PAWAI BUDAYA DAN PEMBANGUNAN: HUT KOTA BIMA YANG KE-15


PAWAI BUDAYA DAN PEMBANGUNAN:
HUT KOTA BIMA YANG KE-15 
Indah Gracilaria


Liputan Indah Gracilaria. Budaya di NTB merupakan modal dasar yang sangat penting sebagai salah satu sumber daya utama pembangunan daerah.

Selain itu, budaya daerah yang sangat beragam ini mencerminkan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta keahlian yang bersifat spesifik dan unik.

Bima adalah satu kota otonom yang terletak di pulau Sumbawa bagian Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Dari tahun  ke tahun dalam rangka ulang tahun Kota Bima pada tanggal 10 April 2017 dirgahayu yang ke-15, banyak acara yang diselenggarakan untuk menyambut Hut Kota Bima

Seperti pawai budaya, lomba bercerita rakyat dan festival lawata dengan beberapa rangkaian lomba menghias perahu, lomba mendayung dan berbagai lomba lainya.

Pada tanggal 8 April 2017 adalah hari di mana acara pawai budaya dilaksanakan dengan dua arah yaitu peserta yang dari bagian Barat start dari Lapangan Serasuba Bima.

Jumlah peserta pawai budaya 199, dan peserta yang dari bagian Timur start dari Lapangan Pahlawan Raba dengan jumlah peserta pawai budaya 106.

Dalam acara pawai budaya ini peserta yang ikut adalah dari instansi-instasi Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima.

Sekolah-sekolah baik dari TK-SD-SMP-SMA dan perguruan tinggi yang ada di Kota Bima, perusahaan-perusahaan swasta dan negeri.

Etnis-etnis dari Jawa Timur, Jawa Barat, Madura, Makasar, Sunda, Minang, Arab, Tionghoa, Sasak, Samawa, Batak, Nusa Tenggara Timur, dan Bali yang ikut memeriahkan pawai budaya dalam Hut Kota Bima yang ke-15.

Bukan sekedar pawai biasa, semua etnis-etnis yang ikut dalam acara  ini menampilkan tarian-tarian perang khas daerah, promosi kain tenun khas bima yang bermacam-macam motif, warna-warni baju adat dari Bima yang digunakan oleh peserta pawai budaya.

Mereka memberikan cindera mata sebagai ucapan terimakasih kepada bapak walikota bima bapak M.Qurais. H. Abidin secara langsung di atas mimbar.







Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 5 Mei 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free