PENEMU: JAMES WATT - Bapak Satuan Daya Mesin dan Daya Listrik

http://static.guim.co.uk/sys-images/Observer/Pix/pictures/2014/7/2/1404320403880/James-Watt-012.jpg

JAMES WATT:
Bapak Satuan Daya Mesin 
dan Daya Listrik
Kevin Putranto


James Watt lahir di Greenock, Skotlandia, 19 Januari 1736. Sejak kecil ia gemar membongkar mainannya yang terbuat dari kayu dan merakitnya kembali menjadi bentuk yang lain. Watt bukanlah penemu mesin uap yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya. Namun ia Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien.

Watt terinspirasi untuk menciptakan mesin uap ketika mengamati uap air yang keluar dari ceret yang berisi air mendidih, uap memaksa tutupnya meningkat dan memikirkan apa yang dapat dilakukannya dengan uap. Rancangan mesin uap sederhana dengan nama Aeolipile sudah ditemukan oleh Hero dari Iskandariah (Heron of Alexandria) pada awal tahun Masehi  sekitar tahun 10 – 70. Pada tahun 1686 Thomas Savery mematenkan satu unit mesin uap yang digunakan untuk memompa air.

Aeolipile desain karya Heron of Alexandria. https://en.wikipedia.org/wiki/Hero_of_Alexandria#/media/File:Aeolipile_illustration.png

Pada tahun 1712, Thomas Newcomen mematenkan temuan serupa dengan versi yang lebih sempurna. Sayangnya, mesin ciptaan Newcomen masih bermutu rendah, kurang efisien dan hanya dapat digunakan untuk pompa air dari tambang batubara.

Newcomen steam engine. ttp://digitalcommons.olin.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1005&context=ahs_capstone_2011

Watt pernah bekerja bengkel John Morgan. Saat pulang ke Glasgow, ia ingin mendirikan bengkel. Namun serikat pekerja tidak bersedia mengakui keterampilan James karena tidak memiliki sertifikat, standarisasi profesi dengan sertifikasi membuat pemarginalan kepada seseorang, dan terbukti selalu menghalangi seorang genius di masa apa pun.

Akhirnya Watt bekerja di University of Glasgow sebagai pembuat instrumen di Universitas Glasgow. 1764, Watt tertarik dengan mesin uap setelah memerhatikan mesin uap buatan Newcome yang kurang efisien saat ia sedang membetulkannya. Ia menemukan bahwa desain mesin kontemporer membuang banyak energi dengan berulang kalinya pengulangan pendingin dan pemanasan silinder.

Mesin Newcomen sulit dioperasikan, daya kerjanya lambat, bahan bakarnya juga sangat boros. 1769, Watt menambah desain perangkat tambahan, kondensor terpisah, yang menghindari pemborosan energi dengan mencegah hilangnya panas pada silinder uap. 1781 Watt menggunakan seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin menjadi gerak berputar. 1782, ia menemukan mesin ganda. Pembaruan ini menghasilkan peningkatan efisiensi mesin uap dengan empat kali lipat atau lebih.

 Watt steam engine. http://madeupinbritain.uk/britimages/WattSteamEngine.jpg

Di samping sebagai sumber tenaga untuk pabrik, mesin uap juga memiliki manfaat besar di bidang-bidang lain. 1783, Marquis de Jouffroy di Abbans berhasil menggunakan mesin uap sebagai penggerak kapal. 1804, Richard Trevithick menciptakan lokomotif uap pertama berdasarkan teknik mesin uap James Watt. James Watt meninggal dunia pada usia 83 tahun di Birmingham, Inggris, 19 Agustus 1819.


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 7 Juli 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage