LUIGI GALVANI: Bioelectricity

http://www.daviddarling.info/images2/Galvani_frogs_legs_experiment.jpg

LUIGI GALVANI:
Bioelectricity
Kevin Putranto

Percobaan listrik melalui katak? Luigi Galvani pernah melakukannya an1mareaders! Luigi Galvani lahir pada 9 September 1737 di Bologna. Ia adalah dokter juga ahli fisiologi Italia. Tahun 1780 ketika tengah membedah katak mati, ia menemukan kaki katak bergerak karena konstraksi otot dari kaki katak ketika bersentuhan dengan Scalpel logam di dekat mesin elektrostatik.

Ia kemudian melanjutkan eksperimennya dengan melekatkan sebatang logam tembaga pada sumsum tulang belakang dan batang perak pada kaki katak.Ketika kedua logam tersebut bersentuhan, otot-otot katak nampak bergerak-gerak. Galvani menemukan jika kaki katak dan saraf katak dihubungkan oleh dua logam yang berbeda, sekalipun tidak ada mesin listrik, maka otot katak akan berkontraksi


 Luigi Galvani. Sumber: http://2.bp.blogspot.com/-KddozGrqd68/Ugy2PoDJTgI/AAAAAAAAB5U/DzEO6K0Eq3k/w1200-h630-p-k-nu/Luigi_Galvani,_oil-painting.jpg


Galvani menganggap fenomena ini sebagai bukti adanya listrik dalam tubuh hewan yang kemudian dinamakannya “listrik hewan” (animal electricity). Di mana listrik dianggap bersumber pada tubuh hewan itu sendiri. Meski beberapa tahun berikutnya pendapat Galvani dibuktikan salah oleh Volta karena sumber listrik bukan berasal dari saraf hewan, tetapi pada kontak antara kedua logam.

Eksperimen Galvani menjadi dasar dari prinsip pembuatan baterai. Peristiwa listrik timbul karena dua logam yang dihubungkan oleh larutan yang ada dalam kaki katak. Dalam observasi Galvani, listrik terjadi karena dua logam yang tidak sama dan dipisahkan oleh jaringan hewan yang lembab adalah suatu battery dan kaki katak sebagai detektornya.

Bila dua logam yang berbeda direndam dalam larutan, akan terjadi reaksi kimia yang menimbulkan arus listrik. Percobaan Galvani juga membuka peluang adanya bioelectricity di mana ternyata tubuh mahluk hidup memang menghasilkan listrik dalam skala tertentu. Dalam hal ini yang dapat ditarik kesimpulan adalah setiap percobaan walaupun dianggap tidak berhasil, tetapi sebenarnya malah memberikan pemikiran baru yang mengarah pada penemuan berikutnya. Galvani meninggal pada 4 Desember 1798 di Bologna.

http://www.elsevier.es/ 


Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 2 Nomor 2 Februari 2017
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage