerbitkan Ngayau, novel berdasar sejarah Suku Bangsa Dayak.

Saat ini Masri adalah staf pengajar pada Program Studi Digital Communication, Surya University. Selain itu, ia dosen luar biasa Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, mengampu mata kuliah Creative Writing dan Dasar-Dasar Reportase. Oleh Wikipedia, ia dibaiat sebagai tokoh Dayak kategori: penulis.


Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 4 Juni 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage