PELUKIS: NYOMAN GUNARSA - Seni dari Eksplorasi Bali

Nyoman Gunarsa. Sumber: https://i.ytimg.com/vi/l_ish6Y7LqQ/maxresdefault.jpg

NYOMAN GUNARSA:
Seni dari Eksplorasi Bali
Fatimah Kusuma


Nyoman Gunarsa adalah seniman dari Bali kelahiran 15 April 1944 di Banda Klungkung.Karya Lukisannya didasari oleh cerita rakyat di Bali dan legenda Hindu Dharma.

Karya-karyanya berasal dari eksplorasinya tentang kesenian di Bali, seperti tarian tradisional, musik tradisional, upacara keagaman, dan keanekaragaman lingkungan dan masih banyak lagi. Bukti bahwa budaya di Bali sangat inspiratif bagi para senimannya.

Museum Nyoman Gunarsa berada di Dusun Banda, Kecamatan Bajarangkan, dan termasuk Kabupaten Klungkung. Di tempat ini tersimpan banyak aneka benda seni di Bali yang berupa penggabungan antara seni klasik dan modern.

Museum ini dibangun tahun 1990 dan baru diresmikan tahun 1994 oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan, Wardiman Djoyonegoro.

Bangunan ini memiliki tiga lantai. Dua lantai digunakan menyimpan berbagai koleksi kesenian lukisan, patung, maupun barang antik khas dari Bali. Sisanya untuk pameran lukisan, baik oleh seniman lokal atau mancanegara.

Selain mendirikan museum, Nyoman Gunarsa juga mendirikan “Sanggar Dewata Indonesia” pada 1970 dan pada tahun 1989 mendirikan Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia Nyoman Gunarsa di Yogyakarta.







Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 5 Mei 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free