GOMONKI: Lembaga Pendidikan Animasi


Pemerintah Indonesia telah mencanangkan industri kreatif sebagai industri strategis di era globalisasi sehingga memberi pengaruh dengan munculnya industri-industri kreatif sekaligus kebutuhan sumber daya manusianya. 

Animasi merupakan salah satu industri kreatif di mana beberapa tahun terakhir ini industri animasi mengalami perkembangan baik dari segi kualitas dan kuantitas. Munculnya para investor besar seperti MD Animation, MNC Animation, IFW Batam, Dreamtoon, dan sejenisnya yang menanamkan  modalnya di industri animasi bisa sebagai tanda bahwa industri animasi mempunyai masa depan bagus yang disebabkan oleh peluang pasar yang masih luas.

Sejalan dengan perkembangan tersebut MANIMONKI Studio yang merupakan studio animasi di Jakarta membentuk sebentuk unit usaha baru dengan kegiatan utamanya adalah menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan animasi. Pada tanggal 2 Januari 2016 akhirnya dibentuklah Lembaga Studi Animasi GOMONKI yang bertempat di sebidang rumah kecil di kawasan Jl. Benowo III/K20, Pajang, Makamhaji, Sukoharjo, Jawa Tengah. Tempat tersebut selain digunakan untuk pelatihan juga berfungsi sebagai studio produksi untuk proyek-proyek MANIMONKI Studio cabang Surakarta.


 Amin Wibawa – The Head School: GOMONKI 
(Praktisi Pendidikan  Animasi)

Lembaga ini digawangi oleh Yudhatama (Co-Founder MANIMONKI Studio), Amin Wibawa (Praktisi Pendidkan Animasi) dan Ferry Siswanto ( Pekerja Animasi Senior). Lembaga ini akan mempersiapkan sumber daya manusia kreatif yang terdidik, terlatih di bidang animasi dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan industri animasi ke depannya.


Yudhatama – Co. Founder Manimonki Studio

Kota Sukoharjo menjadi pilihan disebabkan kota tersebut memiliki kemudahan untuk diakses dan sangat berdekatan dengan kota Surakarta. Di mana kota Surakarta merupakan kota pelajar, budaya dan tentunya merupakan kota kreatif sehingga diharapkan bidang animasi di Surakarta dan sekitarnya bisa cepat berkembang. Saat ini Lembaga Studi Animasi GOMONKI telah menyiapkan program-program pelatihan di bidang animasi meliputi: Workshop Animation for Kids, Dasar Animasi Komputer 3D, Animation Master Class, Animasi Karakter 3D, 3D Modeling & Rigging, Visual Effect, Motion Picture Editing, Storyboarding.

Ferry Siswanto (Pekerja Animasi Senior)

Namun untuk kelas pelatihan yang telah berjalan adalah: Dasar Animasi Komputer 3D dengan durasi belajar selama 1 bulan dan Kelas Animasi Karakter 3D dengan lama belajar 4 bulan intensif. Program pelatihan unggulan di Gomonki  untuk sementara ini adalah animasi karakter 3D, hal tersebut dikarenakan kebutuhan animator karakter paling banyak dibutuhkan industri mengingat porsi paling besar dari suatu produksi serial animasi atau movie animasi layar lebar adalah animator karakter.

Program pendidikan dan pelatihan animasi di GOMONKI merupakan program siap kerja sehingga siswa yang belajar di GOMONKI bisa dari para lulusan SMK, SMA, D3, hingga Sarjana S1. Agar skill dan pengetahuan lulusan dari GOMONKI memiliki kompetensi dan sesuai dengan kebutuhan industri maka kurikulum dirancang berdasarkan pada pengalaman kerja tim akademik saat di industri.

Pelatihan menggunakan production based curriculum, di mana kegiatan pelatihan difokuskan pada tugas-tugas latihan yang disamakan dengan kondisi saat produksi animasi sebenarnya, sehingga siswa terbiasa dengan iklim kerja dan workflow dalam industri. Selain itu kurikulum juga mengacu pada standar kompetensi yang telah tertuang di SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) untuk bidang animasi.
Tugas yang diberikan siswa sangat variatif mulai dari animasi sederhana hingga animasi yang komplek.

Siswa yang telah selesai pelatihan akan memiliki kompilasi video portfolio karya tugas sebagai representasi pengetahuan dan skill dari siswa. Yang membuat beda  dari Lembaga Studi Animasi GOMONKI dengan lembaga pendidikan animasi lain di Surakarta adalah didukung oleh para mentor yang berlatar belakang praktisi, pekerja animasi berpengalaman dan kompeten di industri animasi serta memiliki passion mengajar yang kuat. Ada pengajar yang masih aktif terlibat produksi animasi di MANIMONKI Studio cabang Surakarta. Dengan demikian siswa di GOMONKI akan mendapatkan pengetahuan yang benar dan tepat mengenai animasi dari para pengajar yang sangat menguasai teori dan praktek animasi.

Selain pelatihan, GOMONKI juga melakukan beberapa kegiatan berupa seminar, trial class, dan gathering dengan beberapa institusi pendidikan dan komunitas animasi di Surakarta. Ini perlu dilakukan agar Masyarakat Surakarta dan sekitarnya bisa mengenal lebih jauh mengenai animasi dan peluang perkembangan ke depannya dan akhirnya tertarik untuk terjun di industri kreatif bidang animasi.

 


Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 7 September 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa




Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage