HADI SUTOPO: Menggabungkan Menggambar dengan Programming


Pengalaman di masa kecil dan bekerja yang sangat berpengaruh besar di masa kini, tidak lepas dari dua orang yaitu ayah Hadi Sutopo dan P. A. Heuken SJ.

Ayah Hadi Sutopo mengatakan, “Kalau bekerja harus sampai tuntas”, sedangkan P. A.Heuken SJ berkata: “Orang bekerja itu harus fokus, konsisten, dan memiliki komitmen”.

Hadi Sutopo adalah salah satu Tokoh Indonesia yang memiliki banyak karya di bidang seni, desain dan programming.

Keterampilan dasar berupa menggambar dan programming memberikan bekal dan terobosan tersendiri baginya. Hadi Sutopo ingin menggabungkan kemampuan tersebut pada bidang multimedia.
Informasi multimedia dan game masih banyak dibutuhkan untuk masyarakat Indonesia terutama sejak usia dini.

Indonesia kaya akan beraneka kearifan lokal. Banyak game dengan karakteristik budaya yang dapat dikembangkan, misalnya permainan tradisional nusantara, dan masih banyak lagi.

Keinginan bagi Hadi Sutopo adalah suatu mimpi yang harus bisa dicapai. Pencapaian yang paling berkesan menurutnya adalah:

Poster film “Inem Pelayan Seksi” tahun 1979,
Buku “Animasi dengan Macomedia Flash dan ActionScript” tahun 2003
Mobile game “Math Game 1” tahun 2016.



Hadi Sutopo memberikan wejangan berupa sharing kepada generasi muda, “Jadilah pemuda yang tangguh dan jangan cepat menyerah. Semua yang dilakukan tidak selalu memberi keuntungan pada saat itu juga, tetapi di kemudian hari akan mendapatkan manfaatnya”.

Pencapaian Publikasi Buku:
1. Menulis dan Mengelola Jurnal Bereputasi ISBN. 978-602-72849-7-5, Yogyakarta  Graha Ilmu, 2016

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam  Pendidikan ISBN. 978-979-756-822-1, Yogyakarta  Graha Ilmu, 2012

3. Pengolahan Data Kualitatif dengan NVivo, written with Adrianus  Arief, ISBN. 978-602-8730-27-3, Jakarta: Prenada, 2010

4. Pemrograman Flash dengan PHP dan MySQL ISBN. 978-979-756-075-1, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007

5. Desain Brosur dan Majalah dengan Adobe    InDesign ISBN. 978-979-270-121-0, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007

6. Desain Buku dengan Adobe  InDesign ISBN. 978-979-270-121-0, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007

7. Pemrograman Berorientasi Objek dengan Java, written with Fajar  Masya, ISBN. 979-756-000-7, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005

8. Integrasi Flash dan ASP ISBN. 979-205-040-x, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003

9. Multimedia Interaktif dengan Flash ISBN. 979-328-951-9, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003

10. Pengantar Grafika Komputer ISBN. 979-970-881-8, Yogyakarta: Gava Media, 2002

11. Analisis dan Desain Berorientasi Objek ISBN. 979-939-818-5, Yogyakarta,: JJ Learning, 2002

12. Animasi Menggunakan Macromedia Flash dengan ActionScript
ISBN. 979-955-023-8, Jakarta: Salemba Infotek, 2002


Publikasi ke Jurnal

1. Hadi Sutopo. Mobile Multimedia Development: Flash Mobile Game with MySQL Database. International Journal “International Journal of Computer Theory and Engineering (IJCTE)”, http://www.ijcte.org. Singapore
ISSN: 0975-5578 (Online); 0975-5934 (Print), Vol.5, No.1, February, 2013

2. Hadi Sutopo. Multimedia-Based Learning Evaluation Development with Flash, PHP, and MySQL,  Journal “Jurnal Informatika”, Universitas Kristen Petra - Surabaya
ISSN. 1411-0105, Vol. 11, No. 1, May 2012

3. Hadi Sutopo. Bresenham’s Lines Algorithm Visualization Using Flash.
International Journal “International Journal of Computer Theory and Engineering (IJCTE)”, http://www.ijcte.org. Singapore
ISSN: 0975-5578 (Online); 0975-5934 (Print), Vol.3, No.3, June, 2011

4. Hadi Sutopo. Selection Sorting Algorithm Visualization Using Flash.
International Journal “The International Journal of Multimedia & Its Applications (IJMA)”, http://airccse.org/journal/ijma.htm. Chennai, India
ISSN: 1793-821X (Online); 1793-8201 (Print), Vol.3, No.1, February, 2011

5. Hadi Sutopo. Flash Game With MySQL Database Development.
International Journal “Journal of Theoretical and Applied Information
Technology (JATIT)”, http://www.jatit.org, Islamabad, Pakistan
E-ISSN 1817-3195 / ISSN 1992-8645, Vol. 20, No. 1, October 2010

6. Hadi Sutopo. Learning Model Development: Creating Snakes and Ladder   Game. Journal “Pedagogika”, Post Graduate Program Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. ISSN. 2087-1678, Vol. 1, No. 1, August 2010




Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 9 November 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage