I-komik bareng Gradasi di STIKI


Minggu, 9 Oktober 2016, teman-teman Gradasi STIKI Indonesia membuat komik bareng-bareng lho An1mareaders!

Gak cuman menggambar, karya yang terkumpul nantinya akan diterbitkan oleh An1mage dan dapat diunduh di Amazon dan Playstore, gratis! Acara ini bertempat di Kampus STIKI Indonesia, Jalan Tukad Pakerisan, Denpasar. Mulai jam 10.00 hingga pukul 14.00.

Acara dibuka oleh Made Marthana Yusa selaku pembina dari Gradasi. Ketua Gradasi periode kali ini adalah Ayu Riyanta. Setelah pembukaan oleh Made Marthana Yusa  acara dilanjutkan dengan penjelasan dari Kudit mengenai komiknya Mantradeva yang sudah tembus di webtoon. Mantradeva adalah webcomic fantasy oriental yang bertemakan mitologi dari Bali.

Para peserta mendengarkan dan menyimak dengan seksama, satu kelas workshop membuat komik bareng i-komik dan Gradasi ini berjalan meriah dan menyenangkan. Peserta yang kebanyakan remaja ini sangat antusias mengikuti penjelasan para narasumber. Kemudian M.S. Gumelar dari An1mage menjelaskan soal i-komik. I-komik merupakan organisasi non-profit yang mewadahi komikus Indonesia dengan menerima gaya gambar dan jenis cerita apa pun.

Mahendra Sila juga menjelaskan tentang membuat komik dengan cara mudah, ditambahkan pula demonstrasi membuat komik secara langsung menggunakan cara digital oleh Made Martahana Yusa. Karya kompilasi dari hasil dalam workshop i-komik dengan Gradasi ini akan diterbitkan dalam buku yang memiliki international standard book number (ISBN) yang terdaftar secara resmi di Perancis dan atau Inggris (United Kingdom) dengan judul “I-komik Gradasi 1” di mana membuka kemungkinan akan adanya seri berikutnya di masa depan.

Kalau an1mareaders juga ingin komiknya diterbitkan di i-komik, kalian bisa langsung kirimkan naskahnya ke an1mage@an1mage.org

Karya berjumlah minimal sebanyak 24 halaman boleh hitam putih, boleh ragam warna (fullcolour), dengan ukuran tertentu  yaitu 21x29.7 cm, 16.83x26 cm atau 14.8 x21 cm, silakan pilih menggunakan ukuran yang mana, karya kamu sudah bisa diterbitkan! Jadi tunggu apa lagi?
Untuk bergabung di komunitas i-komik, silakan akses link berikut:

https://www.facebook.com/groups/an1magekomik/
http://ikomik.an1mage.net/

Mengapa memulai dari komik? Banyak industri kreatif berkembang menjadi animasi dan movie berawal dari cerita dan komik yang populer, sehingga saat menjadi animasi dan atau movie, menjadi lebih diterima karena para penonton sudah “mengenal” karakter tersebut melalui cerita dalam komik terlebih dahulu.




Artikel lain yang mirip

MAGANG di Animasi, komik, novel, movie click link berikut


Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 9 November 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa



Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage