PENEMU: NIKOLA TESLA - Si Ilmuwan “Gila”

Nikola Tesla. Sumber: https://lh6.ggpht.com/_vxF0kmn9hnjqgrnTdv5b6uOw7bgCAVeVJsUWI_9ZDfk6Zm5ZJ7FmOOlyWAglgwiDg=h1264

NIKOLA TESLA:
Si Ilmuwan “Gila”
Kevin Putranto


“Jika Anda ingin menemukan rahasia alam semesta, berpikirlah tentang energi, frekuensi dan getaran.”

Nikola Tesla lahir di desa Smiljan, Provinsi Lika, Croatia pada 10 Juli 1856. Ia adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Serbia-Amerika. Meski meraih nilai tertinggi, bahkan menerima surat pujian dari dekan fakultas teknis, Tesla tidak pernah lulus dari universitas dan tidak menerima nilai untuk semester terakhir.

1875 Tesla belajar di politeknik Austria di Graz. Juga pernah terdaftar di Ferdinand Universitas Charles di Praha, tapi sekali lagi meninggalkan kuliah sebelum menyelesaikan gelarnya. Pada tahun 1884 untuk ia bekerja dengan Thomas A. Edison di New York City.

Ia dijanjikan sejumlah reward dari Edison jika dapat meningkatkan generator motor secara signifikan. Namun, setelah menyelesaikan tugasnya, Tesla tidak menerima reward-nya sehingga dirinya membangun perusahaan sendiri pada tahun 1886. Berbeda dengan Marconi, Tesla sudah memikirkan transmisi energy dalam jumlah besar, tidak hanya jumlah kecil berupa sinyal radio, tapi juga energi besar listrik untuk keperluan rumah tangga dan industri.

Beberapa penemuan Tesla diantaranya :

1. Sistem tenaga listrik arus bolak balik (AC = Alternating Current) 
Ketika Thomas A. Edison yang memilih untuk memfokuskan diri pada listrik DC (Direct Current), Tesla mengembangkan tenaga arus bolak-balik.

2. Lampu Photorontgent atau lampu yang dipakai untuk X-Ray
Tesla mengambil fotonya sendiri dengan lampu itu untuk percobaan.

3. Remote Control 
1898, di Madison Square garden, Tesla mendemonstrasikan Penemuanya. Satu unit perahu yang mengapung di atas suatu aquarium besar yang dia bilang digerakan oleh pikirannya.

Padahal, itu tak lain digerakkan dengan memakai sinyal radio melalui satu remote control dari kayu.

4. Tesla Cosmos
Tesla menjadi orang pertama yang menerima sinyal radio dari Kosmos.

5. Transfer Energi Nirkabel Jarak Jauh atau Wireless electricity
Tesla berbicara tentang kemungkinan mengirim gambar dari jarak jauh, berkomunikasi secara global, mendengarkan musik seperti smartphone sekarang, bahkan listrik secara wireless, dan sebagainya.

6. Radar
Tesla memberikan proposal ide untuk mengirim gelombang elektromagnet yang berfungsi untuk mendeteksi kapal laut dan menampilkanya di layar Flourocent.

7. Super Electrotherapy
Georges Lakhovsky mengajak Nikola Tesla untuk membantu dirinya dalam membuat Multiple Wave Oscillator. menghilangkan bakteri penyebab penyakit, dan bahkan menyembuhkan kanker. Namun, banyak yang menganggap hal ini sebagai perdukunan medis.

8. Death Ray
Death Ray merupakan senjata penembak partikel. Senjata ini secara teoretis bisa membangkitkan sinar energi yang intens, dapat ditargetkan menuju sasaran tertentu, dan dikirimkan melalui jarak yang sangat jauh.

Penemuan ini akan membuat perang menjadi tidak mungkin. Sinar kematian itu akan mengelilingi perbatasan setiap negara. Tesla yang memiliki memori eidetik sering disebut sebagai ingatan fotografis meninggal di New York City, 7 Januari 1943.

Untuk mengenangnya didirikan Nikola Tesla Museum serta Belgrade Nikola Tesla Airport di Belgrade, Serbia. Juga monumen Nikola Tesla di wisata Niagara Fall, Goat Island, Niagara Falls, New York.



Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 6 Juni 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage