MOVIE: MALEFICENT - Pahlawan yang dikonstruksi sebagai Penjahat


MALEFICENT:
Pahlawan yang dikonstruksi sebagai Penjahat
Wulan Ardhana


Sutradara : Robert Stromberg
Naskah : Linda Woolverton, Paul Dini
Adaptasi : Sleeping Beauty (Disney) dan   La Belle au bois dormant (Charles Perrault)
Genre : Action Drama Fantasy Romance
Studio : Walt Disney Pictures, Roth Films
Durasi : 97 menit

An1mareaders tentunya gak asing sama cerita sleeping beauty, kisah putri yang dikutuk penyihir. Bahwa dia akan tertidur ketika terkena jarum pemintal, di mana kutukan tersebut hanya dapat dipatahkan oleh ciuman cinta sejati.

Namun kita tidak pernah benar-benar mengenal si peri yang dilabeli jahat ini. Mengapa si peri memberikan kutukan tersebut dan apakah peri tersebut benar-benar jahat?

Diceritakan suatu tempat bernama Moors di mana Maleficent tinggal. Di sini Maleficent kecil (Ella Purrnell) bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Stefan (Michael Higgins) ketika Stefan hendak mencuri di Moors.

Pertemuan mereka berlanjut pada pertemanan, sering bertemu membuat persahabatan mereka menjadi cinta. Mereka bahkan berciuman dan Maleficent meyakini bahwa ciuman Stefan adalah "True Love Kiss"-nya.
Namun lama kelamaan Stefan mulai jarang menemui Maleficent. Ia berambisi untuk menjadi raja.
Suatu ketika Raja dari dunia manusia berniat menguasai Moors, namun karena kekuatan Maleficent, Raja kalah.


Karena kekalahan dan kemarahannya, Raja menyatakan memberikan tahtanya kepada siapa pun yang berhasil membunuh Maleficent.

Stefan yang tidak tega membunuh Maleficent, hanya memotong sayap Maleficent dan membawanya ke istana. Dengan bukti sayap Maleficent, Stefan diangkat menjadi Raja dan menikah.

Bayi perempuan Stefan yang bernama Aurora (Vivienne Jolie-Pitt) lahir. Ketika acara pembaptisan putrinya, Stefan mengundang peri-peri dan rakyatnya datang untuk memberikan hadiah pada Aurora.

Maleficent yang masih marah pada Stefan juga tidak diundang ke acara, datang dan memberikan kutukan kepada Aurora.

Aurora dikutuk akan tertusuk jarum pemintal dan akan tertidur selamanya seperti orang mati pada saat matahari terbenam di ultahnya yang ke-16.

Maleficent menyebutkan tidak ada kekuatan apa pun di bumi yang dapat mematahkan kutukan itu kecuali ciuman cinta sejati. Maleficent sangat yakin bahwa ciuman cinta sejati tidak akan pernah ada.

Stefan yang takut anaknya akan terkena kutukan, memerintahkan seluruh negeri untuk mengumpulkan semua jarum pemintal dan membakarnya di sepetak ruang bawah tanah istana.

Sementara itu Aurora tinggal di suatu gubuk di hutan terpencil dengan dijaga oleh tiga peri.

Meskipun Maleficent membenci Aurora (Elle Fanning), namun ia merawatnya dari jauh ketika para peri lalai atau gagal dalam melakukan tugasnya.

Aurora remaja kemudian bertemu dengan Maleficent dan percaya bahwa Maleficent adalah ibu peri yang menjaganya selama ini.

Mereka banyak menghabiskan waktu bersama dan Maleficent mulai menyayangi sang putri. Ia berusaha menghapus kutukan tidur, tapi sia-sia.

Aurora yang mengetahui telah diberi kutukan oleh Maleficent, memutuskan kembali ke istana.


Namun di saat matahari terbenam di ulang tahunnya yang ke-16, Aurora mengunjungi ruang bawah istana. Secara ajaib seunit alat pemintal muncul dan Aurora menyentuh jarumnya dan tertidur. Kutukan Maleficent menjadi nyata.

Mengetahui kutukannya bekerja, Maleficent mengantarkan Pangeran muda (Brenton Thwaites) kepada Aurora supaya gadis itu terbangun dari tidurnya.

Namun meski sang pangeran mencium Aurora, si putri tetap tidak bangun.

Maleficent yang sedih, mencium kening Aurora. Kutukan menghilang, Aurora terbangun. Ternyata itulah yang dimaksud ciuman kasih sayang sejati.

Aurora ingin ikut bersama Maleficent untuk tinggal di Moors. Tetapi di tengah jalan Raja Stefan menyerang Maleficent.

Aurora membantu Maleficent mendapatkan sayap yang telah diambil ayahnya. Membuat Stefan kalah.
Di atas menara istana, Stefan berusaha membunuh Maleficent, namun Stefan sendirilah yang jatuh dari menara istana sehingga ia meninggal.

Di akhir cerita, Aurora menjadi ratu yang berhasil menyatukan dua kerajaan, yakni kerajaan manusia dan peri. Kerajaan dapat bersatu bukan oleh pahlawan atau orang jahat, tapi oleh seseorang yang menjadi pahlawan sekaligus orang jahat—Maleficent.


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 3 Maret 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE BY AN1MAGE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

Menerbitkan buku di An1mage

CALL FOR CHARACTERS - ICF3 - exhibit your original characters globally for free