HUT Kota Bima XIV: Festival Mbojo


HUT Kota Bima XIV: 
Festival Mbojo
Oleh: Indah Afrianti Fotografer: Phapa Lance


An1mareaders. Siapa yang tak mengenal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa?

Pulau Lombok terdiri dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur.

Sedangkan di Pulau Sumbawa terdiri dari Kabupaten Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Budaya dan bahasa dari Propinsi NTB sendiri sangat unik dan khas karena tak disangka satu propinsi dengan dua pulau budaya dan bahasanya berbeda dengan adat istiadat yang berbeda pula.

Pada Bulan April 2016 ini ada dua festival yang dilaksanakan oleh Budpar Propinsi NTB dan Budpar Kota Bima yaitu di Bima dan Dompu.

Festival Pesona Tambora itu di Dompu dan Festival Mbojo itu di Bima.

Festival Mbojo yang diadakan di lapangan Manggemaci Kota Bima pada tanggal 12 sampai 14 April 2016 ini diikuti oleh lima belas sanggar yang ada ada Se-pulau Sumbawa.

Di antaranya sanggar seni dari pulau Sumbawa, Sanggar Seni Tololoa Sila Kabupaten Bima, Sanggar Seni Ncuhi Mbawa Donggo Kabupaten Bima, Acoustic, Sanggar La Ndiha Wawo.

Berbagai acara dirangkai dalam HUT Kota Bima XIV: Festival Mbojo tersebut yaitu serasehan budaya, Pentas Seni Se-pulau Sumbawa, pameran, lomba perahu hias, workshop penulisan, dan napak tilas sejarah sanggar dan pentas kesenian sanggar.

Penampilan seni dari beberapa sanggar yang ada di Pulau Sumbawa semua hadir untuk mementaskan tarian daerahnya.

Ada satu finalis dalam acara Festival Mbojo yaitu seorang gadis penari asal dari Bali ikut meramaikan acara itu dengan menampilkan Tarian Khas Bali.

Dalam acara sarasehan budaya dan Pentas Seni Se-pulau Sumbawa ini Majelis Kebudayaan Mbojo (Makembo) sangat membantu untuk menyukseskan acara ini.

Makembo juga ikut berpatisipasi dalam rangka workshop penulisan untuk siswa SMA dan guru di sanggar.
Dua event itu dikelola oleh event organizer dan dibantu juga oleh komunitas lokal.

Penampilan sanggar seni dari Kabupaten Sumbawa dengan membawa tarian-tarian kreasi “memukau” dan sanggar ini membawa tiga jenis atraksi kesenian dari Pulau Sumbawa. (IA, PL)



Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Volume 1 Nomor 3 Mei 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa




Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage