PENEMU: GEORG SIMON OHM - Sang Penemu Hukum Ohm


GEORG SIMON OHM:
Sang Penemu Hukum Ohm
Kevin Putranto


Masih mengenai elektrisitas, tentunya an1mareaders sudah gak asing dengan hukum Ohm yakni hukum mengenai hubungan antara aliran listrik, tegangan, dan tahanan konduktor di dalam sirkuit, tapi bagaimana dengan penciptanya? Georg Simon Ohm adalah fisikawan Jerman yang lahir pada 16 Maret 1789 di Erlangen, Bavaria. Sempat masuk ke Universitas Erlangen namun keluar di semester ketiga. Ohm kemudian mengajar di sekolah Gottstadt bei Nydaud, Swiss. Juga menjadi guru privat di Neuchâtel pada Maret 1809.

1811, dia kembali ke Universitas Erlangen untuk melanjutkan studinya. Setelah memperoleh gelar doktor di bidang matematika dari Erlangen, Ohm sempat mengajar di sana, namun kemudian menerima tawaran pemerintah Bavaria. Perjalanan karier Ohm masih panjang. Ia sempat mengajar matematika dan fisika di Gimnasium Jesuit, Cologne. Juga mendapatkan pekerjaan dan gelar profesor dari salah satu universitas di Nüremberg. 1849, Ohm mengajar di Universitas Munich, bahkan menjadi ketua bidang studi fisika di sana.

 http://p40electrical.weebly.com/scientists--engineers/georg-simon-ohm

Artikel ilmiah yang pertama kali dipublikasikan Ohm mengenai penurunan gaya elektromagnetik yang dihasilkan oleh suatu kawat yang diperpanjang ukurannya. Hukum Ohm dituliskan dalam buku berjudul Die galvanische Kette, mathematisch bearbeitet tahun 1827. Ohm juga menulis soal tentang konduksi model sirkuit yang didasarkan oleh studi Fourier tentang konduksi panas, juga mengajukan suatu teori untuk menerangkan tentang elektrisitas galvanik. Ohm meninggal pada 6 Juli 1854.


Artikel ini ada di majalah AN1MAGINE Volume 2 Nomor 9 September 2017 eMagazine Art and Science yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


“Menerbitkan buku, komik, novel, buku teks atau 
buku ajar, riset atau penelitian di jurnal? An1mage jawabnya”

AN1MAGINE: Enlightening Open Mind Generations
AN1MAGE: Inspiring Creation Mind Enlightening 
website an1mage.net www.an1mage.org

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage