MOVIE: PK (PeeKay) - Alien yang Mempertanyakan Dogma Agama dan Takhayul

http://extmovie.maxmovie.com/xe/files/attach/images/174/392/036/009/7d56a03d78b3b2175a93ce6a25ebced4.jpg 

PK (PeeKay):
Alien yang Mempertanyakan 
Dogma Agama dan Takhayul 
Wulan Ardhana


Bagaimana jika ada alien yang meneliti di Bumi? Alien humanoid (Aamir Khan) mendarat di Bumi pada misi penelitian. Alien ini memiliki bentuk tubuh yang sama persis dengan manusia yang ada di bumi. Bedanya si alien tidak menggunakan pakaian, juga tidak menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Baru saja mendarat, si alien langsung mendapat masalah karena remote control-nya dicuri.

Alat ini dapat memberikan sinyal tentang lokasi keberadaan si alien kepada pesawat transportasi yang akan menjemputnya. Maka dari itu si alien memulai petualangan untuk mendapatkan remote control-nya kembali. Banyak hal yang dipelajari si alien dalam pencariannya seperti cara manusia berbusana juga kegunaan uang yang digunakan untuk penukar barang.

Hingga suatu ketika si alien tidak sengaja ditabrak oleh pengangkut rombongan pemusik India yang dipimpin Bhairon Singh (Sanjay Dutt). Sempat ingin meninggalkan si alien, Singh akhirnya berubah pikiran. Ia membawa si alien yang tidak bisa berkata-kata dengannya. Si alien harus memegang tangan manusia agar dapat berbahasa manusia. maka si alien mulai menyentuh tangan orang-orang. Singh mengira si alien ingin melampiaskan nafsunya sehingga membawanya ke lokalisasi.

http://wallpapers1080p.com/wallpaper/walls/2/aamir-khan-anushka-sharma-pk.jpg

Si Alien akhirnya mendapatkan wanita yang dapat disentuh tangannya semalam suntuk dan ia mentransfer kemampuan bahasa wanita tersebut sehingga keesokan paginya si alien dapat berbahasa India secara fasih. Setelah dapat berbahasa, si alien menjelaskan pada Singh bahwa remote control-nya telah dicuri. Menurut Singh, alatnya tersebut kemungkinan sudah berada di New Delhi.

Di New Delhi, si alien menanyakan pada orang-orang apakah mereka tahu di mana remote control miliknya. Orang-orang menjawab "hanya tuhan yang tahu". Maka dari itu si alien mulai mencari tuhan. Suatu hari si alien yang sudah dijuluki PK atau Peekay yang artinya pemabuk, bertemu dengan Jaggu (Anushka Sharma) yang berprofesi sebagai wartawan. Jaggu mengalami patah hati karena pernikahannya dengan Sarfaraz (Sushant Singh Rajput) gagal karena ia menerima surat yang menyatakan pernikahan mereka tidak bisa dilangsungkan dan meminta untuk tidak saling berkomunikasi lagi.

Hubungan Jaggu memang tidak disetujui ayah Jaggu, Jayprakash Sahni (Parikesit Sahni) karena keluarga Jaggu beragama Hindu sementara Sarfaraz adalah seorang muslim. Menemukan PK yang berusaha mencari tuhan, Jaggu terinspirasi untuk mengangkatnya sebagai salah satu bahan berita. Namun ketika PK memberitahu rahasianya bahwa ia adalah alien, Jaggu tidak percaya kepadanya.

PK menceritakan bahwa di Bumi terdapat banyak tuhan. Ada tuhan yang menyukai air kelapa, ada yang menggunakan anggur di ritualnya, dan juga ada orang-orang yang mengonsumsi anggur. Tidak hanya itu, setiap tuhan memiliki manager di Bumi. Si manager ini akan memberitahu bagaimana cara menyembah tuhan, juga menyampaikan yang benar dan salah menurut tuhan. Ketika Jaggu hendak pergi, PK menyinggung soal Nikku, kisah anjing yang hendak bunuh diri pada acaranya padahal Jaggu tidak pernah menceritakannya.

http://extmovie.maxmovie.com/xe/files/attach/images/174/392/036/009/7d56a03d78b3b2175a93ce6a25ebced4.jpg 

Kemudian ketika ada kakek yang meminta uang pada PK dengan mengaku untuk biaya rumah sakit Jaggu menuduh bahwa PK telah ditipu. Tapi PK bilang tidak ada kebohongan di dunianya karena ia dapat membaca pikiran orang dengan sentuhan. Kekek itu berbohong karena hari itu istrinya berulang tahun dan mereka makan di hotel bintang lima. Istrinya memesan ice cream tapi harganya telah naik, maka dari itu si kakek meminta uang.

Jaggu mengikutinya dan mendapati apa yang dikatakan PK benar dan mencari PK di alamat yang tertera dalam brosur dan berjanji akan menolong untuk mendapatkan kembali remote control PK yang hilang. Pk kemudian menyampaikan bahwa sebenarnya para manager itu sebenarnya salah sambung, sehingga apa yang mereka katakan sebenarnya demi mendapatkan harta dan kekuasaan. Salah satu manager yang salah sambung itu adalah Tapasvi Maharaj. Tidak tanggung-tanggung Tapasvi mengaku menerima wahyu dari Dewa Siwa. Secara kebetulan Tapasvi juga memiliki remote control milik PK.

Tapasvi mengatakan remote control PK adalah milik tuhan dan tuhan mengatakan pada Tapasvi untuk membangun kuil. Kemudian PK menjawab bahwa ada dua tuhan. Pertama adalah pencipta alam semesta yang tidak perlu dilindungi atau dibela. Sementara yang kedua adalah tuhan ciptaan manusia yang butuh disanjung-sanjung dan dilindungi oleh umatnya. Manusia dibanding alam semesta sangatlah kecil. Jika Tuhan dapat menciptakan alam semesta, lantas mengapa tuhan perlu dibela manusia yang kecil?

PK kemudian mengungkit Sarfaraz. Tapasvi meramalkan Sarfaraz akan meninggalkan Jaggu, padahal itu semua hanyalah bohong. PK menjelaskan bahwa Sarfaraz tidak membohongi Jaggu. Surat yang diterima Jaggu pada hari pernikahannya sebenarnya untuk orang lain sementara Jaggu sudah memutuskan untuk tidak menghubungi Sarfaraz lagi. Jaggu mencoba menghubungi Sarfaraz dan membuktikan bahwa perkataan PK benar. Tapasvi kalah, PK mendapatkan remote control-nya kembali pulang ke planetnya.


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 8 Agustus 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free