MAS BE: Salam Nganimasi


Salam nganimasi
Begitu ciri khas Bambang Gunawan yang lebih dikenal dengan nama Mas Be.

Sewaktu kecil Mas Be diceritakan oleh  ortu-nya saat Mas Be masih SD, Mas Be ini suka memerhatikan TV, kemudian Mas Be dapat menggambarkannya lagi di buku gambar. Tentu saja bentuknya belum atau jauh dari sempurna he he he. Mas Be tertawa lepas, saat kelas lima SD, Mas Be diminta membuatkan tugas gambar untuk saudara-saudaranya yang lebih gedhe pada waktu itu saudara-saudaranya sudah pada SMU.

Hal itu yang mengarahkan Mas Be menyukai gambar dan menggambar. Kalo memulai animasi justru saat Mas Be sudah lulus kuliah dari Interior Design, ISI Yogyakarta lulus tahun 1990, sudah bekerja 8 tahun di bidang interior design pada PT. Atelier 6 Interior (3 tahun) dan Grahacipta Hadiprana (5 tahun).

Dan yang terakhir ini Mas Be khusus membuat gambar perspektif (interior architect artist impression) hingga di tahun 1998 inilah Mas Be mulai merambah bidang baru yakni animasi 2D. Tapi kemudian Mas Be mengajar 2D animasi di IDS-International Design School dan juga di Hellomotion-nya Mas Wadit, artinya 2D animasi Mas Be pelajari secara otodidak ketika bekerja pada PT. Asiana Wang Animation di Bekasi.

Motto-nya "never ever give up" mudah dikatakan tetapi amat sangat sulit dijalankan; apalagi Mas Be sempat mengganggur beberapa kali selama dua sampai dengan empat bulan. Maklumlah  perusahaan animasi di Indoesia rata-rata tidak bertahan lama, hal ini terjadi bila project-nya selesai maka selesailah pula perusahaannya.

He he he....

Mas Be yang ramah ini ternyata suka tertawa dan ramah. Motto berikutnya didapat dari Ibu Peni - pimpinan CAM Solutions) "make the impossible possible" karena animasi adalah melakukan dan megerjakan apa yang orang bilang 'gak mungkin; menjadi mungkin/nyata'.

Bagi an1mareaders yang mau masuk dalam industri animasi; musti dan kudu punya passion atau semangat dan cita-cita yang amat sangat kuat. Kalo masuknya ke dalam bidang animasi karena orang lain - percuma atau gak bakalan jadi animator. Begitu pesan Mas Be. Mas Be juga menambahkan, bila teman-teman di bidang lain - belajar dan kerjanya ringan; animasi belajarnya susah banget, kerjanya lebih banyak lembur, gajinya gak gede-gede amat, revisinya buanyak banget! hehehe...

Tapi kalo bekerja sebagai hobby; apapun gak akan jadi masalah. Mau lembur kek, gak pulang kek, hari minggu malah kerja, sementara yang lain jalan-jalan dan gaul – para animator masih di studio mengerjakan animasi!. Kata Mas Be, justru hasilnya nanti yang amat sangat membanggakan dan tidak ternilai dengan uang seberapa pun banyaknya.

Kalo kerjaan kita dilakukan dengan sepenuh hati, tulus, dan menyenangkan; hasilnya pun akan mencerminkan kualitas yang bagus pula. Intinya bidang animasi ini sama sekali gak bisa 'instant' semuanya kudu diawali dengan ratusan hingga ribuan kali sketsa-sketsa, mencoba dan berlatih setiap hari. 'Keep practicing - because practice makes perfect' bukan masalah bakat saja, tapi ketekunan dan siap merevisi pekerjaan bila dikritik. Itu gak gampang loh... Mas Be seneng banget 'sharing' khususnya seputar animasi 2D dan desain karakter.

Ada 3 buku yang sudah Mas Be tulis, rata-rata untuk siswa SMK; bukan untuk cari duit tapi memang untuk sharing ilmu yang kebetulan Mas Be dapat lebih dahulu. Mengingat susahnya mencari buku dan tutorial khususnya animasi 2D dan mendesain karakter, sehingga melalui buku dan berbagai social media Mas Be dapat langsung menyapa dan diskusi dengan rekan-rekan lain setiap saat melalui dunia maya.

Nah, kalau melihat dan mendengar bahwa anak didik-nya sekarang sudah jadi 'orang' khususnya seputar industri kreatif; Mas Be merasa sangat bangga dan haru sekaligus bersyukur akhirnya si A menjadi orang sukses!


Salam NGANIMASI

Mas Be dapat dihubungi di:
087717278556
si.bambi@gmail.com
FB: Bambi Bambang Gunawan
FB Group: ANIMART, Nganimasi Bersama Mas Be, Karakter Unyu Nganimasi & 'MAS Be' fanpage
IG @bambigunawan
Path Bambi Bambang Gunawan
www.pinterest.com/sibambi
Webtoon "Ngunyu bersama Mas Be"
Youtube "Nganimasi bersama Mas Be”




Artikel lain yang mirip

MAGANG di Animasi, komik, novel, movie click link berikut

Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 6 Agustus 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


Komentar

Posting Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage