Luh Putu Budiarti: Bring Your Tumbler, Be an Eco-Warrior


An1mareaders apakah kalian sudah melakukan gaya hidup yang ramah lingkungan?

Ingat gak? Pas kecil dulu kita suka bawa botol minuman ke sekolah? Mungkin dari beberapa An1mareaders juga masih membawa botol minuman, tapi kebanyakan sudah beralih ke air minum kemasan.

Udah jadi kebiasaan kalau kita bakal membuang botol plastik minuman yang sudah kosong. Misal dalam satu hari kita minum dua hingga tiga botol, bisa dibayangkan kan betapa banyaknya sampah botol plastik yang kita buang dalam sebulan? Atau setahun?

Yup! Sampah plastiknya pasti bakal menumpuk banyak! Dan tahukah An1mareaders kalau sampah semacam ini turut membuat Bumi kita panas karena gas efek rumah kaca?

Maka dari itu Luh Putu Budiarti bersama teman-temannya membentuk program Bring Your Tumbler yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik.

Tumbler merupakan wadah penyimpan air minum yang dapat kita bawa kemana pun dan kapan pun kita pergi. Dapat diisi air putih juga dengan minuman berasa. Dengan membawa tumbler kita mampu mengurangi penggunaan sampah botol plastik yang tiap hari jumlahnya semakin bertambah di bumi.


Sebagai koordinator dari Bring Your Tumbler, Be an Eco-Warrior, mahasiswi semester enam Fakultas Hukum, Universitas Udayana yang akrab dipanggil Luhtu ini mengaku selain melakukan kampanye ke sekolah, juga melakukan social media campaign dan crowd funding.

Untuk sekolah dasar yang di tuju adalah di area Kuta. Berbagai sampah plastik dari sungai akan terbawa hingga ke laut.

Alasan memilih siswa sekolah dasar sebagai target kampanye adalah karena siswa sekolah dasar dapat memberikan pengaruh terhadap teman sebayanya, mereka juga dapat memengaruhi orang tuanya.

Disamping edukasi tentang penggunaan tumbler di sekolah dasar, juga akan ada penyediaan water station atau dispenser yang berisi air sebagai aksi keberlanjutan membawa tumbler.

Water station akan didesain sedemikian unik agar dapat menarik perhatian siswa-siswa sekolah dasar yaitu water station vending machine yang akan ditempatkan di setiap satu sekolah dasar.

Penyampaian materi dilakukan dengan fun seperti melalui games, bercerita dan nonton film.

Sosialisasi di sekolah-sekolah dasar ini rencananya dilakukan dua bulan sekali juga monitoring. Ke depan ingin kegiatan yang lebih menarik, ingin membuka stand untuk crowd funding.

Tim Bring Your Tumbler, Be an Eco-Warrior merebut posisi tujuh besar dari lomba yang diadakan Little Circle Foundation (LCF). Lomba yang bertajuk Climate Change Heroes ini merupakan kompetisi tingkat Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT dan NTB.

Kesembilan belas anggota Bring Your Tumbler, Be an Eco-Warrior ingin memberi kontribusi nyata untuk bumi, di mana pemuda sebagai agent of change harus peduli akan perubahan iklim.


Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Volume 1 Nomor 3 Mei 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage